Super Apps Online Membunuh 8 UMKM di Indonesia ?

Super Apps Online Membunuh UMKM di Indonesia
Perkembangan bisnis digital melalui internet telah memunculkan banyak usaha rintisan (startup). Trend pertumbuhan pemakaian dan perubahan gaya hidup masyarakat yang memanfaatkan smartphone untuk aktivitas keseharian, mendorong usaha rintisan mengeluarkan aplikasi versi mobile yang memudahkan pengguna mengakses transaksi elektronik hanya melalui handphone dalam genggaman.

Akhirnya bisnis yang ditopang oleh sumber dana melimpah dan sumberdaya manusia (SDM) berkualitas berlomba-lomba mengembangkan aplikasi yang memiliki banyak fitur demi memanjakan pengguna. Tujuannya agar pengguna betah dan tidak perlu pindah aplikasi untuk berbagai macam transaksi online. Terlebih mengembangkan fitur keamanan finansial dan juga jaminan anti penipuan.

Hal inilah yang mendorong munculnya Aplikasi Super Mobile (Mobile Super Application) atau biasa di singkat SuperApps. Aplikasi yang seperti jaring (saling berhubungan) dan payung (punya banyak lini dan turunan bisnis).

Sebuah keniscayaan terjadi karena hadirnya inovasi dari modal melimpah dan kualitas SDM, menghasilkan produk dan jasa yang mudah di akses, aman untuk transaksi dan tentunya memanjakan pengguna. Pengembangan tidak hanya penyediaan fitur belanja online aman tetapi juga lini bisnis lain seperti jasa pembelian pulsa, pembayaran tagihan dan cicilan, pemesanan tiket transportasi dan hiburan, pemesanan voucher makan, produk investasi, pinjaman, bahkan yang terakhir merambah penyediaan barang rumahtangga ibarat toko kelontong online. Memang banyak keuntungan karena memotong rantai pemasaran sehingga efisien di harga dan juga efisien dalam distribusi.

Inovasi digital ini membuat startup/bisnis digital tentunya akan terus bergerak positif atau meningkat omzetnya di masa depan. Ada yang naik tentunya ada yang harus menghadapi tantangan dengan era digitalisasi ini. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bermodal kecil, minim akses serta retailer akan "terancam gulung tikar" jika tidak bisa berinovasi. Siapa UMKM itu ?

1. Counter Pulsa
Usaha ini diprediksi jumlahnya akan terus berkurang di masa depan jika tidak ada inovasi kerjasama antara provider dan retailer. Mengisi pulsa sekarang tidak perlu datang ke counter, banyak aplikasi yang sudah menawarkan harga pulsa murah ataupun paket data murah daripada counter, dengan berbagai promo harga, potongan voucher dan bundling.

2. Agen Pembelian Tiket
Bisnis UMKM Agen Pembelian Tiket (pesawat, kapal laut, kereta api, hiburan dan aeminar) ini dahulu menjamur dan mampu menyerap banyak tenaga kerja, tetapi karena perkembangan teknologi online yang semakin masif dan tak dapat dibendung membuat usaha agen pembelian tiket banyak yang gulung tikar. Bahkan dari tahun ke tahun jumlah agen yang ditutup naik secara eksponensial. Keterbukaan informasi yang mampu membandingkan berbagai macam harga, fasilitas dan layanan, membuat peran agen penyalur tiket terus berkurang tergantikan fitur search engine di aplikasi mobile. Traveloka.com, Tiket.com, dll (sudah dengan tiket perjalanan), Tokopedia dan BukaLapak juga sudah menjual tiket transportasi, bahkan akhir-akhir ini sudah menjual tiket konser dan event-event besar.

3. Jasa Transportasi Konvensional
Saat ini kalau ditanya siapa yang tidak kenal GoJek, Grab atau dahulu juga ada Uber ? Meski di awal kemunculan sempat terjadi gesekan dengan Ojek Pangkalan, tetapi seiring berjalannya waktu dan ditetapkannya regulasi transportasi online melalui payung hukum maka tak bisa di tahan lagi laju inovasi transportasi ini. Meski punya mitra pengendara atau sopir, tetapi usaha ini tidak punya aset transportasi (motor, mobil, truk) yang digunakan untuk operasional menjadi kendaraan transportasi umum. Jasa Angkutan Desa dan Kota juga akan semakin terpinggirkan karena sifatnya yang tidak leluasa ditentukan oleh trayek/rute, tergantikan oleh moda transportasi online berbasis aplikasi. Metromini, Bajaj, Becak Non Motor/Motor, Delman juga akan semakin menghadapi tantangan berat, masyarakat saat ini lebih memilih online karena tarif standar, sistem transparan, mudah, cepat dan efisien. Jasa ini menghadapi tantangan karena sistem transportasi yang sudah terdigitalisasi dan terintegrasi dengan sistem keuangan modern.

4. Loper Koran dan Penjual Koran Eceran
Raksasa media cetak di Indonesia juga sudah membuat aplikasi berita online. Bahkan membangun jaringan jurnalisme warga juga untuk bisa menjadi kontributor. Fenomena menurunnya jumlah loper koran dan penjual koran eceran semakin tergeser oleh aplikasi berita online seperti Tribunnews.com menduduki peringkat 4 rank website di Indonesia, Detik.com peringkat 7, Kompas.com peringkat 20 dan media lainnya telah beralih ke digital. Ditunjang dengan penyebaran berita melalui sosial media, peran koran sebagai salah satu media cetak semakin berkurang sirkulasinya tergantikan dengan sistem sirkulasi berita online yang lebih cepat, viral dan membangun basis pengikut (followers).

5. Jasa Pembayaran Tagihan/PPOB
Tagihan/PPOB (Payment Point Online Bank) di sini antara lain telepon, listrik, PBB (pajak bumi dan bangunan) dan yang terkoneksi dengan pembayaran berbasis online. Beberapa tahun yang lalu banyak usaha UMKM berupa kios pembayaran berbagai macam tagihan. Bermodalkan komputer, printer dan sambungan sistem pembayaran online UMKM dapat berdiri melalui jasa biaya administrasi. Melakukan deposit yang digunakan untuk membantu nasabah lingkungan sekitar sampai habis dan isi ulang lagi, sehingga memperoleh imbalan atas jasanya tersebut. Tetapi sekarang banyak sekali aplikasi mobile yang mampu mengantikan semua fungsi yang ada di UMKM itu, melalui dompet digital bisa membayar semua tagihan.

6. Les Private/Tutorial/Bimbingan Belajar
Munculnya aplikasi bimbingan belajar online seperti Ruang Guru, telah merubah paradigma bimbingan belajar (bimbel) yang semula sistem Face to Face berubah menjadi online. Perkembangan teknologi ini sudah menjadi bagian gaya hidup anak sekolah saat ini yang melek digital sekaligus menginginkan interaksi bersifat real time dan sesuai dengan eranya dan aplikasi mobile ini memberikan beragam fitur, kemudahan, fasilitas serta fleksibilitas biaya langganan.

7. Retail Pakaian di Pusat Perbelanjaan
Meski tidak bisa di bilang semua tutup, tetapi UMKM pakaian sekarang sudah jarang sekali jualan di pusat perbelanjaan atau akan ramai hanya menjelang hari raya. Gaya hidup masyarakat yang sudah mulai terbiasa belanja online ikut menyumbang tantangan bagi retailer pakaian di pusat perbelanjaan. Banyak gerai pakaian yang semula mampu menyerap banyak tenaga kerja di pusat perbelanjaan mulai menutup tokonya karena kehilangan konsumen (sepinya pengunjung). Keterbukaan informasi melalui toko online, marketplace dan aplikasi jual beli online membuat harga jual produk di pusat perbelanjaan menjadi kalah dalam bersaing. Strategi bertahan entah sampai kapan bila terus bersaing dengan pemodal besar di marketplace, UMKM ini akan akan tumbang jika tidak melakukan inovasi.

8. Toko Kelontong (Retail Kebutuhan Rumahtangga)
Setelah sebelumnya toko kelontong harus menghadapi jaringan toko modern (minimarket, supermarket, hypermarket, dll), maka tantangan selanjutnya datang dari aplikasi online yang menyediakan fitur belanja kebutuhan barang sehari-hari. Barang sehari-hari yang juga banyak di jual toko kelontong. Bila BukaLapak punya produk BukaMart, GoJek punya produk GoMart yang berganti dengan GoShop, aplikasi lainnya HappyFresh, Tumbasi.in, TukangSayur.co dll mulai gencar melakukan promosi. Tujuan mereka masuk karena melihat ada pangsa pasar yang bisa di rebut melalui selisih biaya distribusi dari barang pokok yang sampai ke retail dan konsumen. Jika tidak memiliki inovasi dan bantuan kebijakan pemerintah maka beberapa tahun ke depan akan kita lihat banyak retailer kehilangan konsumen.

SuperApps adalah bukti nyata kemajuan yang menyebabkan ketimpangan dan harus diterima sebagai fakta pahit degradasi karena infiltrasi modal besar terhadap UMKM bermodal kecil. Ketimpangan struktur perekonomian masyarakat melawan hegemoni bisnis modern digitalisasi. Warung rakyat akan terus berlawanan dengan pemodal, yang jaringannya mendapat suntikan tidak hanya dari konglomerat lokal tetapi juga asing. UMKM tidak dapat memberikan promo berkesinambungan karena mereka harus untung, sedangkan jaringan bisnis digital yang berorientasi perputaran uang dan membakar modal menjadi tantangan ke depan.

Teknologi dan Inovasi niscaya tak bisa dibendung dalam pasar persaingan sempurna, mereka akan bertempur layaknya gladiator. Pemodal akan menurunkan petarung kuat untuk membunuh satu per satu lawan hingga mereka menguasai pasar, entah nanti menjadi struktur pasar oligopoli atau monopoli untuk membuktikan kemenangan mereka tetapi nestapa kekalahan bagi UMKM.

Tetanggamu lah yang akan melayat kematianmu atau anggota keluargamu

UMKM itulah yang bisa menyerap pekerja di sekitar wilayah mereka berjualan

Doa mereka biar umurmu panjang dan rezekimu mengalir terpanjatkan sehingga anda bisa membeli di tokonya

Ayo Selamatkan Warung + Toko + Pasar Tradisional di sekeliling kita
Incoming Search Term
agen koran jakarta barat, agen online, agen tiket pesawat, agen tiket pesawat murah, asia wisata penipuan, bisnis modal kecil, bisnis online, bisnis pembayaran online terbaik, bisnis tiket pesawat online terpercaya, cara berjualan pulsa untuk pemula, cara bisnis pulsa all operator, cara memulai bisnis tiket pesawat, cara mendirikan bimbel rumahan, cara promosi les private, cek rekening listrik, cek tagihan pdam, contoh proposal usaha counter hp, daftar agen tiket pesawat terpercaya, daftar ppob, desain konter pulsa minimalis, desain konter pulsa unik, dwidaya tour, franchise bimba aiueo, franchise bimbel ganesha operation, franchise bimbel primagama, garuda indonesia, harga etalase konter, jadi agen tiket pesawat traveloka, jadi agen travel tanpa modal, kcbj tour, kepanjangan ppob, keuntungan jual pulsa perbulan, kios bank, konter hp, konter pulsa menarik, konter pulsa terdekat, kudo, lion air, login dota, mmbc, nusatrip, pegipegi tiket pesawat, pembayaran ppob, ppob adalah, ppob bca, ppob bri, ppob mandiri, ppob pln, ppob terbaik, proposal usaha bimbel, pulsa online, rincian biaya buka konter, rincian modal usaha konter pulsa, transportasi online adalah, traveloka, usaha jual pulsa di rumah, usaha konter di rumah, usaha pendamping konter pulsa, usaha ppob tanpa modal, voltras, super apps, super apps gojek, super apps download, super apps lock, super apps in china, super apps for android, super apps asia, super apps video, super apps in the world, super apps apk, super app wechat, super apps lock download, super appsolutions, superapps ballot, superapps ballot award, super apps iphone, super apps shaping the future of finance, super apps for pc, super apps for rooted android, super appscloud, super app store, super apps android, super apps all, super antivirus apps, super addicting apps, super awesome apps, super amoled apps, superannuation apps, super alarm apps, apps super admin, super advanced apps, super 8 apps android, super vpn apps apk, super mario apps apk, superuser apps apk, supersu apps apk, super junior apps android, free super apps android, super bowl apps, super bowl apps pinterest, super browser apps, super bheem apps, super backup apps, super vpn apps, super browser apps download, super bass apps, super bpl apps, superbook apps, super bhim apps, super battery apps, super bet apps, super bowl apps for android, super beam apps, super bpm apps, super bowl apps healthy, super btn apps, super app china, super app customer care number, super app cloner, super app concept, super apps.com, super cleaner apps, super chrome apps, super cool apps, super camera apps, super copy apps, super clean apps, super cool apps for android, super cool apps for iphone, super clone apps, super clean apps download, supercell apps, super computer apps, super cool apps mod, super contra apps, supercopier apps, super apps download for android, super duper apps, super duper apps for android, super dancer apps, apps super draw, super dj apps, super duty apps, super display apps, super cleaner apps download, super vpn apps download, super zapya apps download, super video apps download, super mario apps download, geo super apps download, super security apps download, super sport apps download, super camera apps download, super copy apps download, super easy apps, super editing apps, super expensive apps, super exciting apps, super photo editing apps, super cool editing apps, super power effects apps, super good editing apps, super bowl easy apps, super nintendo emulator apps, super cool emojis apps, super cool video editing apps, super good video editing apps, super lemon keyboard emojis apps, superhero photo edit apps, super power video effect apps, el super apps, super apps for iphone, super apps for iphone 6, super apps free download, super apps free, super apps for phone, super fun apps, super fun apps for iphone, super funny apps, super fast apps download, super fast apps, apss super fund, super file apps, super fb apps, super fb apps download, apps super flashlight, super fun apps download, super fans apps, super game apps, super game apps download, super google apps, super great apps, super general apps, super game apps free download, super mario apps game, super mario game apps free download, super mario game apps download, superhero game apps, super fun game apps, super contra game apps, super nintendo game apps, superman games apps, super bheem game apps, super contra game apps download, super hit games apps, super duper grammar apps, super cricket game apps, superhero apps, super hearing apps, super hit apps, super hacking apps for android, super helpful apps, super hacking apps, super hacker apps, superhero apps for preschoolers, superhero apps for kindergarten, super hits apps download, best superhero apps, super royal holiday apps, top superheroes apps, super wifi hack apps, overpass apps superhuman apps and games, super handige apps, super apps in asia, super apps international ballot award, super apps international ballot award draw, super apps in play store, super apps in, superimpose apps, super ipad apps, superimpose apps download, super idea apps, super inappropriate apps, super bowl apps ideas, super cleaner apps install, super nintendo apps iphone, super cool apps ios, super duper inc apps, super fast internet apps, super junior apps, super java apps, super jar apps, amino apps super junior, super mario java apps, geo super apps, java super apps download, super bluetooth java apps, super julie apps, super king apps, super killer apps, super keyboard apps, super key apps, chennai super king apps, super task killer apps, super apps kostenlos, super lotto apps, super league apps, super launcher apps, apss super login, apps super locker, pakistan super league apps, indian super league apps, geo super live apps, super copy laptop apps, mzansi super league apps, super screen lock apps, android super launcher apps, super sport live apps, apps like supersu, super fast launcher apps, hero super league apps, hero indian super league apps, apps like super smash bros, super apps meaning, super mario apps, supermarket apps, superman apps, super mobile apps market, apps super mario bros, super music apps, super mobile apps, super minds apps, super mario apps for ipad, super mario apps for android, super mario apps for iphone, super me app, super mario apps free download, apps super mario run, super manager apps, super magic apps, super nintendo apps, super nes apps, super note apps, super nice apps, super fast net apps, super cool new apps, super mario new apps, superuser no apps in list, super v p n apps download, new super apps, supernova apps, super nützliche apps, neue super apps, apps super nonton, super apps on android, super office apps, super opera apps, super offline apps, super mario odyssey apps, super brain vn apps online, apps super cine online, super apps phoneky, super apps page, super power apps, super pads apps, super photo apps, super photo apps download, super pads apps download, super paid apps, super popular apps, super player apps, superhero apps preschool, super apps android phone, super bowl party apps, super copy pc apps download, super duper publications apps, super video player apps download, super quality apps, super rugby apps, super root apps, super resolution apps, super ringtone apps download, super loud ringtone apps, super backup restore apps, super mario run apps, super king root apps, supersu root apps, super call recorder apps, super voice recorder apps, super hit ringtone apps, super remix ringtone apps, super funny ringtone apps download, super fast car racing apps, rising super apps, super rtl apps, super safe apps, supersu apps, super security apps, super selfie apps, super sport apps, super simple apps, super sentai apps, super saiyan apps, super speed apps, super sonic apps, super shayari apps, super smart apps, super selfie apps download, apps super slow motion, super star apps, super saver apps, super scary apps, super apps tamil, super tv apps, super team apps, super tatkal app, super torch apps, super theme apps, super target apps, super truck apps
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top