Alasan Mengapa Pengusaha (Online Preneur) Harus Mempunyai dan Membangun Aset ?

Alasan Mengapa Pengusaha / Online Preneur Harus Mempunyai dan Membangun Aset ? ( Kelas Netpreneur # 1 )
Alasan Pengusaha Online Mempunyai dan Membangun Aset
1 Membangun dan Mengejar Mimpi Sendiri
Mempunyai mimpi tetapi tidak tahu caranya mewujudkan ? Malah bekerja untuk orang lain dan mewujudkan mimpi orang lain menjadi sukses, tetapi bukan kesuksesan diri sendiri. Tidak mau memulai karena takut hal tak pasti, kurang percaya diri dengan kemampuan diri sendiri membuat impian semakin jauh dari kenyataan. Mental yang tidak mau merubah diri sendiri lah yang membuat impian-impian sulit terwujud, oleh karena itu mulailah dahulu jangan dari hal besar tetapi dari hal kecil karena dari hal kecil yang terus di tingkatkan skalanya anda belajar (kesalahan/kegagalan/kekurangan). Kalau kreativitas anda tinggi maka anda bisa merintis hobi menjadi uang atau mengumpulkan barang mentah lain menjadi produk dengan nilai tambah. Jika anda merasa tidak memiliki kreativitas atau bakat, maka perbanyaklah lini produk anda pelan-pelan dari skala kecil, yang penting mau memulai karena anda selangkah lebih ke depan untuk membuka pintu rezeki untuk membangun dan mewujudkan mimpi sendiri.
2 Bos Bagi Diri Sendiri
Tentu tidak enak menjadi bawahan terus bagi orang lain, berada di bawah kendali orang lain tentunya anda harus siap di pecat (PHK) kapan saja, apalagi kalau usaha atasan bermasalah/bangkrut dampaknya bisa menjalar kemana saja termasuk masa depan anda. Jika bisa memulai usaha sendiri tanpa harus menjadi bawahan lakukan, tetapi kalau anda memulai dari menjadi bawahan orang lain maka investasikan gaji anda untuk usaha. Buat target dan persiapkan mental mengambil keputusan untuk memulai usaha sendiri. Bekerja buat diri sendiri ataupun orang lain sama capeknya, menjadi karyawan berarti anda harus siap bekerja di luar jam kantor (lembur) beda kalau anda menjadi bos ada lebih keleluasaan mengatur waktu dan tenaga.
3 Aktualisasi dan Peningkatan Kemampuan
Jika menjadi karyawan anda akan terjebak pada rutinitas, cenderung bosan karena sudah berada di zona nyaman. Motivasi menurun karena saat sudah ada di puncak karir sebagai karyawan, rutinitas pemecahan masalah akan terus seperti yang sudah-sudah (tantangan menurun). Membangun aset sendiri dan memulainya dari titik terendah bisa membuat anda semangat, tertantang dan mewujudkan aktualisasi diri melalui masalah dan pelajaran dari hal-hal baru tentunya juga berdampak pada munculnya interaksi sosial baru. Hal inilah yang membuat kemampuan meningkat karena ada perkembangan wawasan dan jaringan baru yang membuat bisnis terus maju dari waktu ke waktu. Peran anda juga akan bertambah tidak hanya sebagai penentu keputusan (leader) tetapi bisa saja terjun menjadi pengawas (supervisor), tenaga pemasaran (sales marketing), ahli teknis (engineer), manajer bahkan menjadi pelayan buat klien kolega anda. Pengalaman yang akan memperkaya mental anda menjadi bos sekaligus pengusaha serta memberi kesempatan aktualisasi yang bermanfaat bagi orang lain.
4 Fleksibilitas dan Lebih Banyak Waktu Buat Keluarga
Bekerja bagi orang lain atau dikantor anda akan dihadapkan pada aturan jam kerja yang mengikat bahkan terkadang masih ditambah jam lembur. Beda kalau bekerja bagi diri sendiri maka ada fleksibilitas yang bisa anda tetapkan kapan bekerja dan target apa yang harus dicapai. Bahkan jika usaha yang dirintis sudah stabil dan memiliki karyawan, anda akan sampai pada titik bisa mengatur waktu lebih banyak untuk keluarga. Melihat anak tumbuh dan memberikan perhatian kasih sayang untuk keluarga.
5 Membuka Peluang dan Pintu Rezeki Orang Lain
Membuka bisnis sendiri membuka peluang anda untuk dapat menyerap tenaga kerja di sekitar anda, membantu membuka kesempatan kerja dan pintu rezeki mereka. Berkontribusi dalam mengurangi pengangguran, menyerap keahlian masyarakat sekitar yang belum tersalurkan dan yang terpenting meningkatkan pertumbuhan wilayah sekitar. Sebuah tanggung jawab dan kesempatan berbuat mulia bagi orang lain yang membutuhkan peran anda.
6 Investasi Bisnis Sekarang dan Mewariskan Ke Generasi Selanjutnya
Bekerja Keras dan Cerdas Saat ini membangun dari bawah menghadapi resiko dan ketidakpastian tujuannya adalah mengumpulkan aset positif sehingga mencapai kesuksesan. Mempertahankan bisnis, menciptakan kekuatan brand dan sistem usaha yang kuat berkesinambungan yang kelak akan diwariskan untuk anak dan cucu, serta generasi masyarakat berikutnya.
7 Ini Era Digital
Zaman sudah berubah dengan tingkat kemajuan teknologi yang luar biasa, bahkan kecerdasan buat diciptakan untuk membuat efisien kinerja manusia, kita masuk di era digital yang semua dibuat menjadi mudah, transparan dan minim penghalang untuk maju. Internet, Social Media, Online Marketing, Marketplace, Artificial Intelligence, Software dan Energi Terbaharukan sudah terdigitalisasi. Tidak ada halangan untuk membuka usaha bahkan bisa dengan minim modal, setelah bisnis online besar maka tidak lupa membangun fondasi bisnis offline yang terdigitalisasi.
8 Kebebasan dan Kemakmuran Finansial
Tidak dipungkiri membangun aset tujuannya adalah mencari kebebasan dan kemakmuran finansial. Bekerja keras mencapai sukses dalam bisnis dengan kecerdasan finansial, disiplin, dan kesabaran. Mengumpulkan sejumlah aset finansial sehingga menghasilkan arus kas positif sehingga pendapatan mengalir secara pasif yang mampu membiayai konsumsi (pengeluaran rutin/kebutuhan primer dan sekunder). Kemudian mengejar kemakmuran finasial yang mampu membiayai kebutuhan tersier (seperti gaya hidup, kebutuhan rekreasi) serta memiliki simpanan (tabungan, surat berharga lainnya, investasi properti dll). Menjadi pengusaha online saat ini adalah salah satu jalan dan pilihan yang menarik untuk ditekuni. Sembari terus menggunakan tenaga, uang, waktu, dan gagasan-gagasan anda dan menyalurkan melalui bisnis/pekerjaan yang digeluti saat ini.

Apa
Itu
Aset
Dalam beberapa buku ekonomi dirangkum bahwa Aset (assets) atau Aktiva adalah sumberdaya yang dikuasai oleh suatu usaha (perusahaan) sebagai akibat dari aktivitas atau kegiatan ekonomi di masa lalu dan bertujuan memperoleh manfaat ekonomi di masa depan.
Manfaat ekonomi masa depan dari aset adalah berupa potensi / kemampuan aset itu sendiri dalam memberikan penghasilan, baik secara langsung maupun tidak langsung, berupa arus kas dan atau setara dengan kas kepada usaha. Mudahnya bahwa aset tersebut bersifat produktif dalam aktivitas usaha, jika tidak maka bukan termasuk aset usaha. Aset usaha diperoleh dari proses transaksi (aktivitas ekonomi) dan peristiwa yang lain. Menguasai berbagai ragam usaha, bisa dengan bisnis kuliner (kafe, bakery), event organizer, mini market, toko sepatu, jualan online, menyewakan kos, rental mobil dan lain-lain sehingga bisa mendapatkan banyak penghasilan dari berbagai sumber. Tetapi intinya ...
Darimana saja aset usaha berasal :
1. Melakukan Produksi (Membuat Produk)
2. Pembelian
3. Donasi Barang atau Jasa

Macam Aset Pengusaha Online
Aset Lancar Mengapa ini yang saya buat di nomor 1, karena wajib dimiliki pengusaha online, dimana aset ini paling cepat menjadi arus kas (uang tunai) dan hal ini penting dalam kelangsungan usaha (produksi, ongkos kirim, transportasi dll). Aset lancar cenderung bersifat mudah diputar dalam jangka pendek, sekali habis, tergantikan dengan aset lain.
1 Kas
Kas (cash) adalah uang tunai yang kita bawa setiap saat, juga termasuk simpanan brankas serta simpanan di bank, yang berbentuk giro atau simpanan lain yang dapat diambil setiap saat. Dalam hal ini kita butuh yang namanya Rekening dan Kartu ATM, Kartu Debit yang setiap saat dapat kita gunakan.
2 Deposito Bank/Surat Berharga Jangka Pendek
Menurut pengalaman saya ketika semua kebutuhan aset lancar kita mampu memenuhi kebutuhan proses produksi sampai kepentingan lain terkait bisnis online lainnya, maka akan ada kelebihan aset lancar yang dapat kita putar kembali untuk melirik atau mengembangkan usaha yang lain, tetapi ada kalanya kita tidak dapat memutar untuk usaha lain atau lebih kita kenal sebagai uang mengendap yang akan menjadi simpanan lancar atau tujuan investasi jangka pendek adalah untuk memanfaatkan kelebihan uang kas (idle money). Oleh karena itu ada pilihan untuk berinvestasi jangka pendek melalui deposito, surat berharga dan model lain sejenis. Tanamkan aset lancar anda pada model investasi jangka pendek ini (misal dengan tenor 1 atau 3 bulan) agar aset lancar kita tetap ada.
3 Persediaan Barang (Merchandise/Product Inventory)
Setiap penjual online yang survive dan sukses karena memiliki persediaan barang yang siap dijual. Tujuan lain setiap ada peminat yang menanyakan produk bisa langsung kita jawab tersedia dan potensi pembeli membayar barang jualan dipastikan lebih besar. Meski ada pengusaha yang masih dropship, tetapi akan sangat tergantung dari stok supplier dan jawaban supplier mengenai ketersediaan barang yang membutuhkan waktu juga. Oleh karena itu jika memiliki persediaan barang bisa dipastikan memiliki aset lancar.
4 Perlengkapan Usaha
Aset ini sangat penting dalam memperlancar aktivitas bisnis. Seperti terkait urusan pengarsipan dan packing, dan mungkin urusan bisnis lain yang bersifat sekali pakai dan habis. Perlengkapan di sini di antaranya kertas hvs, kertas packing, bubble wrap, spidol, pulpen, perekat (lem, lakban, double tip dll), isi straples, kantong plastik packing, kardus packing dll. Tujuan dari memiliki aset lancar ini adalah pengarsipan berjalan lancar, identitas penerima tercatat dengan baik baik di arsip dan packing, mengamankan barang pesanan konsumen, menambah kepuasan pembeli, serta masih banyak kreativitas memanfaatkan aset lancar perlengkapan usaha ini.
5 Piutang Usaha/Pendapatan Yang Masih Harus Diterima
Jika anda berusaha melalui marketplace, kadang anda harus mengirimkan barang dan menanggung ongkir terlebih dahulu dari akibat sistem rekening bersama (rekber), sehingga bisa dikatakan anda memberikan piutang usaha terlebih dahulu kepada buyer. Di masa datang jika transaksi berhasil maka anda akan mendapatkan hak atas aset tersebut menjadi pendapatan yang harus di terima. Perkembangan zaman dan tuntutan keamanan transaksi online menyebabkan anda harus bersedia menerima sistem ini dan menyediakan pos kas anda menjadi aset lancar. Tetapi sudah banyak marketplace yang memberikan keamanan dan kenyamanan bisnis online terutama kepada penjual.
6 Beban di Bayar di Muka (Prepaid Expenses)
Beban ini dikeluarkan dalam usaha tetapi belum menjadi kewajiban atau belum digunakan, sebagai contoh asuransi di muka (prepaid insurance). Salah satu marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia sudah mempunyai program free return yang bekerjasama dengan lembaga keuangan, meski masih beta launch penjual belum mengeluarkan biaya tetapi jika ke depan sudah ditetapkan, maka penjual harus membayar premi sesuai ketentuan tokopedia. Hal ini menjadi beban usaha tetapi dampaknya memberikan reputasi dan kenyamanan transaksi. Mungkin kedepannya akan ada fitur-fitur sejenis yang bisa menjadi aset lancar usaha dari beberapa marketplace lain.

Ada juga yang namanya sewa bayar di muka (prepaid rent), dimana beberapa marketplace seperti Blibli dan Mataharimall terdapat biaya pendaftaran (jaminan yang dapat di tarik jika tidak berjualan lagi di marketplace tersebut) menjadi merchant atau penjual. Oleh karena itu pendaftaran ini bisa dimasukkan dalam aset lancar.

Aset Tidak Lancar Pada dasarnya pengusaha online bisa memupuk aset tidak lancar saat mulai berencana terjun sampai nanti ingin pensiun dan mewariskan usahanya kepada generasi berikutnya atau yang lain. Perlu dipahami jika, aset tidak lancar ini memiliki siklus atau umur kemanfaatannya cukup lama, yang pasti lebih dari satu tahun. Pada dasarnya ada 3 macam aset tidak lancar yang akan di uraikan di bawah ini.
1 Aset Tetap
Dalam bisnis online dan secara khusus yang melakukan produksi sendiri penting punya aset tetap, dimana sekali pembelian dapat digunakan dalam jangka panjang sehingga mendukung proses produksi berkesinambungan. Aset tetap banyak terkait dengan barang fisik dan dimanfaatkan dalam kegiatan produksi secara terus menerus. Dalam bisnis online tujuan memiliki aset ini bukan untuk dijual kembali, aset ini dijual ketika sudah tidak memiliki nilai ekonomis/manfaat, perlu adanya pergantian ke teknologi baru, dalam kondisi rusak, dan sebagainya. Contoh aset tetap di antaranya :
  1. Tanah (contoh bagi usaha benih atau bibit online, butuh tanah untuk pembenihan dan persemaian)
  2. Bangunan (contoh untuk menyimpan aset lancar hasil produksi, pengusaha online butuh gudang untuk menampung stok)
  3. Mesin (contoh bagi usaha fashion atau aksesories fashion butuh mesin jahit, mesin sablon dll)
  4. Kendaraan (dalam mendukung proses pengiriman ke ekspedisi, mencari bahan baku dan proses usaha online kita butuh mobil, truck, pick up, motor dll)
  5. Peralatan (contoh wajib banyak dipunyai oleh pengusaha online antara lain komputer pc atau tablet, handhone smartphone, modem, reuter, printer, dll) dan sebagainya
2 Investasi Jangka Panjang
Seperti penjelasan di aktiva lancar tentang investasi jangka pendek adanya dana yang peluang tidak digulirkan besar (dana mengendap), maka ada pula peluang pengusaha online melakukan investasi jangka panjang. Tujuannya memperoleh tambahan pendapatan melalui penanaman pada usaha lain (mungkin tidak kita urus, dan kita hanya menitipkan dana kita dengan potesi perjanjian sharing pendapatan). Contoh investasi jangka panjang misal saham, obligasi, surat berharga jangka panjang lain. Atau melakukan pembiayaan terhadap usaha lain dengan share pendapatan juga bisa dilakukan. Intinya agar aset kita tetap di putar untuk memperoleh pendapatan tambahan.
3 Aset Tetap Tak Berwujud (Intangible Fixed Assets)
Perlu di pahami bagi pengusaha online bahwa aset tetap tidak berwujud (tidak memiliki fisik) ini tidak nampak tetapi di lain sisi memiliki nilai manfaat istimewa bagi usaha. Bisa di katakan jika aset ini jika berhasil di pasar akan menjadi nilai unggul (kompetitif dan komparatif) usaha dibandingan usaha lainnya. Aset ini mendorong pengusaha online menjadi pemimpin dan pengendali pasar. Contoh aset tak berwujud bagi pengusaha online antara lain :
3. 1. Website/Blog/Sosial Media/Akun Marketplace
Keempatnya bisa dikatakan senjata perang pebisnis online. Aset tak berwujud berupa produk dan jasa virtual yang digunakan untuk memasarkan produk dan jasa kita secara online. Semuanya harus dibangun dengan baik agar kita dapat dikategorikan pengusaha online profesional melalui website/blog. Kemudian peran sosial media sebagai aset adalah semakin banyak memiliki penggemar/pengikut hal ini berasosiasi dengan peluang/potensi pembeli. Akun Marketplace sebagai aset tak berwujud, saya masukkan karena adanya tuntutan transaksi aman bagi pembeli online maka penting juga mengelola akun-akun di marketplace seperti tokopedia, lazada, bukalapak, elevenia, shopee, blanja dan yang belum disebut lainnya, dengan visitor yang banyak tentunya aset anda juga harus di kembangkan di sana.
3. 2. Hak Paten dan Hak Cipta
Hak paten diberikan oleh pemerintah kepada perseorangan atau badan usaha untuk menggunakan penemuan baru. Artinya jika anda penemu sekaligus penjual (pengusaha) otomatis anda yang memproduksi dan mennentukan harga. Hak cipta diberikan oleh pemerintah kepada perseorangan atau badan usaha untuk memperbanyak/menjual barang-barang hasil karya. Lebih dekat pada distributor yang ditunjuk di suatu wilayah/negara untuk mendistribusikan karya cipta orang lain. Dari sini terlihat betapa pentingnya inovasi bagi dunia usaha. Inovasi = Aset = Uang.
3. 3. Brand/Merk
Suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya yang dipergunakan sebagai identitas suatu perorangan / perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. Dalam bisnis online perlu diketahui ketika merek menjadi aset berharga ketika dalam alam bawah sadar orang berasosiasi dengan produk atau jasa yang dikenal luas oleh masyarakat, selain itu memiliki persepsi positif di pasar dan konsumen memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap produk yang di jual atau jasa yang ditawarkan. Misal Pasta Gigi, masyarakat sudah beasosiasi terhadap ODOL, contoh lain minuman kemasan orang berasosiasi dengan AQUA. Brand = Aset = Uang.
3. 4. Sistem Kerja Pengusaha Online
Dalam bisnis online sistem kerja yang dibangun dengan rapi dan terstruktur mulai dari manajemen bahan baku, manajemen produksi, manajemen stok, manajemen pekerja, manajemen gudang, manajemen keuangan, dan terakhir manajemen distribusi dan penanganan konsumen seluruhnya merupakan aset tak berwujud. Meski bisa di lihat namun sistem yang ditata dengan aturan dan batasan tertentu menjadikan aset sistem kerja menjadi sangat penting. Misal : karena tidak rapi dalam sistem manajemen stok, ketika pembeli tanya suatu barang, kita menjawab ada tanpa melihat stok, kemudian membatalkan transaksi, akhirnya mengecewakan pembeli yang sudah antusias. Sistem Kerja Usaha Yang Rapi dan Terstruktur = Aset = Keberlangsungan Usaha = Uang.
3. 5. Reputasi atau Feedback atau Review
Dalam bisnis online, reputasi sangat penting karena identik dengan seberapa banyak orang telah berpengalaman transaksi dengan penjual, dan mengekspresikan kepuasan atas transaksinya. Reputasi cerminan cara kerja, pola pelayanan dan tentunya manifestasi manajemen usaha. Oleh karena itu jangan lupa membangun aset tak berwujud ini. Reputasi Baik = Kepercayaan Konsumen = Uang.
3. 6. Jaringan Usaha dan Sosial (Kelompok/Komunitas )
Dalam bisnis online, pengusaha tentunya berupaya membangun jaringan bisnisnya, bekerja cerdas dengan membangun affiliate/reseller produk dan jasanya, serta membangun sistem pemasaran yang efektif dan efisien. Maka jaringan usaha diperlukan agar menyokong bisnisnya berkembang dengan pesat (biasa pemain online menyebut dengan kata tebar pesona). Tak pula di pungkiri membangun kelompok sosial/komunitas dengan tujuan sosialisasi dan memperkenalkan produknya dibutuhkan agar rantai-rantai komunikasi sosial berubah menjadi aset. Misal ikut dalam komunitas ukm multi usaha, di dalamnya ternyata membutuhkan pasokan bahan baku untuk produksi lebih lanjut dan penmasaran online barang akhir, di sini terjadi sinergitas usaha. Jaringan Usaha atau Sosial (Komunitas/Kelompok) bisa juga dipergunakan sebagai sarana saling belajar dan telaah pengalaman antar pengusaha, sehingga kemampuan dan pengalaman bertambah atas informasi yang sinergis dengan pengusaha online lain yang lebih dahulu terjun. Jaringan Usaha dan Sosial = Aset = Informasi = Potensi Pendapatan.
3. 7. Manajemen Waktu dan Kesehatan Tubuh serta Jiwa
Kenapa saya ajukan hal ini sebagai aset tak berwujud. Karena ketika orang sudah terjun di dunia online maka layaknya orang bekerja dan menjadi individu yang menikmati utilitas tubuhnya, maka perlu manajemen waktu kapan utilitas bekerja dan kapan utilitas menikmati hasil kerja. Jujur ketika bisnis online berjalan dan uang mengalir bahkan saat kita tidur istilah saya 24/7 love with online business, terkadang kita terlena untuk menjaga aset kita yang diberikan oleh Tuhan yaitu Tubuh Kita. Seperti orang bekerja pada umumnya perlu adanya waktu beribadah dan istirahat, menikmati jerih payah kita sukses menjadi pengusaha online, bercengkrama dengan keluarga, mengembangkan hobi dan tentunya bermasyarakat (bersosialisasi).

Semua ada porsi dan utilitasnya, karena Tubuh dan Jiwa Kita adalah Aset Titipan dari Yang Maha Kuasa Untuk Kita Manfaatkan Sebaik-baiknya agar suatu saat ketika kembali kepada-Nya dapat mempertanggungjawabkan seluruhnya tanpa terkecuali. Tubuh dan Jiwa Kita termakan oleh aktivitas bisnis online dan menjadi lebih tua dari hari ke hari, produktivitasnya terus menurun dan mungkin banyak cita-cita yang tidak semua terpenuhi. Ada teman seperti kecanduan tidak memegang handphone seharian saja, sama seperti melepaskan rezeki di depan mata, bahkan saat orderan datang seperti tsunami tidak tidur 3 hari 3 malam dan menutup toko online sementara dan tidak menerima pesanan sampai seluruh pesanan terpenuhi. Hal yang menggiurkan bukan? Tapi sekali lagi tidak ada hal lebih indah daripada kebahagiaan yang dapat digantikan dengan uang dari usaha anda di dunia online. Semua ada proporsi atau takarannya.

Mungkin artikel kali ini akan saya akhiri dengan pertanyaan renungan :
Sudahkah Anda Memulai Membangun Aset Usaha Dengan Baik ?
Incoming Search Term :
aset finansial online
aset pengusaha online
aset bisnis online
pengertian financial asset
aset finansial arti
contoh financial asset
aset non finansial
aset non finansial adalah
investasi financial asset
pengertian aset finansial dan nonfinansial
instrumen investasi aset finansial
ciri ciri aset finansial
aset finansial dan aset riil
investasi pada aset finansial
apa saja aset finansial
pasar aset finansial
aset non finansial arti
apa aset finansial
gambar aset finansial
pengertian investasi aset finansial
maksud dari aset finansial
pertanyaan financial asset
aset keuangan apa saja
aset akuntansi keuangan
aset aset finansial
aset keuangan bank
aset keuangan berwujud dan tidak berwujud
aset keuangan berperan sebagai intermediasi jelaskan
aset keuangan contoh
aset finansial dan non finansial
aset keuangan derivatif adalah
aset keuangan dikatakan likuid jika
aset keuangan derivatif
aset keuangan derivatif dan non derivatif
perbedaan aset finansial dan nonfinansial
aset dan keuangan daerah
ciri ciri aset finansial dan nonfinansial
aset keuangan fvtpl
aset instrumen keuangan
aset keuangan indonesia
aset informasi keuangan
aset keuangan jangka pendek
jenis aset finansial
karakteristik aset finansial
aset keuangan lancar lainnya
aset keuangan lancar
aset keuangan lainnya adalah
aset keuangan lancar adalah
aset keuangan lain
aset laporan keuangan
aset keuangan menurut psak 50
aset keuangan menurut psak
aset keuangan makalah
aset manajemen keuangan
aset keuangan menurut sak etap
aset keuangan non derivatif adalah
aset finansial dan nonfinansial
aset non keuangan adalah
pengertian aset non finansial
contoh aset non finansial
karakteristik aset non finansial
ciri ciri aset non finansial
apa itu aset non finansial
aset keuangan obligasi
aset keuangan psak 55
aset keuangan pdf
aset keuangan ppt
aset keuangan psak
aset keuangan pada nilai wajar
aset keuangan pertanyaan
aset keuangan syariah
aset keuangan syariah di indonesia
aset keuangan syariah nasional
aset keuangan tersedia untuk dijual
aset keuangan terdiri dari
aset keuangan tidak lancar
aset keuangan tidak lancar adalah
aset keuangan untuk diperdagangkan
aset keuangan yang tersedia untuk dijual
pengusaha online sukses
pengusaha online kena pajak
pengusaha online terkaya
pengusaha online sukses di indonesia
pengusaha online shop sukses
pengusaha online sukses bumss
pengusaha online yang sukses
pengusaha online shop
pengusaha online indonesia
pengusaha online muda indonesia
pengusaha online shop muda
pengusaha online muda
pengusaha online terkaya indonesia
pengusaha online terkenal
himpunan pengusaha online
himpunan pengusaha online indonesia
himpunan pengusaha online hipo
pajak pengusaha online
pengusaha media online surabaya
sekolah pengusaha online
asosiasi pengusaha online indonesia
pengusaha online artinya
pengusaha bisnis online
pengusaha baju online
kisah pengusaha bisnis online
cara menjadi pengusaha baju online
biografi pengusaha online
kisah sukses pengusaha baju online
kisah sukses pengusaha bisnis online
pengusaha sukses di bisnis online
pengusaha online.com
pengusaha online sukses.com
contoh pengusaha online yang sukses
cerita pengusaha online
cerita pengusaha online sukses
contoh pengusaha online
pengusaha online cirebon
pengusaha cilik online
pengusaha online tersukses di indonesia
pengusaha sukses dari online
daftar pengusaha online
forum pengusaha online
pengusaha game online
pengusaha hijab online
himpunan pengusaha online internasional
hipo pengusaha online
jumlah pengusaha online indonesia
pengusaha online sukses indonesia
pengusaha media online inisial r
pengusaha online instagram
sekolah pengusaha online jogja
pengusaha sukses jualan online
jadi pengusaha online
kisah sukses pengusaha jilbab online
pengusaha kuliner online
kisah pengusaha online sukses
kisah pengusaha online shop sukses
komunitas pengusaha online
kisah pengusaha online
kisah pengusaha online shop
kpr pengusaha online
pengusaha muda online sukses
pengusaha muda online shop
pengusaha muslim online
pengusaha makanan online
kisah sukses pengusaha online muda
r pengusaha media online
menjadi pengusaha online
menjadi pengusaha online sukses
kisah sukses pengusaha makanan online
motivasi pengusaha online
majalah pengusaha online
pengusaha ojek online
cara menjadi pengusaha ojek online
pengusaha pakaian online sukses
profil pengusaha online yang sukses
cara jadi pengusaha online shop
wawancara dengan pengusaha online shop
siti pengusaha online
pengusaha online tersukses
pengusaha toko online yang sukses
pengusaha toko online
kisah sukses pengusaha toko online
pengusaha taksi online
tentang pengusaha online
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top