Beda Pendanaan Investasi Start Up Seri A, B, C, D, E dst

Beda Pendanaan Start Up Seri A, B, C, D, E dst
Teknologi digital dengan dukungan koneksi internet telah menjadi bagian hidup masyarakat. Tersedianya infrastruktur (hardware dan software), regulasi, penetrasi ponsel pintar (smartphone) serta kemampuan penguasaan oleh sumberdaya manusia yang terlibat di dalamnya mampu mendorong munculnya banyak perusahaan rintisan (start up) baru.

Situs Facebook muncul dan mulai rintisan di sekitar pencipta (Mark Zuckerberg dkk) pada tahun 2003 (asumsi Facemash sebelum Facebook ikut menjadi bagian sejarah) yang mengubah data mahasiswa di kampus Universitas Harvard dari konvensional dipindahkan kepada era digital melalui website. Penambahan feed, komentar dan privacy membuat anggotanya saat itu yang berada di seputar kampus dapat saling mengenal dan bersosialisasi. Ide sederhana yang dapat diterima banyak orang saat itu, ternyata dari tahun ke tahun berubah dari sifatnya private di kalangan tertentu menjadi lebih luas dan terbuka.

Sama juga dengan Gojek tahun 2011, muncul dari keprihatinan Michaelanglo Maron dan Nadiem Makarin saat melihat tukang ojek pangkalan yang berjam-jam menunggu penumpang dan belum tentu mendapat penumpang. Kemudian tukang ojek ini di ajak berubah dari jasa konvensional menjadi melek teknologi digital, ditambah menerapkan standar pelayanan, keselamatan dan patuh pada aturan lalu lintas yang berlaku. Usaha Gojek ini ternyata juga di respon masyarakat dengan baik, karena membutuhkan jasa transportasi yang cepat (order dan datang), efisien (mampu menembus kemacetan), transparan (tarif terstandarisasi jelas) dan mengutamakan kepuasan pengguna.

Traveloka oleh Ferry Unardi dkk didirikan pada tahun 2012 awal mula konsep websitenya merupakan situs pembanding harga tiket pesawat dari setiap maskapai yang ada, dengan perbandingan maka akan diperoleh harga termurah. Dahulu untuk dapat mengetahui harga tiket kita harus pergi ke agen-agen perjalanan satu ke yang lain untuk mengetahui harga tiap maskapai tentunya agen sudah mengambil margin harga pelayanan yang berbeda-beda. Dengan situs pembanding kita menjadi lebih tahu harga pasar setiap maskapai. Kemudian tahun 2013 konsep bisnis diubah dari hanya sekedar situs pembanding dan kemudian dapat melakukan pemesanan (reservasi) langsung. Akhirnya Traveloka juga diterima pasar dengan baik menjadi salah situs reservasi tiket unggulan sebagai rujukan, diterima masyarakat tanpa harus datang dan antri ke loket-loket pemesanan tiket, tak perlu lagi datang ke agen-agen perjalanan dan kemudahan pemesanan dengan berbagai pembayaran.

Tokopedia dan BukaLapak dua marketplace terbesar saat ini didirikan awalnya menanggapi fenomena penipuan jual beli online yang marak terjadi dan membutuh solusi. Keduanya kemudian hadir menawarkan konsep jual beli aman, karena hal ini akhirnya diterima dengan mudah oleh masyarakat yang menginginkan transaksi pembeliannya aman, selain itu penjual konvensional yang selama ini hanya berjualan di lokasi dan jangkauan tertentu di suatu area saat merambah penjualan melalui marketplace dapat memperluas jangkauan pemasarannya.
Sejarah beberapa bisnis rintisan (start up) tumbuh dan berkembang (scale up) dengan baik karena adanya 3 unsur penting :
  1. INOVASI, mampu memberikan kemanfaatan dan kemudahan banyak orang, Social Problem Solving
  2. ACCEPTABLE, mampu diterima pasar, pengguna, konsumen dan merchant
  3. VALUEABLE, mampu memberikan nilai dalam bisnisnya (keuntungan finansial) ataupun benefit sosial yang berkelanjutan
Perlu di garis bawahi mencari pendanaan (investor) startup itu harus punya tujuan, bukan sekedar mengejar dana sesaat dan secepat-cepatnya tetapi juga berorientasi membangun bisnis yang menguntungkan dan bisa tumbuh dalam jangka panjang.
Seiring berjalannya waktu saat bisnis rintisan terus tumbuh dan berkembang serta membutuhkan keberlanjutan (continuity). Kebutuhan dana untuk berbagai macam tujuan diperlukan dan hal ini tidak dapat terus dipenuhi oleh para pendiri yang kebanyakan belum bekerja (jobless) atau masih fresh graduate yang tidak memiliki modal besar. Mencari pendanaan (investor) adalah salah satu jalan tepat agar usaha tetap berjalan sekaligus terus mengembangkan (scale up) lini usaha baik kualitas yang sudah ada maupun kuantitas dengan diversifikasi. Apa saja tahapan pendanaan dalam start up perlu untuk diketahui :

Bootstrap Stage
Pada tahap ini pendiri mendanai project start up menggunakan dana pribadi (tabungan dan aset lainnya) belum menggunakan dana eksternal (investor). Umumnya pada tahapan ini fokus pada penguatan visi dan misi setiap personel yang terlibat pada bisnis rintisan. Idealisme awal yaitu keinginan mencoba ingin tahu lebih dan media belajar (riset) bisnis tanpa terbeban bermacam target, meski punya mimpi bisnis semakin tumbuh dan dikenal banyak pihak. Selain itu masih banyak alasan kenapa belum mau menggunakan dana investor di antaranya :
  1. Keberanian eksekusi setelah terlibat banyak diskusi dan pemecahan masalah.
  2. Fokus pada penguatan Ide dan Output dari rintisan (produk dan atau jasa).
  3. Pembagian Job Description seperti tugas, tanggung jawab dan standar kerja.
  4. Mulai memikirkan Pengelolaan Keuangan awal (pembagian gaji, pemisahan aset dan modal, dll).
  5. Menyamakan Persepsi, antara pendiri dengan personel awal harus sama visi dan misi bagaimana membangun bisnis rintisan, hindari dan selesaikan permasalahan mendasar di awal supaya tidak menyebabkan perpecahan di tengah jalan yang menyebabkan bisnis hancur.
  6. Menyiapkan Visi dan Misi jangka pendek, menengah dan panjang agar saat menerima amanah investasi dari pihak luar sudah memiliki gambaran jelas bagaimana bisnis ke depan di bangun.
  7. Masih ingin lebih sering bertemu dengan orang yang lebih banyak pengetahuan, pengalaman dan bersedia dijadikan mentor (Mentoring) dalam bisnis untuk memastikan bahwa jalan rintisannya benar.
  8. Seleksi Personel, bisnis rintisan biasanya belum banyak menghasilkan keuntungan di awal, setiap personel memiliki beragam karakter dan daya tahan. Tidak semua bisa tahan dengan tantangan ini karena tidak memiliki karakter entrepreneur. Melalui tahap ini bisa belajar bagaimana menemukan orang tepat di tempat yang tepat untuk membantu mengelola bisnis.
  9. Belajar Melihat Peluang dari pengembangan bisnis rintisan, misal konten A (produk) berhasil diterima pasar apakah bisa ditambah dengan konten lain. Saat konten A sudah stabil, maka mengembangkan konten B (jasa) sehingga bisa belajar saat konten A tidak berjalan semestinya maka konten B bisa menutupi untuk diteliti kegagalan atau hambatan tumbuhnya. Begitu terus di jalankan berulang-ulang.

Pre-Seed Funding
Merupakan tahapan awal bagi bisnis rintisan dalam penggalangan dana dari investor. Nilai investasi masih tergolong kecil karena berasal dari orang terdekat yang dikenal (orang tua, teman dekat atau kolega yang telah bekerja), Angels (individu yang memiliki uang kemudian memberikan modal untuk bisnis rintisan) dan Accelerators/Incubator (investor yang memiliki tim lengkap dalam mendorong bisnis rintisan menjadi " benih (calon perusahaan rintisan) " karena memiliki sumberdaya seperti koneksi, mentor, kurikulum dan serta dukungan modal keuangan).
Pada tahap ini, bisnis rintisan lebih di dorong untuk menghasilkan portofolio atau prototipe konsep bisnis bersifat profesional. Investor memberikan kesempatan kepada pebisnis untuk mencoba (trial) eksekusi (memulai proses) bisnisnya dan melakukan pembuktian dari konsep yang dikembangkan.

Dari investasi yang ditanamkan akan memperoleh output baik keuntungan atau kerugian, kemudian akan dipelajari bersama antara pebisnis dan investor.

Bahkan investor tak segan-segan berburu bisnis rintisan melalui sebuah tajuk lomba usaha rintisan, dengan hadiah modal usaha. Beberapa contoh di lomba yang terkenal di Indonesia seperti :
[] Wirausaha Muda Mandiri dan
[] The Big Start Indonesia BliBli
Kisaran Pendanaan : $10k - $300k
1 Company : Mobil Kamu 2 Company : HijUp
Investor : Melbourne Accelerator Program Investor : Google Launchpad Accelerator
Besaran Investasi :
$ 20K (± Rp 280 juta)
Besaran Investasi :
$ 50K (± Rp 705 juta)
MobilKamu.com merupakan salah satu bisnis rintisan yang bertujuan memberi pilihan mobil dengan harga termurah, sekaligus edukasi kepada pengguna tentang pilihan mobil yang lebih baik dengan menyesuaikan budget pengguna. Pengguna yang menginginkan mobil keluaran tahun lama akan diarahkan pada pilihan mobil baru yang lebih baik, namun tetap masuk budget.

Pada 18 Mei 2015, Melbourne Accelerator Program tertarik untuk mendanai situs MobilKamu.com sebesar $20.000 atau setara Rp 280 Juta dalam sebuah program inkubasi bisnis. Wilton CEO MobilKamu yang lama berada di Australia untuk kuliah, tertarik pada bisnis rintisan, mencari pendanaan sebelum kembali ke Jakarta untuk membangun sendiri bisnis rintisannya. Pendanaan ini digunakan untuk pengembangan bisnis rintisan dengan melakukan riset pasar untuk menumbuhkan transaksi, kemudian merekrut SDM berpengalaman dengan vendor-vendor kendaraan roda empat yang sudah memiliki nama besar.

Hijup.com pada tahun 2016 mendapat kesempatan ikut bergabung pada program boot camp Google Developers Launchpad Accelerator di Mountain View, California Amerika Serikat. Program dari Google ini fokus mencari startup yang dapat memberikan dampak tinggi di pasar lokal. Hijup.com mendapat pendanaan bebas ekuitas sebesar $50.000 atau setara Rp 705 juta, dalam bentuk pembinaan berkelanjutan selama enam bulan, dan akses ke peralatan dan sumberdaya (mentor, insinyur dan kurikulum inovasi) dari Google. Pendanaan bebas ekuitas ini sangat bagus karena membantu usaha rintisan berkembang dan tidak membebani dengan target pencapaian return of investment (ROI).

Seed Funding
Setelah menyelesaikan portofolio/prototipe bisnis sebagai landasan (lahan/tanah) menanam benih bisnis rintisan. Maka pada tahap ini usaha harus sudah memiliki bisnis inti yang akan di tawarkan kepada investor besar untuk pendanaan series selanjutnya. Pada tahap ini usaha rintisan harus sudah bisa menunjukkan performa bisnis yang bergerak dinamis mengarah pada pertumbuhan, artinya bisnisnya memiliki prospek jangka panjang.
Bisnis rintisan akan banyak melakukan presentasi kepada calon investor, artinya CEO dan staf sudah memahami model bisnis yang dikembangkan untuk ditawarkan pendanaannya. Selain itu harus dapat menemukan potensi produk, mengidentifikasi pasar produk/jasa dan mengetahui target pasar sesuai dengan produk/jasa yang dikembangkan.

Investor pada tahap ini akan fokus pada pembekalan aset seperti infrastruktur untuk meningkatkan representatif profesional sebuah bisnis rintisan. Pemanfaatan dana juga digunakan untuk perekrutan staf kompeten pada bagian engineer pemula, manajemen pokok pemula (tim riset, tim pemasaran dll), operasional usaha, menyewa kantor dan peralatan penunjang. Investor biasanya sudah memiliki informasi dan pertimbangan cukup kuat melihat bisnis rintisan akan berkembang di masa depan. Investor pada tahap ini biasanya berasal dari Angels, Venture Capitalists, dan Accelators dengan besaran pendanaan lebih besar dari Pre-Seed Stage.
Kisaran Pendanaan : $300k - $3M
1 Company : SAMPINGAN 2 Company : AJAIB
Investor : Golden Gate Ventures Investor :
Besaran Investasi :
$ 600K (± Rp 8,6 Milyar)
Besaran Investasi :
$ 2.1M (± Rp 29,6 Milyar)
Pada 10 Januari 2019, bisnis rintisan SAMPINGAN.CO.ID mendapatkan pendanaan dari Golden Gate Venture perusahaan investasi permodalan dari Singapura sebagai Lead Investor dengan suntikan dana sebesar $ 600K (± 8,6 Milyar). Modal ini digunakan untuk mengembangkan Aplikasi Sampingan yang dibuat untuk membantu masyarakat menemukan pekerjaan temporer / paruh waktu dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Pada 7 Januari 2019, bisnis rintisan investasi AJAIB.CO.ID mengumumkan mendapat pendanaan dari empat investor yaitu Alpha JWC Ventures, Insignia Ventures Partners, Softbank Ventures Asia dan Y Combinator dengan total suntikan dana mencapai $ 2.1M (± Rp 29,6 Milyar). Menurut keterangan Anderson Sumarli selaku CEO dan Co-Founder, suntikan dana akan digunakan untuk beberapa hal antara lain memperkuat tim pemrograman dan operasional, mengembangkan produk-produk baru dan riset melalui interaksi umpan balik dari pengguna aplikasi.

Bisnis utama Ajaib adalah transaksi reksa dana, target pasar utama adalah individu atau kelompok yang belum mengerti cara berinvestasi melalui produk finansial. Melalui alogaritma yang dapat mendeteksi profil pengguna, maka aplikasi akan memberikan rekomendasi pola perencanaan investasi dan juga manajer investasi. Dalam mendukung perkembangan aplikasi, AJAIB.CO.ID sudah menjalin kerjasama dengan empat manajemen investasi sebagai pengelola dana.

Series A
Tahap di mana bisnis rintisan sudah meluncur dengan beberapa produk/jasa andalan meski masih tahap beta (memiliki daya tarik dan atau sudah mulai melakukan diversifikasi lini bisnis) dan sudah memiliki user/member baik merchant maupun konsumen. Karena benih bisnis rintisan mulai berkecambah dan tumbuh sampai mempunyai daun sejati, maka masih membutuhkan suntikan dana agar tetap tumbuh melalui inovasi dan melebarkan ranting-ranting bisnis.
Pada tahap ini usaha rintisan membutuhkan mitra investor yang tepat dan sabar, karena dari setiap dana yang ditanamkan belum berbuah keuntungan. Investor pada tahap ini dicirikan dengan kesabaran dan kehati-hatian dalam menyalurkan dana, tetap memantau pengelolaan setiap dana yang digunakan sampai benar-benar bisnis rintisan mendapatkan user/pengguna dan menunjukkan trend peningkatan.

Kemudian investor akan terus mendorong usaha terangkat tumbuh ke tahap selanjutnya supaya matang dan menghasilkan keuntungan. Beberapa investor pada tahap ini akan meminta bagian penguasaan saham perusahaan meski belum IPO dengan harapan ke depan nilai dari per lembar saham akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Biasanya sebelum mengucurkan dana, investor sudah memberikan target-target untuk dicapai atau memberikan banyak persyaratan yang lebih berat.

Investasi Seri A dianggap sebagai titik tolak paling penting dalam usaha rintisan, jika mampu mengelola dengan baik maka akan berhasil atau sebaliknya akan mengalami kegagalan untuk tumbuh dan menghasilkan. Oleh karena itu, investor mendorong usaha rintisan berkomitmen secara profesional dengan tujuan meningkatkan brand dan asset value, harapannya ketika berhasil maka bisa memancing investor lain yang lebih besar komitmen bergabung.
Kisaran Pendanaan : $3M - $10M
1 Company : Beli Mobil Gue 2 Company : Snapcart
Investor : Frontier Car Group Investor : Vickers Venture Partners
Besaran Investasi :
$ 10M (± Rp 141 Milyar)
Besaran Investasi :
$ 10M (± Rp 141 Milyar)
Marketplace mobil bekas BeliMobilGue.co.id memperoleh pendanaan seri A senilai US$ 10 Juta atau Rp 141 Miliar dari Frontier Car Group sebuah perusahaan asal Berlin, Germany yang fokus berinvestasi pada pengembangan, peluncuran dan pengoperasian marketplace otomotif di pasar yang sedang berkembang. Marketplace ini membantu konsumen menjual mobil melalui jaringan mitra yang terdiri dari 1.000 lebih rekanan. Investasi yang masuk akan digunakan untuk memperluas pasar, mendorong masuknya investor global dan mempercepat kemitraan strategis lokal.

Snapcart bisnis rintisan cashback dan analisis konsumen memperoleh pendanaan seri A sebesar US$ 10 Juta atau Rp 141 Miliar dari Vickers Venture Partners, perusahaan modal ventura berasal dari Singapura yang berfokus investasi di kawasan Asia dan sekitarnya. Snapchart (Belanja - Foto Kuitansi Pembelian - Dapat Cashback), aplikasi ini bekerja ketika pengguna membeli produk yang dipromosikan sesuai kebutuhan, kemudian Snap (foto) kuitansi/struk belanja menggunakan aplikasi Snapcart pastikan hasil foto terlihat jelas, mengandung informasi nama toko dan memperlihatkan jumlah total belanja. Setelah di validasi saldo Snapcart akan bertambah, saldo tersebut dapat dicairkan atau digunakan sebagai potongan untuk belanja selanjutnya. Data ini kemudian dimanfaatkan oleh vendor (produsen produk) untuk melihat performa kinerja langsung penjualan, menggantikan metode pengumpulan data konvensional yang memakan waktu dan biaya yang selama ini dilakukan melalui survei. Investasi yang masuk digunakan untuk memasuki pasar baru dan mengembangkan produknya lebih lanjut.

Series B
Setelah pendanaan seri A, bisnis rintisan yang terus tumbuh kurang lebih 1-2 tahun biasanya jumlah pengguna terus bertambah dan ini artinya ROI akan lebih cepat. Dari pendanaan seri A, sudah memberikan gambaran usaha berjalan, tetapi tetap membutuhkan pendanaan lebih lanjut di seri B untuk mengembangkan skala usaha (scale up). Sebelum investor memberikan kucuran dana baru, pengelolaan laporan keuangan investasi seri A akan di audit lebih ketat agar calon investor memperoleh gambaran riil kondisi pengelolaan dalam perusahaan.
Bertambahnya jumlah pengguna berarti usaha sudah memiliki pangsa pasar tersendiri dan ini modal penting untuk pendanaan seri B, biasanya pendanaan seri B merupakan penambahan modal penyertaan dari investor seri A karena puas dengan kinerja usaha rintisan juga penambahan dari investor lainnya. Maka investor akan mendorong pada tahap selanjutnya untuk pengembangan lini dan model bisnis, ekspansi pasar, peningkatan penjualan melalui marketing dan iklan serta penguatan Product Brand dan Consumer Awareness.
Kisaran Pendanaan : $10M - $25M
1 Company : HALODOC 2 Company : MOKA
Investor : UOB Venture Investor : Sequoia Capital India
Besaran Investasi :
$ 65M (± Rp 916,5 Milyar)
Besaran Investasi :
$ 24M (± Rp 338,4 Milyar)
HALODOC.COM pada 4 Maret 2019 mendapat investasi dari UOB Venture sebuah perusahaan investasi swasta dari Singapura. HALODOC.COM merupakan platform aplikasi dan website layanan kesehatan digital yang menjembatani antara penggunan dan lebih dari 20.000 dokter berlisensi di Indonesia melakukan komunikasi langsung (konsultasi). Layanan lain yaitu pemesanan cek laboratorium yang dapat dilakukan di rumah serta melakukan pemesanan obat melalui aplikasi di 1.300 apotek rekanan yang dapat diantar dalam waktu kurang dari 1 jam. Jumlah pengguna di tahun 2018 meningkat sebesar 2.500 % melebihi ekspektasi awal. Hal ini mencerminkan secara jelas tingginya permintaan akan kenyamanan dan kemudahan akses layanan kesehatan. Dana masuk tersebut digunakan untuk kelanjutan pembangunan teknologi dan infrastruktur layanan kesehatan, sekaligus memperluas kerja sama strategis dengan berbagai rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan di Indonesia.

MOKAPOS.COM usaha rintisan penyedia layanan mobile point-of-sale (mPOS) atau sistem kasir berbasis teknologi komputasi awan, pada tanggal 13 September 2018 mengumumkan menerima pendanaan Seri B senilai US$ 33 juta atau sekitar Rp338,4 miliar dari Sequoia Capital India perusahaan yang berfokus pada pengembangan usaha rintisan berbasis teknologi. MOKAPOS.COM sudah berkembang dari hanya penyedia layanan mPOS menjadi platform yang memberikan kemudahan berbisnis dengan berbagai pengembangan fitur mulai dari loyalty program, sistem inventori, penerimaan pembayaran elektronik dan pinjaman modal usaha. MOKAPOS.COM sudah bekerjasama dengan OVO, TCASH, AkuLaku, Dana dan Kredivo. Pendanaan yang masuk digunakan untuk mempercepat pengembangan produk bagi pelaku bisnis mulai dari UMKM hingga segmen enterprise besar serta mendorong masuk tahap baru sebagai pemimpin di industri mPOS Indonesia.
Mature Series
Ibarat sebuah pohon setelah dapat tumbuh maka harus dirawat, dipupuk dan dipelihara tujuannya agar tanaman menghasilkan output, demikian bisnis rintisan yang sudah tumbuh saatnya menjadi matang dari berbagai aspek, sudah memiliki sumberdaya cukup dan pengelolaan binis yang baik dengan orientasi hasil (keuntungan). Investor yang telah menanamkan modal akan mendesak adanya arus likuiditas masuk (panen) dari sejumlah dana yang dikeluarkan. Pada tahap ini memang di fase pertama masih di dominasi strategi penguatan branding dan promosi, fase kedua banyak pada strategi memperluas (ekspansi) regional dan memperbanyak bauran produk/jasa, fase ketiga mencoba merebut atau mendominasi pangsa pasar (market share) kawasan regional, fase keempat mendanai/akuisisi/investasi bisnis rintisan lain yang memiliki prospek, dan fase kelima melakukan ekspansi global.

SERIES
C
Company : ABEJA INC
Investor : SBI Investment
Besaran Investasi :
$ 38.4M (± Rp 541,44 Milyar)
ABEJAINC.COM merupakan platform yang mengintegrasikan teknologi AI (Artificial Intelligence) canggih termasuk IoT (Internet of Things), data besar dan pembelajaran mendalam. Platform yang memungkinkan untuk melakukan analisis secara canggih atas berbagai akumulasi data yang dibutuhkan oleh industri Ritel, Industri, Jasa dan Infrastruktur. Pada 29 Juni 2018 SBI Investment perusahaan AI dan Blockchain LPS asal Jepang menyuntikkan dana sebesar $ 38.4M (± Rp 541,44 Milyar) ke ABEJAINC.COM. Investasi digunakan untuk mengembangkan dan mempromosikan AI, Blockchain, FinTech, IoT dan Robot yang akan diterapkan di berbagai industri, platform bisnis dan jaringan pelanggan yang bersifat global.

SERIES
D
Company : Akulaku
Investor : Ant Financial
Besaran Investasi :
$ 100M (± Rp 1,41 Trilyun)
AKULAKU.COM usaha rintisan layanan finansial yang bergerak di bidang pembiayaan pinjaman mikro yang juga fokus di sektor e-commerce, mengklaim telah memperoleh sekitar 2 juta transaksi per bulan dengan nilai transaksi rata-rata berkisar Rp50.000-500.000. Pada tanggal 10 Januari 2019 mengumumkan mendapat suntikan dana sebesar $ 100M (± Rp 1,41 Trilyun) dari Ant Financial Services Group adalah penyedia layanan pembayaran online yang berasal dari Hangzhou, Zhejiang, China yang masih dalam grup Alibaba. Ant Financial sendiri memiliki sinergi dengan Alipay yang merupakan platform pembayaran mobile dan online terbesar di dunia untuk melayani individu dan korporasi bisnis melakukan pembayaran online secara aman. Investasi yang masuk digunakan untuk memperbesar cakupan pelayanan, menambah fitur produk baru seperti pinjaman untuk modal kerja dengan jaminan faktur, pembiayaan pembelian kendaraan bermotor, dan pembiayaan pendidikan (Fintech). Selain itu digunakan memperkuat perusahaan dan mitranya dalam melayani pengguna yang belum memiliki akses ke perbankan, ditambah untuk menjaga persaingan dengan Kredivo yang juga bergerak pada layanan penyedia solusi pinjaman online (Fintech).

SERIES E
Company : Tokopedia
Investor :
Besaran Investasi :
$ 100M (± Rp 1,41 Trilyun)
TOKOPEDIA.COM pada tanggal 21 Oktober 2014 mendapat suntikan dana sebesar $ 100M (± Rp 1,41 Trilyun) dari tiga investor yaitu SoftBank Telecom Corp (Lead Investor), Softbank Ventures Asia dan Sequoia Capital India dengan nilai sebesar $ 100M (± Rp 1,41 Trilyun).

Suntikan dana yang masuk digunakan untuk membentuk tim pengembangan model bisnis baru, fokus peningkatan jumlah penjual dan pelanggan, perekrutan tenaga ahli demi akselerasi pertumbuhan dan mengambil inisiatif lebih untuk memperkuat posisi usahanya di Indonesia.

SERIES F
Company : Go-Jek
Investor :
Besaran Investasi :
$ 920M (± Rp 13 Trilyun)
Go-Jek pada tanggal 30 Oktober 2018 memperoleh suntikan dana dari tiga investor Tencent Holdings, JD.com dan Google dengan nilai investasi mencapai $ 920M (± Rp 13 Trilyun).

Investasi yang masuk digunakan untuk pengembangan engineering dan artificial intelligence dengan sokongan Google, pengembangan lini bisnis, penguatan pasar lokal, riset dan ekspansi pasar di Asia Tenggara. Go-Jek juga melakukan akuisisi dan investasi ke perusahaan rintisan lainnya. Pengembangan Fintech modern dan menggabungkannya dengan bisnis yang sudah ada (integrasi produk dan layanan).

SERIES G
Company : Tokopedia
Investor :
Besaran Investasi :
$ 1,1B (± Rp 15,5 Trilyun)
TOKOPEDIA.COM pada tanggal 21 November 2018 mengumumkan menerima investasi dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group sebesar $ 1,1B (± Rp 15,5 Trilyun).

Dana yang masuk digunakan untuk investasi dalam teknologi dan infrastruktur di Indonesia guna mendukung ekosistem perdagangan, logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan Tokopedia. Kemudian digunakan memperluas skala dan jangkauan lini usaha sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan penjual (mitra), akselerasi terwujudnya pemerataan ekonomi digital di Indonesia.

Initial Public Offering (IPO)
Tahap paling matang dalam membangun usaha rintisan dan berkaitan dengan pendanaan yaitu melalui IPO atau penawaran umum saham yang akan dijual secara terbuka di bursa efek. Tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi agar usaha rintisan dapat masuk ke bursa efek, yang paling utama adalah secara terbuka menerbitkan laporan keuangannya dan bebas untuk dipergunakan oleh umum untuk di ukur kinerja usahanya. Go Public suatu proses yang kompleks. Butuh waktu tepat untuk masuk pasar bursa, apalagi usaha rintisan harus mampu menunjukkan keuntungan saat masuk bukan hanya sekedar yakin akan dapat untung. Berhasil masuk bursa pun harus mampu memenuhi ekspektasi pasar dan bukan sebaliknya.

Go Public bisa menjadi pilihan mendapatkan dana untuk tumbuhnya usaha, menambah lini bisnis serta memperluas ekspansi bisnis. IPO adalah langkah awal untuk perusahaan untuk mulai tumbuh lebih cepat karena ada dana segar masuk yang bisa langsung dipakai. Usaha rintisan yang bagus, punya visi misi dan kekuatan SDM mumpuni menjadi sia-sia jika tidak memiliki dana untuk menggerakan secara dinamis usahanya. Contoh Usaha Rintisan yang berhasil masuk bursa dan Go Public adalah Kioson, MCASH dan NFCX.

PENTING !!
  • Hindari Kesalahan Pengelolaan Dana Investasi. Investasi = Hutang oleh karena itu harus di kelola dengan baik supaya tidak menjadi bencana kegagalan bisnis. Setiap usaha harus menghasilkan keuntungan, jangan sampai pengeluaran lebih besar atau menanggung beban utang yang menyebabkan bisnis tidak sehat.
  • Selektif Menerima Investor. Bekerjasamalah dengan investor yang memiliki kompetensi (pengalaman, visi dan misi jelas, dukungan pakar/ahli di bidangnya), karena bisa membantu akselerasi bisnis berkembang maju dan menghindari kebangkrutan usaha.
  • Konsisten dengan Rencana, Visi, Misi dan Tujuan Bisnis. Selalu ingat dengan rencana awal, visi, misi dan tujuan masa depan dalam membangun bisnis, jika selalu ingat maka akan fokus mengelola bisnis supaya tidak gagal/bangkrut. Membuat loncatan inovasi dan capaian positif membantu bisnis bertahan secara dinamis menyesuaikan perubahan yang terjadi setiap saat (up to date).
  • Apapun Masalah Timbul Dalam Bisnis, Hadapi Bukan Hindari !. Setiap perjalanan bisnis akan timbul masalah, butuh jiwa berani untuk menghadapi setiap masalah, buat iklim kerja dalam usaha kondusif dengan mengedepankan kerjasama tim, keterbukaan dan kebebasan dalam mengungkapkan pendapat saat diskusi penting buat memaksimalkan potensi tim. Masalah tidak bisa diselesaikan sendiri, jangan takut minta bantuan konsultan yang ahli dan memiliki pengalaman.

Incoming Search Term
investor start up indonesia, investor startup indonesia, angel investor startup indonesia, investor startup di indonesia, startup indonesia, startup indonesia 2018, startup indonesia terbaik, startup indonesia 2019, startup indonesia career, startup indonesia ipo, startup indonesia unicorn, startup indonesia bangkrut, startup indonesia terbesar, startup indonesia yang mendunia, startup indonesia yang sukses, startup indonesia gagal, startup indonesia go public, startup indonesia karir, startup indonesia pdf, startup indonesia tutup, startup indonesia yang bangkrut, startup indonesia lowongan, startup indonesia yang gagal, startup indonesia dikuasai asing, startup indonesia adalah, startup indonesia alamat, startup app indonesia, startup accelerators indonesia, asosiasi digital start-up indonesia (adsi), start up a business in indonesia, start up asli indonesia, artis indonesia startup, asosiasi startup indonesia, startup unicorn indonesia adalah, startup indonesia baru, startup indonesia berita, start up business indonesia, startup baru indonesia, startup bahasa indonesia, startup buatan indonesia, set up business indonesia, best startup indonesia, bos startup indonesia, start up business di indonesia, startup bisnis indonesia, set up bahasa indonesia, go startup indonesia bekraf, food startup indonesia bekraf, best startup indonesia 2018, best startup indonesia 2017, blockchain startup indonesia, startup bisnis di indonesia, startup besar indonesia, set up company indonesia, indonesia startup center, contoh startup indonesia, start up company di indonesia, startup world cup indonesia, indonesia startup community, startup competition indonesia, startup crowdfunding indonesia, ceo startup indonesia, gaji ceo startup indonesia, startup competition indonesia 2018, startup challenge indonesia, startup conference indonesia, startup catering indonesia, startup legal clinic indonesia, indonesia startup culture, startup course indonesia, startup competition indonesia 2019, startup di indonesia, startup digital indonesia, jumlah start up di indonesia, startup fintech di indonesia, startup unicorn di indonesia, startup baru di indonesia, data startup indonesia, perusahaan startup di indonesia, perkembangan startup di indonesia, daftar startup di indonesia, startup terbaik di indonesia, daftar startup indonesia 2018, startup terbesar di indonesia, daftar perusahaan startup indonesia, startup pendidikan di indonesia, startup events indonesia, education startup indonesia, indonesia startup ecosystem, event startup indonesia, startup edukasi indonesia, edtech startup indonesia, ekosistem startup indonesia, indonesia startup ecosystem techinasia, ebook startup indonesia, startup energy indonesia, startup energi di indonesia, startup real estate indonesia, renewable energy startup indonesia, startup expo indonesia, entrepreneur startup indonesia, indonesia startup ecosystem growth, startup indonesia fintech, start up funding indonesia, startup fashion indonesia, food startup indonesia, forum startup indonesia, founder startup indonesia, furniture startup indonesia, 50 food startup indonesia, code for indonesia startup, startup fotografi indonesia, startup fest indonesia, indonesia startup funding 2018, forbes indonesia startup, indonesia flight startup, startup farm indonesia, fakta startup indonesia, startup freelance indonesia, indonesia top funded startup, indonesia startup founders, startup grocery indonesia, go startup indonesia, gaji startup indonesia, start up game indonesia, startup growth in indonesia, startup grind indonesia, startup di indonesia yang gagal, v2.go startup indonesia, google startup indonesia, startup payment gateway indonesia, gerakan 1000 startup indonesia, growing startup indonesia, g startup indonesia, grup whatsapp startup indonesia, startup game di indonesia, indonesia startup hubs, healthcare startup indonesia, hr startup indonesia, startup hukum indonesia, startup hardware indonesia, homemade startup indonesia, startup hub indonesia, startup hospitality indonesia, startup indonesia internship, startup indonesia investor, startup indonesia idea, indonesia startup insight, indonesia startup ideas, indonesia startup invest, informasi startup indonesia, indonesia startup insight 2016, start up business in indonesia, startup unicorn indonesia, startup business idea in indonesia, startup di indonesia saat ini, startup indonesia job, startup job indonesia, jenis startup indonesia, jumlah start up di indonesia 2018, jumlah startup indonesia, jumlah startup indonesia 2018, startup jasa indonesia, jurnal startup indonesia, data jumlah startup indonesia, jumlah startup indonesia 2017, juara startup indonesia, startup indonesia kategori unicorn, startup kesehatan indonesia, lowongan kerja startup indonesia, komunitas startup indonesia, startup kuliner indonesia, kantor startup indonesia, kumpulan startup indonesia, kompetisi startup indonesia, kerja di startup indonesia, startup kuliner di indonesia, kudo startup indonesia, kisah startup indonesia, kompetisi startup indonesia 2018, kondisi startup indonesia, startup kopi indonesia, kisah sukses startup indonesia, kompetisi startup indonesia 2017, kekayaan bos startup indonesia, startup indonesia list, startup indonesia loker, startup logistik indonesia, logo startup indonesia, lean startup indonesia, startup lokal indonesia, lean startup indonesia pdf, indonesia startup landscape, startup laundry indonesia, legal startup indonesia, lomba startup indonesia, lomba startup indonesia 2017, lomba startup indonesia 2018, lending startup indonesia, list perusahaan startup indonesia, list startup indonesia 2018, startup indonesia magang, startup indonesia mendunia, startup media di indonesia, media startup indonesia, startup makanan di indonesia, mentor startup indonesia, model bisnis startup indonesia, startup anak muda indonesia, startup muslim indonesia, startup marketplace indonesia, modal startup indonesia, microfinance startup indonesia, most funded startup indonesia, magang di startup indonesia, medical startup indonesia, masalah startup indonesia, indonesia startup map, moka indonesia startup, startup music indonesia, startup indonesia news, nama startup indonesia, nama perusahaan startup indonesia, nilai startup indonesia, startup nation indonesia, nilai valuasi startup indonesia, daftar nama startup indonesia, ntt indonesia startup, startup indonesia office, indonesia startup outlook, startup online indonesia, list of indonesia startup, startup otomotif indonesia, startup indonesia ppt, startup indonesia pertanian, startup indonesia paling sukses, startup pendidikan indonesia, set up paypal indonesia, set up pma indonesia, perusahaan startup indonesia, perkembangan startup indonesia, pengusaha startup indonesia, pendiri startup indonesia, pendanaan startup indonesia, startup property indonesia, proposal startup indonesia, program startup indonesia, perusahaan startup indonesia 2017, startup pos indonesia, podcast startup indonesia, startup indonesia ranking, indonesia startup report, ruma startup indonesia, startup recruitment indonesia, top rank startup indonesia, startup ranking indonesia 2017, ranking startup indonesia 2018, rumah startup indonesia, rising startup indonesia, indonesia tech startup report 2016, bahasa indonesia startup repair, startup regulation indonesia, car rental startup indonesia, startup repair indonesia, startup indonesia sukses, set up subtitle indonesia, startup indonesia techinasia, startup indonesia terbaru, startup indonesia terbaik 2017, startup indonesia terbaik 2018, top startup indonesia, starting line up terbaik indonesia, 10 startup indonesia terbaik, startup indonesia unik, startup unicorn indonesia 2018, usaha startup indonesia, urutan startup indonesia, startup universitas indonesia, unicorn startup indonesia 2019, indonesia tech startup unicorn, startup wikipedia indonesia, startup wedding indonesia, startup weekend indonesia, website startup indonesia, workshop startup indonesia, startup wisata indonesia, startup world cup indonesia 2018, startup indonesia yang sudah ipo, startup yang ada di indonesia, startup yang terkenal di indonesia, perusahaan startup indonesia yang gagal
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top