4 Tahap Mengelola Kekayaan Bisnis Online

4 Tahap Mengelola Kekayaan Bisnis Online
Bekerja keras siang malam tanpa kenal lelah melalui bisnis online, mengunakan seluruh tenaga dan kecerdasan agar memperoleh imbal hasil sesuai target itulah yang akan di alami saat sudah fokus terjun ke bisnis online. Online Preneur itulah mereka yang sudah berkomitmen memanfaatkan sumberdaya digital dan manusia untuk mengubah produk dan jasa yang ditawarkan untuk menghasilkan setiap Rupiah.

Online Preneur yang terjun di industri teknologi digital harus memiliki tekad kuat, gigih pantang menyerah, kecakapan dan keuletan ekstra. Keberhasilan dan kesuksesan bisnis tidak dapat dicapai secara instan, bekerja efektif dan efisien dalam menghadapi tantangan, resiko dan ketidakpastian sebelum melihat hasilnya. Kemampuan bekerja di berbagai peras harus bisa dilakukan seperti menjadi bos yang harus bisa mengambil keputusan, menjadi manajer yang mampu membuat perencanaan sampai evaluasi kinerja, menjadi tenaga marketing buat produk dan jasa yang dijualnya, menjadi teknisi (engineer) jika menghadapi tantangan teknis, bahkan harus menguasai kemampuan analisa dan tata kelola finansial. Tantangan tidak hanya berasal dari lingkungan sekitarnya, regional wilayahnya tetapi sudah meluas di seluruh dunia (globalisasi) butuh analisa yang kuat untuk bisa bersaing dan sukses.

Penghasilan (Kekayaan) dari bisnis digital/internet itu ibarat dua sisi mata pisau yang memiliki efek baik dan buruk bagi penggunanya jika tidak dapat mengelola dengan baik. Oleh karena jika Online Preneur sudah bekerja pagi, siang, sore, malam harus memahami 4 tahapan dalam mengelola kekayaannya supaya tidak gagal paham dan bangkrut.

Tahap 1 : Stabilisasi Kekayaan (Finansial)
Pada tahap ini anda akan bekerja keras agar kondisi keuangan antara pengeluaran dan pemasukan harus pada kondisi impas/break even point (BEP) sampai perimbangan keuangan positif. Ketika membuka dan merintis bisnis online, anda tentunya menyediakan modal untuk menjalankan kegiatan bisnis, misalnya memasang jaringan internet, membeli kuota, membeli modem, bayar domain, sewa hosting, membayar jasa desain website, membeli peralatan fotografi, sewa gudang, biaya iklan, biaya aplikasi penunjang pemasaran, membayar biaya promosi dll.

Kemampuan anda menemukan bisnis online yang mampu menekan modal dan menghasilkan pendapatan secara optimal, membuat kecepatan stabilisasi neraca keuangan anda semakin cepat di capai. Kemampuan anda juga diuji untuk menjauhkan pengeluaran pribadi dari penghasilan yang diperoleh dari bisnis online.

Pada tahap ini anda harus sangat kuat mental karena bisa saja memiliki pendapatan yang besar tetapi tidak dapat menikmati secara maksimal. Tidak menikmati penghasilan karena pengeluaran juga sama besar atau mendekati penghasilan.

Pada tahap ini anda juga bisa melakukan penambahan ekuitas melalui pinjaman kepada kolega/lembaga keuangan sehingga anda dapat menambah skala usaha atau menambah kuantitas dan kualitas produksi.

Tahap 2 : Tahap Keamanan Kekayaan (Finansial)
Pada tahap ini arus kas anda sudah beranjak positif dengan nisbah yang terus membesar. Dari bisnis online, anda bisa mengejar balik modal/return on investment (ROI) jika aset anda tidak berasal dari pribadi anda (pinjaman atau investasi dari luar) atau pengembalian ekuitas/return on equity (ROE) jika menggunakan modal sendiri dan menghasilkan laba bersih yang tersedia bagi pemilik atau investor.

Upaya yang dilakukan pada tahap bertujuan untuk mengumpulkan/menambah aset bisnis serta menambah arus positif pada perimbangan keuangan bisnis online anda. Penghasilan anda sudah dapat membiayai pengeluaran pokok seperti gaji karyawan, tagihan (listrik, internet, pajak bisnis), cicilan (pengembalian pinjaman dan bunga investasi), biaya sewa gudang dan lain sebagainya pengeluaran pada tahap stabilisasi. Semua sudah tidak menjadi beban besar bagi bisnis online anda, karena arus keuangan sudah positif.

Bisa dikatakan pada tahap ini anda mampu melakukan mekanisme pembayaran rutin atas beban usaha (pajak, cicilan, tagihan, biaya produksi, sewa) tanpa adanya kekhawatiran pada stabilitas jalannya bisnis online.

Tahap 3 : Tahap Kebebasan Finansial
Setelah seluruh kebutuhan bisnis online dapat dipenuhi secara rutin tanpa dipusingkan berbagai beban karena sistem kerja sudah berjalan, anda akan melangkah pada tahap pengelolaan keuangan berikutnya yaitu tahap kebebasan finansial. Anda tetap bekerja dalam sistem kerja sudah berjalan mapan dan kinerja keuangan menunjukkan arus kas positif yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Arus positif membuat usaha anda memiliki keleluasaan memanfaatkan penghasilan untuk berbagai kepentingan bersifat produktif.

Dari bisnis online yang sudah mapan dan memberikan penghasilan secara aktif maka anda memiliki keleluasaan untuk mengalokasikan atau memisahkan sebagian keuntungan menjadi dua kepentingan yaitu investasi usaha dan aset pribadi. Keleluasan investasi usaha contohnya menambah tenaga kerja, membuka kantor offline dan menambah cabang bisnis atau berinvestasi di usaha lain. Keleluasaan pemindahan keuntungan menjadi aset pribadi untuk pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder contohnya mengambil dan membayar cicilan rumah, membayar tagihan rumah tangga (listrik, air, telepon, iuran lingkungan, kebersihan, dll) dan asuransi (kesehatan/jiwa), tabungan (pendidikan, hari tua), investasi (deposito, reksadana, saham, dll).

Tahap 4 : Tahap Kemakmuran Finansial
Setelah melalui tahap kebebasan finansial, maka akan terpikir untuk membuat hidup bahagia dengan penghasilan yang diperoleh. Bisa untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan tersier, sosial atau pun aktualisasi diri. Kebutuhan tersier erat kaitannya dengan peningkatan dan pemenuhan gaya hidup. Pada tahap ini, bisnis anda mampu mewujudkan semua impian anda seperti :
  1. Membeli barang impian (rumah mewah, mobil mewah, ponsel mewah, baju bermerk, dll)
  2. Memanjakan diri melalui perawatan tubuh yang berkualitas
  3. Liburan ketempat impian atau mencari hiburan setiap saat (keliling dunia, pergi menonton konser artis pujaan, menyewa kapal pesiar/pesawat jet pribadi, bahkan bisa menyewa pulau sebagai tempat liburan privat, dll)
Pada tahapan kemakmuran finansial ini sistem kerja dan investasi anda menghasilkan pendapatan dengan arus yang cenderung tidak akan pernah menurun. Tahap dimana uang bekerja untuk anda dan hal ini telah mampu membuat anda mengurangi rasa khawatir yang lebih dan juga memberikan ketentraman jiwa. Tidak ada kekhawatiran anda akan dipecat, mengurangi kadar kegagal bisnis, hutang bisnis pun optimis tanpa ketakutan gagal bayar atau bahkan sampai pada kondisi tidak ada beban untuk memenuhi gaya hidup.

Saat sudah tidak ada kekhawatiran finansial, maka anda memiliki pilihan untuk berbuat baik kepada orang lain melalui kegiatan sosial seperti menyumbang panti asuhan, memberikan beasiswa kepada orang tidak mampu bahkan bisa membantu orang sakit sekalipun.

Tentunya saat makmur secara finansial, anda dapat memikirkan bagaimana bisa membahagiakan diri dengan mengakomodir pikiran supaya terus bahagia melalui aktualisasi diri seperti melatih kemampuan seni, menjadi manager dan investor tim olahraga kesayangan, modifikasi motor/mobil, ikut lomba marathon, ikut kelas masak, bercocok tanam dll.
Kekayaan Sesungguhnya Bukan Terletak Pada Berapa Banyak Rupiah Yang Anda Hasilkan
Tetapi Bagaimana Kekayaan Dipakai Untuk Memberi Makna Hidup Bagi Anda
Incoming Search Term
kaya bisnis online, kaya dari bisnis online, kaya dengan bisnis online, kaya karena bisnis online, orang kaya bisnis online, cara cepat kaya bisnis online, orang kaya dari bisnis online, bisnis online kaya raya, bisnis online bikin kaya, bisnis online cepat kaya, bisnis online cepat kaya tanpa modal, cara bisnis online cepat kaya, bisnis online yang cepat kaya, bisnis online yg cepat kaya, bisnis online jadi kaya, bisnis online yang bikin cepat kaya, kaya dari bisnis internet, tahap bisnis online, tahap awal bisnis online, tahap memulai bisnis online, tahap awal memulai bisnis online, bisnis online kaya, bisnis online kaya raya, bisnis online cepat kaya, bisnis online bikin kaya, bisnis online cepat kaya tanpa modal, bisnis online jadi kaya, bisnis online yang cepat kaya, bisnis online yg cepat kaya, bisnis online yang bikin cepat kaya, cara bisnis online cepat kaya, kaya dari bisnis online, kaya dengan bisnis online, bisnis online kaya, kaya karena bisnis online, cara cepat kaya bisnis online, orang kaya bisnis online, #bisnisonlinekaya, #bisnisonlinekayaraya, #bisnisonlinekaya, #bisnisonlinecepatkaya, #kayadaribisnisonline, #orangkayabisnisonline, #kayadenganbisnisonline, #bisnisonlineygcepatkaya, #kayakarenabisnisonline, #bisnisonlinebikinkaya, #bisnisonlinecepatkayatanpamodal, #bisnisonlinejadikaya, #bisnisonlineyangcepatkaya, #caracepatkayabisnisonline
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top