Mengapa Harus Menulis Deskripsi Produk Iklan Lengkap, Akurat dan Menjual ?


Rangkaian Tips Sukses Jualan di Tokopedia - Volume 1

Kesempatan kali ini Redaksi Swagraha akan membahas tentang arti penting, tips dan saran mengenai penulisan deskripsi iklan yang lengkap, akurat, menarik pandangan dan hati bagi calon pembeli, bagaimana dan mengapa ? Mari kita ulas dalam tulisan di bawah ini.

Bagi anda yang menjual produk di Tokopedia, tentunya ingin memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada calon pembeli akan produk yang anda pasarkan. Informasi tersebut dapat anda berikan pada kolom deskripsi produk. Tetapi terkadang banyak calon pembeli menemui deskripsi iklan diantaranya :
  1. Deskripsinya sangat sedikit, bahkan sama dengan judul produk yang di upload
  2. Hasil salin (copy) dan tempel (paste), mengambil dari informasi yang sudah pernah ada di internet, brosur atau website produsennya
  3. Memakai bahasa asing misal bahasa Inggris, boleh dan tidak ada yang melarang, tetapi harus di ketahui bahwa konsumen kita ada di Indonesia yang tidak kita tahu apa latar belakang pendidikan dan pengetahuannya mengenai bahasa asing
Kalau di cari akar permasalahan kenapa deskripsi produk kurang memikat calon pembeli dan terkesan asal-asalan penyebabnya antara lain :
  1. Penjual malas menulis dan atau tidak memiliki niat lebih pada deskripsi karena mengandalkan faktor lain misal gambar dan harga
  2. Penjual tidak tahu cara menulis yang baik
  3. Penjual tidak mengetahui mengenai produk dan target pasarnya
  4. Penjual kurang memahami daya pikat tulisan dalam iklan produknya
Mengapa deskripsi iklan produk lengkap dan akurat itu penting ?
  1. Salah satu alasan pengunjung / calon pembeli melirik produk / toko online kita
  2. Menunjukkan sifat kejujuran ( menjual sesuai deskripsi )
  3. Menunjukkan bahwa penjual menguasai informasi produk yang di pasarkan
  4. Menunjukkan taraf / tingkat pelayanan kita kepada pengunjung

Bagaimana Menjadikan Iklan Menjadi Menjual ?

1. Mengenali Produk Yang Akan Di Jual

Bagaimana mau menceritakan dan menuangkan dalam deskripsi kalau kita tidak mengenal produk kita sendiri. Mengenal di sini di asosiasikan dengan :
  • Paham kondisi fisik produk ( dimensi, bahan/materi dasar produk, tekstur, kelengkapan dll )
  • Paham fungsi / kegunaan produk
  • Paham kelebihan dan kekurangannya
  • Paham pasar ( target konsumen, strata konsumen, dan sifat konsumen )
  • Paham daur produk dan garansi
Pemahaman / pengenalan di atas tentunya akan sangat membantu menyusun kata demi kata pada deskripsi produk sehingga menarik pengunjung menuntaskan transaksi di Tokopedia
Contoh :
Menjual Power Bank Kapasitas 5.200 Mah, maka dalam deskripsi di tuliskan produk luar dari bahan atom, tidak mudah tergores karena mendapat silicone pelindung, dapat mengisi sebanyak 1 x untuk HP merk A dan 2 x tidak penuh kedua untuk HP Merk B, garansi 1 tahun dari distibutor, cocok untuk segala macam umur ... itulah contoh pemahaman penguasaan / pengenalan produk

2. Mengunakan Gaya Bahasa Sifatnya Mempengaruhi, Himbauan dan atau Ajakan ( Persuasif )

Gaya bahasa yang sifatnya komunikasi tentu disukai karena memiliki tujuan untuk mengubah atau mempengaruhi tingkat kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bersedia memilih produk yang kita pasarkan. Lalu apa contoh kalimat tersebut ?
Contoh :
Menjual tas handmade kepada pembeli dengan memberi sentuhan jaminan
Kami menawarkan garansi uang kembali beserta ongkos kirim penuh jika kami menjual produk tidak sesuai deskripsi iklan
Kami jamin 100 %

3. Kemampuan Menulis Spesifikasi Secara Lengkap Pada Deskripsi Produk di Iklan

Tentunya ada tujuan lain dari penulisan deskripsi lengkap produk adalah mengurangi pertanyaan yang terkait produk di iklan karena sudah dituliskan secara lengkap spesifikasi produk yang di pasarkan. Apa jadinya kalau kita menerima email / telepon / pesan diskusi karena malas menuliskan spesifikasi produk yang di pasarkan. Mengurangi pertanyaan yang terkait produk tentu sangat membantu kita sebagai penjual sekaligus meringankan pekerjaan.
Contoh :
Jual Sepatu Bahan Kulit, Ukuran Tersedia dari 36 sampai dengan 44, Setiap Pengiriman Mendapat Gel Pengawet dan Free Bubble Wrap, Di Cek Sebelum Kirim dan Warna Tersedia Hitam/Coklat/Cream

4. Penggunaan Deskripsi Singkat dan Jelas

Pemakaian kata-kata yang terlalu panjang dan padahal intinya sama, tentunya iklan seperti ini malah tidak disukai oleh pembaca iklan anda. Singkat bukan berarti pendek susunan kata-katanya, tetapi singkat di sini mewakili unsur penjelasan mengenai :
  • Spesifikasi Produk ( Bahan, Kualitas, Kelengkapan dan Fitur )
  • Garansi
  • Layanan Pengiriman ( Waktu pengiriman setelah transaksi valid, perkiraan waktu kirim ekspedisi, dan tawaran bantuan pelacakan )
  • Cara kontak penjual sewaktu pembeli minta bantuan
5. Informasi Tambahan Teknik Cara Pemakaian dan Perawatan Produk

Tidak kalah penting adalah informasi teknik dan cara pemakaian, tentunya calon pembeli sebelum memutuskan tahu bagaimana pemakaian produk akan bisa menyamakan antara ekspektasi dan kenyataan saat penerimaan barang, syukur jika memiliki video tutorial pemakaian dapat disampaikan link video pendukung dalam deskripsi iklan.
Selain itu akan tambah menarik dalam deskripsi iklan adalah cara perawatan produk agar tahan lama. Contoh :
a. Jangan isi ulang handphone saat kondisi menyala
b. Tempatkan pada suhu ruangan yang mengurangi dampak korosif
c. Jangan sampai terkena cairan berbahaya dll

6. Deskripsi yang Memenuhi Kriteria Optimasi Kata Kunci (Keyword) Terkait Produk

Hal ini salah satu nilai tambah yang paham mengenai optimasi, caranya adalah pemanfaatan situs-situs riset keyword seperti Google Keyword Planner, Keyword Tool, Google Trend dan lainnya yang akan di sisipkan pada deskripsi produk.

Keyword itu ibarat mencari kata-kata terkait produk kita yang sedang dicari banyak pihak (happening). Pencantuman keyword pada deskripsi tentunya punya tujuan agar produk yang dipasarkan ikut terindex di mesin pencarian dan tak lain tak bukan adalah datangnya pengunjung. Tips terkait hal ini misalnya menambahkan tanda pagar ( # ) pada deskripsi dan atau susunan urutan peringkat hasil alat optimasi yang di contohkan. Memang tidak mudah prosesnya tetapi ingat siapa tekun akan memperoleh hasilnya di kemudian hari.

Pengen Belajar Bisnis dan Marketing Online Bersama Redaksi Swagraha Silakan Ikuti Grup Telegram di http://t.me/sekolahonline
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top