Perjalanan Investasi, Nilai Valuasi dan Pengembangan Fitur BukaLapak

Berapa Nilai Valuasi Aset BukaLapak ? Benarkah Turun Gara-Gara #UninstallBukaLapak ?
Kontroversi yang muncul saat gerakan politis boikot dengan tagar #UninstallBukaLapak kemudian pada debat calon presiden muncul istilah “Unicorn”. Tentunya menjadi tertarik mengetahui BukaLapak yang di gadang-gadang menjadi salah satu dari empat Unicorn yang ada di Indonesia. Sesuai definisi Unicorn dalam bisnis startup digital, BukaLapak tentunya sudah memiliki nilai valuasi lebih besar atau sama dengan USD $ 1 Miliar atau setara ± Rp 14 Trilyun.
Achmad Zaky di sebuah kesempatan memberikan informasi bahwa nilai perusahanya mulai tumbuh secara garis besar setelah adanya Pendanaan (Investasi) yang masuk dari investor, tetapi hal ini belum menggambarkan nilai riil aset yang dimiliki BukaLapak, tetapi paling tidak memberikan gambaran sementara bahwa BukaLapak memiliki VALUE. [1]
Sangat menarik pernyataan Achmad Zaky di atas untuk di analisa lebih lanjut. Padahal pada awal berdirinya, pendanaan berasal dari investasi pribadi (Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rasyid). Seiring dengan pertumbuhan yang sangat pesat, pendanaan berasal dari beberapa investor. Mengapa aset BukaLapak bukan gambaran nilai riil ? Mari bedah bersama dari mana investasi berasal dan sudah habis buat apa saja :
Investor BukaLapak
TAHUN
PERJALANAN PENDANAAN (INVESTOR) BUKALAPAK
SERIES
2010
Pendanaan Pribadi Achmad Zaky dan Nugroho Herucahyono dari kas Suitmedia
-
2011
Batavia Incubator (Hasil merger perusahaan Rebright Partners dengan Japanese Incubator and Corfina Group)
Series A
2012
GREE Ventures (Perusahaan internet dan ponsel yang fokus pengembangan perusahaan start up)
Series A
2014
Aucfan Co.,Ltd. (Platform E-Commerce dari Jepang) (diumumkan Feb 13, 2014)
Series A
2014
IREP (Agensi pemasaran digital dan pemasangan iklan dari Jepang, yang berfokus pada SEO/SEM) (diumumkan Feb 13, 2014)
Series A
2014
GREE Ventures (Perusahaan internet dan ponsel yang fokus pengembangan start up rintisan) (diumumkan Feb 13, 2014)
Series A
2014
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTEK Group) melalui anak perusahaan PT Kreatif Media Karya (KMK) (diumumkan Feb 13, 2014)
Series A
2014
500 Startups (Perusahaan modal ventura pengembangan perusahaan start up dari Silicon Valey, USA) (diumumkan Feb 13, 2014)
Series A
2015
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTEK Group) melalui anak perusahaan PT Kreatif Media Karya (KMK) (diumumkan Feb 4, 2015)
Series B
2015
500 Startups (Perusahaan modal ventura pengembangan perusahaan start up dari Silicon Valey, USA) (diumumkan Feb 4, 2015)
Series B
2017
Alibaba (Ant Financial bagian dari Alipay) sudah bekerjasama EMTEK untuk pengembangan fitur DANA investasi melalui PT KMK
Series C
2018
GIC (Government of Singapore Investment Corporation) kerjasama riset dan pengembangan tekonologi blockchain
Series D
2019
Mirae Asset-Naver Asia Growth Fund (Mirae Financial Group yang berbasis di Seoul dan Naver) (diumumkan Jan 17, 2019)
Series D
SOURCE
[2] [3] [4] [5] [6] [7]

2010
Achmad Zaky dkk sebelum memutuskan mendirikan BukaLapak melakukan riset pendahuluan mencari produk internet sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia dan mampu memberikan manfaat bagi orang banyak. Mereka melihat, dari 100 website yang ada di Indonesia, 99 di antaranya adalah buatan luar negeri belum banyak yang identitas asli Indonesia. Kemudian mereka melihat peluang masih ada ruang kosong di segmen e-commerce/marketplace tetapi saat itu bentuk model bisnis seperti apa belum ditemukan? Kemudian mereka mulai riset lanjutan dan memulai dari sebuah ide dasar bagaimana dari sebuah website dapat memfasilitasi transaksi jual dan beli aman karena saat itu sedang marak kasus penipuan transaksi online. Jumlah situs dengan konsep secure marketplace pada tahun 2010 masih sedikit jumlahnya, sehingga kondisi ini menjadi salah satu pintu masuk/batu loncatan yang tepat melahirkan BukaLapak. Waktu pengembangan BukaLapak membutuhkan waktu dua bulan sebelum resmi diluncurkan.
tampilan website bukalapak tahun 2010 vintage
Selain peluang, tentunya membangun sebuah bisnis rintisan di awal dengan dana sendiri akan langsung menghadapi berbagai tantangan, seperti masalah keuangan, realitas ekspektasi masa depan, bahkan masalah personal keluarga ikut terbawa. Investasi awal saat itu digunakan untuk membeli domain dan menyewa server. Masih ingat dong tampilan website BukaLapak tahun 2010 yang sangat vintage dengan warna coklat ? Saat itu kesan pertama terhadap BukaLapak warna dasarnya mirip sekali dengan situs Berniaga.com dan beberapa website forum jual beli yang pernah ada.

Tantangan selanjutnya, pengenalan brand website dan model bisnis, penetrasi mitra penjual online dan pasar. Sedangkan pada tahun 2010 saat itu penetrasi jaringan internet masih belum merata di wilayah Indonesia. Tetapi iklim jual beli online saat itu sudah mulai dikenal dan menjadi salah satu budaya transaksi bisnis paling berprospek di Indonesia. Di awal rintisan, usaha inti BukaLapak adalah sebagai website yang memfasilitasi transaksi jual dan beli secara online aman. Tantangan mengajak penjual offline dan online untuk berjualan di BukaLapak memang tak mudah di kala itu padahal tidak dipungut biaya alias gratis. Pedagang offline masih belum mempunyai gambaran dampak jualan online di BukaLapak karena pengunjung juga belum banyak, selain itu tidak mau ditambah dengan ribet berjualan lewat internet karena merasa jualan via offline sudah cukup. Pedagang online sendiri sudah terbiasa dengan transaksi konvensional, melalui website, sosial media serta messenger (BBM/WA/Line dll) yang dipunya serta sudah memiliki konsumen loyal.

Saat itu situs iklan baris seperti TokoBagus.com serta Berniaga.com masih berjaya di ranking search engine membuat pedagang online masih setengah hati ikut serta berjualan di BukaLapak. Saat itu kepercayaan konsumen masih belum terbentuk terhadap marketplace, karena persepsi kebanyakan orang masih takut tertipu. Berbagai cara di lakukan agar budaya jual beli online aman melalui BukaLapak menjadi meluas, seperti mengajak pedagang Mall, pelaku UKM dan edukasi terus menerus melalui contoh kisah sukses penjual di BukaLapak. Pada kenyataan pedagang besar justru banyak yang belum mau berjualan di BukaLapak, respon positif banyak datang dari pedagang kecil.

Pada akhir tahun 2010 perjalanan BukaLapak terasa cukup berat, Zaky dkk sempat terpikir menutup BukaLapak karena terus menanggung beban pengeluaran dan menilai tak ada harapan. Masalah pendanaan server sebesar Rp 100 juta terasa berat karena belum ada yang mau berinvestasi, maka untuk mempertahankan BukaLapak perlu mendapat investor dari luar agar tetap bertahan dan berkembang di masa depan. Tetapi kenyataan pada masa itu, BukaLapak belum tumbuh sehingga investor belum ada yang percaya dengan prospek BukaLapak.

2011
Setahun berjalan, penjual yang bergabung di BukaLapak sudah mencapai 10.000. Banyak penjual (pelapak) benar-benar terbantu dan sukses menjual barang di BukaLapak, selain itu pedagang kecil tersebut sangat loyal bahkan beberapa dari mereka juga menyumbang untuk membeli server. Kumpulan pedagang inilah yang nanti ke depan mendorong terbentuknya Komunitas BukaLapak. Memang sudah jodoh dan rezeki, akhirnya tahun 2011 titik terang muncul dengan hadirnya investor Batavia Incubator dari Jepang (hasil merger perusahaan Rebright Partners dengan Japanese Incubator and Corfina Group) yang menyuntikkan dana sebesar Rp 2 Miliar dan mendapatkan sekitar 20 persen saham. Investor inilah yang mendorong tumbuhnya kepercayaan diri dan dana yang masuk digunakan untuk membentuk tim dengan merekrut 7-10 orang. Salah satu talent yang di rekrut adalah Muhamad Fajrin Rasyid salah satu yang ikut mensukseskan masuknya investor Takeshi Ebihara (Batavia Incubator). Jadi bisa di katakan tahun 2011 Valuasi BukaLapak saat itu mencapai lebih dari Rp 2 Milyar.

2012
Tahun 2012 ini BukaLapak sudah dikatakan pada tahap Seed (Benih) karena menunjukkan performa yang cukup bagus, dimana mampu menggaet penjual (pelapak) sampai dengan 35.000 dan dikunjungi lebih dari 60.000 visitors setiap harinya sebagai sebuah situs e-commerce/marketplace.

Melihat performa yang baik tersebut dan atas keberhasilan kerjasama yang baik dengan Batavia Incubator maka terbukalah pendanaan ke dua dengan berhasil menggaet GREE Ventures. Jika melihat investasi pada bisnis rintisan Geniee (USD $933K / Jan, 2012) dan Retty (USD $1.2M / Oct, 2012) maka investasi ke BukaLapak diperkirakan sebesar ± USD $1-1.5 Juta atau ± Rp 10-15 Milyar (kurs USD $1 = Rp 9.800,-). [8].

GREE Ventures aktivitas usaha intinya di Jepang berfokus pada idustri gaming, tetapi di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia terlibat pendanaan e-commerce dan industri di seputarnya.
tampilan website bukalapak tahun 2012 masih vintage

2013
Selama tahun 2013 BukaLapak banyak melakukan penguatan fitur dan tampilan websitenya sambil terus melakukan promosi websitenya. Dampak dari investasi dari GREE Ventures mulai dirasakan karena mulai bekerjanya tim pemasaran dan SEO, pada tahun 2013 BukaLapak tercatat mampu melejit ke posisi 50 daftar website di Indonesia dan 2856 di dunia. Tentu ini bukan hal instan yang dicapai dalam semalam, tetapi melalui proses yang dibangun dengan strategi pendekatan pada penjualan berbasis Komunitas. Sehingga dapat dikatakan Komunitas BukaLapak adalah salah satu modal penting dalam membangun Value Brand BukaLapak.
Tim BukaLapak melibatkan diri pada acara-acara komunitas yang diadakan seperti pada komunitas sepeda dan kamera. Mereka menjaga kontak, mendorong penjual dan membangun kelompok penjual bisa menjual produk dengan sistem saling membantu sama lain sehingga jumlah yang dijual menjadi lebih banyak. BukaLapak unggul pada kategori yang berhubungan dengan produk yang didominasi oleh kategori produk pria dan banyak penjual yang memiliki Brand kuat seperti kategori sepeda, kamera, alat musik dan komputer sehingga semakin memperkuat hasil pencarian SEO melalui BukaLapak.
tampilan website bukalapak tahun 2013 masih vintage
Langkah selanjutnya adalah membangun beberapa fitur yang diperlukan oleh penjual dan pembeli dalam memperlancar transaksi. Fitur yang di luncurkan saat itu salah satunya adalah sistem pembayaran yang terotomatisasi melalui escrow dan e-wallet BukaDompet, selain itu juga menambah jenis pembayaran lain salah satunya Bank Mandiri Clickpay. Fitur sistem pembayaran ini dianggap sebagai titik tolak meningkatnya transaksi senilai Rp 500 juta setiap harinya atau lebih dari Rp 15 miliar setiap bulannya. Pada akhirnya BukaLapak mampu memiliki sekitar 400.000 daftar barang aktif dijual dari lebih dari 80.000 penjual tentu ini kabar yang baik.

Fitur yang diluncurkan selanjutnya adalah New MyLapak, yang memudahkan penjual untuk melakukan pengaturan produk dagangan. Penjual bisa memanfaatkan tiga menu baru, yaitu 1) memperbarui harga atau stok barang dengan mudah dan cepat, 2) melakukan pengaturan status barang yang tersedia secara bersamaan dan 3) dapat melakukan pencarian barang dalam lapaknya sendiri. New MyLapak mendorong penjual semakin banyak mendaftarkan produknya sekaligus meminimalisir refund.

2014
Aucfan Co.,Ltd. (Platform E-Commerce dari Jepang) yang juga merupakan perusahaan publik yang mengaggregasi data e-commerce / Big Data di Amerika Serikat, Jepang, dan Cina tertarik berinvestasi pada Platform BukaLapak. Investasi yang ditanamkan adalah sebesar 30 juta Yen atau mendekati USD $300 ribu atau Rp 3,5 milyar (kurs USD $1 = Rp 11.600,-) masuk dalam pendanaan series A. [9] Pendanaan ini diambil terutama untuk menghadapai persaingan keras dengan Tokopedia, Lamido, Bhinneka dan sejumlah pemain lainnya. Perkembangan dunia e-commerce di Indonesia sangat pesat dan kompetitor terus menerus meningkatkan daya saingnya dan meningkatkan perolehan investasi. BukaLapak memiliki traffic kunjungan harian sebanyak 150.000 orang.
IREP (International Institute for Research and Education in Power Systems) sebagai salah satu pemimpin pasar dalam bidang agensi pemasaran digital fokus sebagai agensi SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) terbesar di pasar periklanan Jepang. Investasi IREP tidak berbentuk penyertaan modal langsung di BukaLapak tetapi melalui anak perusahaan di Indonesia yang bernama PT. Digital Marketing Indonesia (DMI) bekerjasama sebagai konsultan dan membantu peningkatan kinerja optimasi SEO dan iklan BukaLapak yang efektif meningkatkan traffic, penjualan dan pertumbuhan bisnis rintisan. Tetapi dari sebuah artikel besaran investasi untuk mengerek ranking website BukaLapak menjadi peringkat < 15 besar di wilayah Indonesia dan < 1000 secara global mencapai USD $ 1 juta atau Rp 11,6 milyar (kurs USD $1 = Rp 11.600,-). [10] Hasilnya memang dapat di rasakan BukaLapak secara bertahap terjadi melalui strategi iklan selama 1,5 tahun kinerja website tumbuh 100 kali lipat dari Alexa Rank bahkan mampu menembus peringkat 10 besar dari semula peringkat 50-60 di kawasan Indonesia. IREP mendapatkan keuntungan bagi hasil bersama BukaLapak melalui fitur PUSH dan PREMIUM ACCOUNT pada perkembangan website sampai saat ini dari hasil kemitraan kerjasama yang telah di rintis ini.

GREE Ventures yang telah menyelesaikan pendanaan awal, kemudian memberikan press rilis pembukaan putaran kedua investasi yang ditujukan untuk pendanaan Seri A bagi usaha rintisan di Jepang dan Asia Tenggara dengan membawa total senilai total investasi sebesar USD $50 juta (± Rp 572 miliar) untuk seluruh usaha rintisan di bawah investasinya. Pendanaan putaran kedua yang diberikan GREE Ventures untuk putaran kedua ini bagi setiap startup bisa bernilai USD $1 juta (± Rp 11,6 miliar) sampai dengan USD $3 juta (± Rp 34,8 miliar) dengan kurs USD $1 = Rp 11.600,-. [11] Investasi putaran kedua ini lebih di arahkan dalam peningkatan loyalitas consumer Internet, layanan mobile, teknologi pemasaran dan sektor layanan berbasis cloud.

500 Startups melalui salah satu programnya 500 Durians jilid 1 melalui press rilisnya menyebutkan BukaLapak menjadi salah satu startup yang mendapatkan pendanaan awal bersama-sama dengan GRAB dan Carousell. Bila di lihat dari portofolio GRAB dan Carousell yang mendapatkan pendanaan ± USD $500 ribu (± Rp 5,8 miliar) pada putaran yang sama (seri A), maka kemungkinan besar nilai pendanaan yang masuk ke BukaLapak tidak jauh dari nilai tersebut. [12] Durian Jilid 1 pendanaan bisnis sifatnya berkelanjutan, jika berhasil benefit lain yang akan terasa adalah menambah dan memperluas networking bisnis. Di kawasan Asia Tenggara sendiri 500 Startups beberapa startup yang mulai dari "tahap benih" sudah mulai matang dan menerima pendanaan Seri A ke atas, biasanya dimulai dari nilai USD $50.000 sd USD $300.000 dengan tujuan sebagai akselerasi atau inkubasi bisnis. Tetapi pada BukaLapak lebih bertujuan mematangkan bisnis untuk mendapatkan pendanaan seri berikutnya yang lebih besar skala bisnisnya.

IMJ Investment Partners yang sekarang sudah berubah menjadi Spiral Ventures juga terlibat dalam meroketnya valuasi BukaLapak pada tahun 2014 ini. IMJ Investment Partners sendiri fokus menyediakan investasi, bantuan pengembangan produk, business support to Internet, mobile and software start-ups di Indonesia. Meski tidak di publikasikan tetapi dalam sebuah wawancara Yasuhiro Seo, General Manager IMJ Investment Partners mengatakan kecenderungan investasi dengan nominal yang "pas" di Asia Tenggara tidak bisa diartikan secara kaku, tetapi ia yakin kisaran USD $ 100.000 (atau sekitar ± Rp 1,2 miliar) hingga USD $ 500.000 (atau sekitar ± Rp 6 miliar) merupakan kisaran yang baik untuk diinvestasikan di startup tahap awal di negara berkembang seperti Filipina dan Indonesia. [13]
tampilan website bukalapak tahun 2014 update dan mobile version
Total investasi yang dapat dihimpun BukaLapak pada awal tahun 2014 ini mencapai ± USD $ 3 juta sampai dengan USD $ 3,5 juta (atau hampir ± Rp 40 Milyar) sangat membantu dalam akselerasi pertumbuhan BukaLapak. Salah satu pengembangan tahap selanjutnya untuk menjawab investasi yang masuk adalah melakukan peluncuran Aplikasi Mobile dan wajah/tampilan baru situs BukaLapak. Langkah pembaharuan ini merupakan bentuk jawaban dari permintaan akses BukaLapak dari perangkat ponsel android (mobile application) dan mengikuti perkembangan akses internet melalui aplikasi mobile. Setelah diluncurkan pertumbuhan pengakses melalui mobile application telah melampaui kunjungan melalui desktop. [14] Peningkatan juga dilakukan dengan tambahan fitur yang mengadopsi sistem keamanan transaksi jual beli melalui aplikasi dan desktop. Investasi yang masuk awal 2014 dianggap sebagai penyemangat dan pendorong tim melakukan akselerasi pertumbuhan secara SEO, trafik dan transaksi berhasil di BukaLapak.

Sampai akhir Oktober 2014 Valuasi BukaLapak bisa dikatakan telah mencapai nilai lebih dari Rp 120 Milyar bila di lihat dari kinerja dan beberapa Investor yang masuk membawa dana segar agar dapat melakukan akselerasi. Melihat bergairahnya kinerja BukaLapak, PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) tertarik untuk berinvestasi. Kemudian dilakukan kerjasama dan penyaluran dana melalui anak perusahaannya PT Kreatif Media Karya (KMK), yang juga merupakan pemilik portal Liputan6.com. Pada 6 November 2014 KMK berinvestasi di BukaLapak dengan menanamkan modal sebesar ± USD $ 2.5 juta (atau hampir ± Rp 29 Milyar kurs USD 1 = Rp 11.600,-) atau memiliki saham BukaLapak sebesar 19,68%. Suntikan dana ini membuat Valuasi BukaLapak di November 2014 mencapai nilai ± Rp 150 Milyar. Sebuah nilai yang besar buat usaha rintisan yang akan memasuki tahap baru setelah 4 tahun berdiri. [15]

2015
500 Startups melalui 500 Durian I mampu mengucurkan USD $ 20 Juta (atau hampir ± Rp 232 Milyar kurs USD 1 = Rp 11.600,-) untuk dibagi kepada Grab (> USD $ 10 Juta), Carousell (USD $ 6 Juta) dan sisanya dikucurkan ke BukaLapak, investasinya ini masuk dalam portofolio 500 Startups. [16] dan mereka tidak membayangkan jika perkembangan usaha rintisan di Asia Tenggara begitu cepat pada tahun itu hal inilah yang mendorong pendanaan ke tahap selanjutnya.
Jika melihat pendanaan seri B pada bulan Februari tahun 2015 yang bersamaan dengan injeksi Seed Round ke HIJUP (USD $ 50 ribu atau Rp 650 juta - kurs kurs USD 1 = Rp 12.600,-), kemungkinan besar investasi ini satu paket dengan BukaLapak sebesar ± USD $ 1 Juta atau hampir ± Rp 12,6 Milyar (kurs USD 1 = Rp 12.600,-). Investasi yang masuk di arahkan untuk membuat BukaLapak menjadi matang dengan AWS (Amazon Web Services), Softlayer, Google, Paypal, menyusun KPI (Key Performance Indicator), rekrutmen, pendampingan, publikasi dan menjalin hubungan dengan media. Tahap ini biasanya disebut Next Raise to Early Stage Venture yang akan dikirim ke sesi khusus yang memungkinkan mereka pitching untuk pendanaan berikutnya.

Investasi III pada 9 Januari 2015, PT KMK kembali berinvestasi di BukaLapak sebesar ± USD $ 9,7 Juta atau hampir ± Rp 123,69 Milyar (kurs USD 1 = Rp 12.750,-) dan investasi ini KMK mendapatkan 948.121 lembar saham baru, membuat kepemilikan di BukaLapak menjadi 42,74%. Investasi IV di bulan Agustus 2015, KMK menambah lagi kepemilikan sahamnya di Bukalapak sebesar 351.959 lembar saham, sehingga total kepemilikan PT KMK atas BukaLapak menjadi 49,00% dengan menambah sebesar ± USD $ 4 Juta atau hampir ± Rp 56 Milyar (kurs USD 1 = Rp 14.000,-). Investasi V pada bulan November 2015, PT KMK telah mengadakan perjanjian dengan BukaLapak untuk melakukan penambahan setoran modal sebesar ± USD $ 20 Juta atau hampir ± Rp 280 Milyar (kurs USD 1 = Rp 14.000,-). Sehingga total investasi KMK mencapai mencapai Rp 432,69 miliar. Valuasi BukaLapak pada akhir tahun 2015 sudah menjadi sekitar Rp 2,8 Triliun naik 20 kali lipat dari valuasi di tahun 2014 sebesar Rp 150 Miliar. [15]

Lalu untuk apa investasi masuk digunakan oleh BukaLapak? Dana yang masuk fokus digunakan untuk kepentingan internal dan pemasaran. Untuk internal di antaranya untuk perekrutan Sumberdaya Manusia (SDM) dan mengurus teknologi. Investasi di people menjadi suatu keharusan, merekrut lebih banyak talenta-talenta Indonesia supaya yang terlibat di industri ini maju. Sedangkan dari sisi pemasaran lebih banyak melakukan aktifitas marketing baik itu online maupun offline. Fokusnya untuk lebih mengenalkan Brand BukaLapak, juga untuk mengedukasi UKM mengenai kemudahan menggunakan layanan online. Selain itu kegiatan marketing yang dilakukan bukan hanya untuk iklan saja tetapi juga melalui kegiatan edukasi untuk menjangkau pasar lebih luas lagi, khususnya UKM di daerah-daerah agar UKM tersebut dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi melalui penjualan online.

Roadshow ke berbagai daerah untuk mengajak pedagang berjualan online dengan pendekatan melalui komunitas dan lebih personal, misalnya mengajak seller yang sudah sukses sehingga mereka terinspirasi untuk berjualan onlne. Dampak investasi BukaLapak mampu menyerap 160 ribu penjual (pelapak) masuk ke marketplace, sehingga pertumbuhan penjualan terdongkrak nail lebih dari 20 persen setiap bulan. Kemudian BukaLapak juga mempunyai program meningkatkan pengalaman konsumen saat berbelanja wujudnya adalah HARBOLNAS 2015 dengan melakukan program "The Biggest Deal in This Year" di mana akan diberikan Dobel Diskon hingga 80% + 12% + 12% kepada seluruh pembeli pada tanggal 10, 11 dan 12 Desember 2015 dengan menggunakan Voucher Diskon BL1212. Tidak hanya program tetapi juga menggandeng media untuk iklan TV khusus Harbolnas.
iklan harbolnas bukalapak 2015 fenomenal meningkatkan traffic
Dengan melakukan bombardir iklan sebelum harbolnas bertajuk "Bos BukaLapak Minta Maaf bersama Dian Katrok" saat itu begitu fenomenal mencuri perhatian masyarakat. Dampaknya video tersebut sudah ditonton lebih dari 1 juta kali, meski ingin mengesankan tak perlu iklan dengan menyewa talent terkenal dan budget minim sampai ke properti pendukung, tetapi kenyataan konsep yang di bawa begitu tertata dan inilah yang menyebabkan gelontoran investasi terserap banyak melalui iklan di TV dan media visual lainnya. Selain melalui kanal youtube, juga melakukan iklan yang serupa melalui media cetak. Personal Branding CEO sekaligus menarik keingintahuan masyarakat lebih serius juga, sampai bikin iklan TV khusus Harbolnas. Ini indikasi bagus buat brand BukaLapak untuk maju terus di pasar.

Dampak iklan mampu mendorong Kenaikan Trafik berlipat-lipat di website desktop dan juga aplikasi mobile. Di Play Store, aplikasi BukaLapak menjadi nomor satu di kategori shopping. Secara keseluruhan di peringkat ke-14 dalam satu kategori dan hal ini bagus sebagai sebuah pencapaian luar biasa untuk aplikasi e-commerce. Sedangkan di App Store, BukaLapak nomor dua secara nasional, di atasnya Line dan BBM. Ini indikasi babak awal menuju industri yang siap bersaing. Jumlah barang yang diperdagangkan naik signifikan 5,6 kali lipat dari 1,4 juta barang menjadi 7,5 juta barang pada akhir tahun 2015. Sementara jika dibandingkan dengan 2014, total nilai transaksi tahun 2015 tumbuh 7 kali lipat. Pendapatan rata-rata per penjual (pelapak) juga meningkat dua kali lipat dari 2014 ke 2015. [17]

2016
Tahun yang sangat berat buat BukaLapak setelah "Bakar Duit" di akhir tahun 2015 sampai dengan pertengahan 2016 karena harus bersaing dengan Tokopedia dan Shopee. Tokopedia masih mengantongi investasi dari Sequoia Capital (USD $ 100 juta) dan Amasia (USD $ 147 juta) pada akhir 2015 dan pertengahan 2016, sedangkan Shopee sebagai bagian dari Garena/Sea Ltd datang menantang membawa investasi dari Khazanah Nasional Berhard (USD $ 170 juta) serta konsep "Bakar Duit" dengan gratis ongkos kirimnya. Bahkan transaksi Shopee tercatat sampai akhir tahun 2016 mencapai USD $ 1,8 miliar dengan pertumbuhan 43% setiap bulannya dalam kurun waktu satu tahun dan pasar Indonesia menyumbang 40 persen terhadap kinerja Shopee sendiri. [18] Dari Laporan Keuangan EMTEK, Kepemilikan PT KMK adalah 2.127.130 lembar saham atau 49,08% kepemilikan BukaLapak, sesuai dengan Akta Notaris Chandra Lim,S.H.,LL.M No. 25 tanggal 20 Januari 2016.
Hal yang pertama dilakukan BukaLapak untuk menghadapi persaingan adalah memiliki kantor baru yang diresmikan pada 12 Januari 2016 dan berlokasi di Plaza City View, Kemang, Jakarta Selatan. Kantor yang disiapkan untuk membuat suasana nyaman pekerja dan pengunjung dan pengalaman belanja penuh interaksi antar manusia, layaknya sebuah pasar, namun di sisi lain tetap mengedepankan profesionalitas e-commerce berkelas dunia. Oleh karena itu kantor dilengkapi dengan ruang game, ruang rapat, ruang tengah, ruang olahraga, ruang kerja, dan masih banyak lagi. Sampai awal 2016 mampu menyerap lebih dari 250 pegawai dengan jumlah penjual lebih dari 500.000 di seluruh Indonesia dan dikunjungi lebih dari dua juta pengguna internet setiap harinya.

Jika menuruti perang "Bakar Duit" maka tidak akan ada habisnya, kemudian jika di baca strategi selanjutnya adalah melakukan investasi perekrutan talenta-talenta berbakat Indonesia untuk menggali potensi lain di luar pengeluaran untuk iklan dan promosi gila-gilaan. Ujung tombak tumbuh dan berkembangnya usaha terletak pada pekerja di dalamnya, oleh karena itu menyelenggarakan Programming Contest dan Rekrutmen Penemu Celah Keamanan (Hacker). Bisnis digital sangat mengandalkan kemampuan SDM di bidang IT yang mumpuni, sehingga melalui kontes BukaLapak bisa melakukan seleksi terbuka.

Selain itu BukaLapak sangat menghargai talenta yang berhasil menemukan celah dalam sistem dan hal ini sangat penting menjaga keamanan kepada seluruh pemakai serta perusahaan sendiri. Ganjaran yang diberikan kepada peretas adalah mendapat hadiah sebesar Rp 15 juta bagi mereka yang berhasil menemukan celah dan melaporkannya serta jika beruntung direkrut melalui seleksi. Selain itu sebagai bentuk CSR memberikan Beasiswa untuk mahasiswa Ilmu Komputer berprestasi melalui program Buka Beasiswa sekaligus menunjukkan keseriusan berperan serta dalam memajukan teknologi di Indonesia.

Fitur yang diluncurkan pada tahun 2016 adalah Fitur Buka Iklan yang merupakan hasil bekerja sama BukaLapak dengan Facebook. Lewat fitur ini pedagang bisa berlangganan untuk beriklan di Facebook Ads sehingga promosi akan muncul di BukaLapak dan iklan Facebook. Fitur ini diharapkan bisa meningkatkan product view dan exposure produk para pedagang, sehingga penjualan mereka juga diharapkan naik.

Lini bisnis selanjutnya adalah Cicil Barang tanpa Kartu Kredit dengan bekerjasama bersama Kredivo (salah satu investornya adalah 500 Startups). Setelah PT Emtek menanamkan modal di BlackBerry Messenger (BBM) maka bersama BukaLapak bekerjasama meluncurkan layanan BBM Shopping untuk konsumen lintas platform iOS dan Android di seluruh Indonesia. Tujuan BBM Shopping adalah belanja yang efisien, mobile friendly, dan didukung metode pembayaran aman sehingga dapat dilakukan sekaligus di aplikasi BBM. BukaLapak melakukan inovasi sampai akhir tahun. Tercatat transaksi Tembus Rp 350 Miliar selama Harbolnas 2016 Berkat Promosi "Sakit Jiwa" dan Fitur Nego Harga.

Bagi penjual juga dihadirkan program Pahlawan Ekonomi Kreatif hasil kolaborasi bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), yang termasuk ke dalam rangkaian kampanye Pahlawan Pelapak. Hasil yang dicapai adalah peningkatan jumlah penjual dari 450.000 menjadi lebih dari satu juta. [19] Kemudian untuk meningkatkan aset penjual, diluncurkan Buka Modal yaitu fitur pengajuan pinjaman modal usaha online dengan syarat sudah berjualan di BukaLapak selama minimal enam bulan, pengajuan mudah serta tanpa agunan. Rekanan Buka Modal adalah KoinWorks, Modalku, Investree dan Bank Mandiri.

Perubahan strategi dalam pengelolaan dana investasi dengan penggabungan pemasaran (iklan kreatif), SEO, perekrutan talenta terbaik, pengembangan fitur website dan aplikasi, pembinaan penjual (pelapak) dan komunitas ternyata berbuah hasil. BukaLapak mencatatkan nilai transaksi Rp 10 triliun di tahun 2016. Di mana transaksi harian sudah mencapai Rp 50 miliar. Dengan total karyawan saat ini mencapai 500 orang, pendapatan BukaLapak di 2016 naik 20 kali lipat. Peningkatan pageviews hingga 16 kali lipat yaitu 13,4 miliar dibandingkan dengan tahun 2015 sebanyak 800 juta. Ditunjang dengan 1,3 juta penjual yang bergabung dan berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru, serta aplikasi di Play Store sudah diunduh oleh 5 juta pengguna. BukaLapak sudah menjadi destinasi pasar online di Indonesia dengan member sebanyak 11,2 juta anggota. [20]

2017
Setelah penerapan strategi yang tepat sehingga kinerja moncer di tahun 2016, BukaLapak mulai banyak dilirik oleh investor misal dengan masuknya PT Bareksa melalui fitur pembelian reksadana secara online dan aman melalui Buka Reksa. Investasi reksa dana merupakan jenis investasi yang sedang didorong pemerintah, karena memiliki risiko relatif rendah bahkan nilai investasi terkecilnya cukup Rp 10.000,-, yang kemudian diikuti juga dengan kemunculan produk reksa dana syariah. BukaLapak sendiri bekerjasama dengan Mandiri Investasi dan CIMB Principal Asset Management sebagai manajer investasi.
Buka Mobil adalah platform online yang memberikan kesempatan kepada pengguna BukaLapak (baik penjual maupun pembeli) membeli mobil dengan cara cicilan ringan. Untuk penyedia supply mobil, BukaLapak menggandeng MobilKamu (investornya East Ventures) sebagai salah satu platform jual beli online mobil.

Fitur Pembelian Tiket Kereta Api dan Pesawat yang sumber informasinya menggunakan API dari perusahaan lain. Fitur sudah tersedia dalam layanan versi desktop dan aplikasi mobile. BukaLapak menawarkan sejumlah keunggulan pemesanan tiket pesawat melalui platformnya, pengguna bisa menggunakan saldo yang terdapat pada BukaDompet untuk melakukan transaksi sehingga lebih mudah dan aman, serta memberikan fasilitas refund yang prosesnya lebih cepat.

Fitur Buka Emas tujuannya yaitu berinvestasi emas dengan mudah di mana saja secara online. Emas atau logam mulia merupakan salah satu bentuk investasi yang likuid dan tidak mudah tergerus inflasi, sehingga menjadi salah satu alternatif investasi. Seluruh emas yang diperjualbelikan merupakan produk resmi dari PT Aneka Tambang dan terakreditasi oleh LBMA (London Bullion Market Association) sehingga aman dan terpercaya. Nilai transaksi emas (beli dan jual) nilainya mengikuti harga real time emas dunia.

Fitur BukaZakat memungkinkan pengguna untuk membayar zakat penghasilan dengan jumlah 2,5 persen dari pendapatan yang diterima setiap bulan. Fitur ini bekerja sama dengan lima instansi pengumpul zakat resmi, yaitu Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, NU Care Lazisnu, Baznas dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Metode pembayaran dengan transfer bank, pembayaran di Indomaret, Alfamart, Pos Indonesia atau dengan memotong saldo dompet virtual BukaDompet.

Dari situs e27.co didapatkan informasi masuknya investor baru seri C pada 17 November 2017 yang membuat BukaLapak menjadi Unicorn baru. Berapa dana yang mengalir supaya dapat menyandang status Unicorn ?

Jika total valuasi sebelumnya mencapai ± Rp 2.8 Trilyun maka dibutuhkan pendanaan sekitar ± USD $ 800 Juta atau hampir ± Rp 11 Trilyun (kurs USD 1 = Rp 13.800,-) agar valuasi aset tembus menjadi ± USD $ 1 Milyar. Lalu siapa investor yang di rahasiakan itu ?

Dari Laporan Keuangan EMTEK, PT KMK melakukan 2 kali setoran pendanaan ke BukaLapak yaitu pada 5 Januari 2017 dan 11 Agustus 2017. Kepemilikan PT KMK mencapai 2.307.880 lembar saham atau 49,15% kepemilikan BukaLapak, sesuai dengan Akta Notaris Chandra Lim,S.H.,LL.M No. 6 tanggal 5 Januari 2017. Tambahan Gelombang ke 1 tahun 2017 ini diperkirakan nilainya mencapai ± USD $ 2 Juta atau hampir ± Rp 27,5 Milyar (kurs USD 1 = Rp 13.800,-) meningkatkan valuasi BukaLapak mencapai ± USD $ 210 Juta atau hampir ± Rp 2,9 Trilyun.

Sebenarnya rumor Alibaba begitu getol mendekati BukaLapak sejak beberapa tahun yang lalu memang santer terdengar, hanya saja Suitmedia dan KMK Online belum memiliki kesepakatan mengenai konsep kerjasama. BukaLapak tidak ingin Alibaba menguasai pangsa pasar e-commerce di Indonesia, dengan menyuntikkan investasi ke seluruh e-commerce. Di sisi lain pada tahun 2017 Alibaba berhasil memimpin konsorsium investor ke Tokopedia dengan nilai total investasi sebesar USD $ 1,1 Milyar atau ± Rp 14,7 Triliun. [21].

Ditolaknya izin e-money milik Tokopedia (Tokocash) dan BukaLapak (BukaDompet) mungkin karena tekanan bisnis dan politik mendorong perlunya win-win solution. Tokopedia yang sudah mendapat investasi Alibaba menggandeng OVO dan BukaLapak melalui KMK Online menggandeng DANA. April 2017 EMTEK dan Ant Financial sebagai pemilik layanan pembayaran Alipay yang didukung Alibaba, mengumumkan pembentukan joint venture yang akan mengembangkan layanan pembayaran digital di Indonesia. Produk hasil kerjasama tersebut adalah DANA yang akan menjadi platform pembayaran BBM (yang juga telah mendapat investasi dari EMTEK). Lisensi e-money sendiri oleh EMTEK diperoleh setelah mengakuisisi PT Espay Debit Indonesia Koe (Espay) dan DOKU. [22]

Tak lebih dari 7 bulan sejak investasi Jilid I periode 2017, di duga PT KMK kembali menyuntikkan dana sebesar ± USD $ 3 Juta atau hampir ± Rp 41 Milyar sehingga kepemilikan saham meningkat menjadi 2.488.630 lembar saham atau 49,21% kepemilikan BukaLapak, sesuai dengan Akta Notaris Chandra Lim,S.H.,LL.M No. 20 tanggal 11 Agustus 2017. [23] Investasi ini dilakukan untuk menaikkan nilai saham BukaLapak karena Alibaba melalui ANT Finansial akan melakukan pendanaan lanjutan fitur DANA dengan bekerjasama dengan PT KMK dan BukaLapak. Maka sisa investasi yang diperlukan untuk pengembangan DANA sebagian di bebankan kepada ANT Finansial diperkirakan investasi yang masuk ke BukaLapak senilai ± USD $ 1,1 Milyar atau hampir ± Rp 15,8 Trilyun. [24] Inilah yang mendongkrak Valuasi BukaLapak menjadi lebih dari ± USD $ 1,3 Milyar atau ± Rp 18 Triliun dan masuk menjadi Unicorn Club (bersama Gojek, Traveloka dan Tokopedia) di Indonesia. Hingga akhir 2017, BukaLapak mengklaim memiliki 35 juta pengguna aktif bulanan di seluruh Indonesia atau sama dengan 30 persen netizen tanah air pernah melakukan kunjungan. Untuk jumlah penjual, BukaLapak mengklaim sudah mencapai 2,2 juta.

2018
Investasi di tahun sebelumnya memiliki dampak signifikan dengan terus melakukan pengembangan BukaLapak dengan penambahan berbagai fitur. Tahun 2018 bisa dikatakan sebagai tahun lahirnya banyak fitur di BukaLapak. Semua bisa terjadi karena keberhasilan investasi yang berfokus pada rekrutmen sumberdaya manusia terbaik yang berfokus pada Research and Development. Hal ini dibuktikan dengan pembukaan kantor riset dan pengembangan di Bandung. Tujuan ekspansi investasi SDM ini, pertama untuk mempelajari dan mengembangkan teknologi terkini, yang kemungkinan bakal diterapkan di platform BukaLapak di masa depan. Kedua, merupakan bentuk pemikiran jangka panjang perusahaan dengan meneliti teknologi terbaru seperti artificial intelligence, drone delivery, machine learning hingga blockchain. Ketiga, memiliki cita-cita menjadi usaha yang concern membangun pusat riset di Indonesia. Pusat riset ini fokus pada pengembangan software dan hardware, sekaligus mendorong munculnya talent yang merupakan kunci pendorong pengembangan bisnis digital.
Fitur BukaMall diluncurkan dan bekerja sama dengan penjual yang terverifikasi memiliki merek (brand) resmi dan menjual barang original. BukaMall yang ada di BukaLapak menampilkan barang terbaik dengan jaminan orisinil, kelengkapan dan ketersediaan stok barang yang tidak perlu diragukan kuantitas maupun kualitasnya. BukaMall membuka peluang bagi retail-retail offline untuk memperluas jangkauan pemasarannya, mempermudah para pengguna yang saat ini sudah mencapai lebih dari 50 juta untuk mendapatkan produk-produk orisinil dengan berbagai varian dari merek-merek ternama. Saat peluncuran resmi sudah ada lebih dari 500 brand resmi yang bergabung. Serbuan barang dengan brand impor di khawatirkan menekan UKM sehingga perlu mendukung brand lokal dapat tempat sendiri bersaing di sebuah wadah seperti mall digital.

Fitur Product Bundling, dilakukan dengan menggabungkan maksimal 4 jenis barang jualannya untuk dapat dibeli sekaligus ke dalam satu transaksi. Barang-barang dalam product bundling menawarkan harga lebih murah jika barang tersebut dibeli secara bersamaan dibandingkan membelinya secara terpisah.

Fitur Female Festival, promo satu bulan penuh untuk support perempuan-perempuan hebat. Tidak bisa dipungkiri jika wanita memegang porsi besar dalam pangsa pasar belanja online di Indonesia. Barang kebutuhan dan kebiasaan belanja wanita juga unik dengan prioritas pada barang-barang berkualitas dengan harga terjangkau serta gratis ongkos kirim.

Fitur Mitra BukaLapak (dulu Agen BukaLapak) memungkinkan penjualan aneka produk fisik dan virtual kepada masyarakat secara offline. Keunggulannya mudah dan untung karena penjual dapat belanja grosir untuk kebutuhan warung dengan harga murah dan pengiriman cepat. Pemilik warung juga dapat berjualan pulsa, token listrik, jadi agen pembayaran tagihan BPJS, PDAM, dan belanja semua produk yang ada di BukaLapak. Pengalaman belanja di warung Mitra Bukalapak lebih mudah karena bisa menggunakan uang tunai maupun dompet virtual lewat QR Code. Konsumen pun dapat menemukan warung Mitra terdekat melalui fitur Mitra Terdekat di aplikasi BukaLapak. Saat ini, sudah ada 350 ribu pemilik warung yang terdaftar menjadi Mitra BukaLapak di seluruh Indonesia.

Fitur Ambil Sendiri (Pickup Service), bertujuan membantu pembeli mendapatkan barang yang sudah dibelinya di tempat penjual (COD/Cash on Delivery), selain itu memudahkan penyampaian barang, khususnya barang yang pecah belah (fragile) atau memiliki harga cukup tinggi. Pembeli yang menggunakan fitur ini tetap harus mengirimkan uang pembelian ke rekening bersama yang disediakan BukaLapak. Opsi Ambil Sendiri ini bisa dipilih sebelum melakukan pembayaran dan dikenakan biaya kirim flat sebesar Rp 500 di semua daerah.

Fitur Buka Cicilan di aplikasi BukaLapak baik melalui Android maupun iOS serta desktop bertujuan memudahkan pengguna khususnya dari sisi pembeli, untuk mendapatkan barang dengan cara mencicil tanpa menggunakan kartu kredit. BukaLapak bekerjasama dengan AkuLaku (investor Ant Financial) dapat digunakan untuk membeli semua jenis barang tanpa maksimum harga asalkan sesuai dengan limit kredit yang diajukan. Limit kredit yang diberikan kepada pengguna pun cukup beragam mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 25 juta dengan penawaran bunga yang kompetitif mulai dari 1,5 % per bulan serta cicilan tersedia berbagai pilihan tenor mulai dari 1, 2, 3, 6 hingga 12 bulan. Keunggulan fitur ini tidak perlu membayar uang muka untuk pembelian barang dengan nominal dibawah dua ratus ribu rupiah serta tidak memerlukan kartu kredit untuk melakukan cicilan pembelian barang. Persyaratan yang diberikan kepada para pengguna Bukalapak pun mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan persetujuan. AkuLaku sebagai perusahaan teknologi penyedia kartu kredit virtual sendiri merupakan produk dari hasil pendanaan oleh ANT Finansial.

Fitur Pembeli Prioritas, pengguna membayar dengan nominal tertentu (Rp 50.000,-) sebagai bentuk berlangganan selama satu bulan, dimana akan menikmati keuntungan berupa diskon biaya kirim hingga 10x dalam sebulan. Komplain yang datang secara otomatis akan diprioritaskan karena memiliki label VIP.

Fitur Buka Iklan Shopping, merupakan pengembangan dari fitur Buka Iklan sebelumnya yang sudah bekerjasama dengan Facebook, kali ini ada penambahan kerjasama dengan Google Shopping. Melalui platform ini, produk penjual akan muncul saat pengguna internet mencari sebuah kategori produk di halaman pencarian Google. Budget penggunaan fitur ini mulai Rp 10.000 per hari sampai maksimal sesuai target pemasaran. Tujuan fitur ini adalah peningkatan potensi kunjungan sehingga mampu menumbuhkan jumlah atau nilai transaksinya.

Fitur Buka Nonton, BukaLapak mengumumkan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan berbagai konten hiburan seperti puluhan film dari berbagai genre dengan menggunakan streaming intranet sehingga pengguna bisa menikmatinya tanpa koneksi internet. Fitur ini menyediakan 20 ragam film pilihan dari berbagai genre, seperti Dilan 1990, Warkop DKI, Si Juki The Movie, dan lainnya. Selain film dan games, di dalamnya juga tersedia forum diskusi BukaTalks dan konten musik reguler BukaMusik.

Fitur Play Spin and Win Every Day, putar rodanya dan menangkan Credits-nya begitulah bunyi slogan fitur terbaru ini. Semakin sering main, semakin banyak Credits yang bisa didapatkan. Setiap pengguna memiliki 1 (satu) kali kesempatan setiap hari untuk main.

Fitur Serbu Seru, merupakan fitur yang akan menjual barang-barang bernilai tinggi seperti handphone, jam tangan, kendaraan, dan lainnya dengan beragam harga mulai dari Rp.1 atau lebih. Pengguna harus membeli dengan harga tersebut lalu menyelesaikan pembayarannya. Hanya terdapat beberapa penyerbu terpilih yang akan mendapatkan barang tersebut. Sedangkan bagi penyerbu meleset, dana yang telah dibayar akan dikembalikan ke Saldo BukaEmas, BukaDompet, Credits, atau Saldo Dana (tergantung metode pembayaran yang digunakan).

Fitur Seller Center, seller.bukalapak.com dapat diakses pertama hanya melalui desktop (belum tersedia di mobile web dan aplikasi). Semakin bertambahnya fitur dan lini bisnis, menyebabkan akses penjual untuk unggah barang menjadi berat, untuk mengakomodir layanan prima bagi penjual diluncurkanlah fitur ini.

Fitur Buka Bike, khusus untuk kawasan kampus ITB Bandung. Fitur penyewaan sepeda dengan memanfaatkan teknologi QR Code , nantinya bisa dinikmati dengan memanfaatkan aplikasi BukaLapak. Selain QR Code, BukaBike juga dilengkapi dngan smart lock, solar panel dan GPS.

Fitur Buka Motor, keunggulan yang di tawarkan tidak perlu repot pergi ke dealer untuk mencari motor yang diinginkan. Pengembangan fitur ini bekerja sama dengan rekanan PT Mobilkamu Group Indonesia. Dengan fitur ini, pembeli di BukaLapak dapat membeli motor secara kredit atau tunai dengan potongan harga/diskon dan bonus-bonus menarik lainnya. Pembeli dapat menggunakan fitur Buka Motor di aplikasi Desktop, Mobile Web, atau Mobile Apps BukaLapak. Buat fitur baru ini jangkauan wilayah yang sangat terbatas, uang muka ringan, uang muka aman dan bisa kembali 100%, tingkat persetujuan tinggi, cicilan fleksibel dan banyak bonus menarik

Fitur Buka Pengadaan, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan perusahaan yang tertarik membeli. Pengajuan pengadaan dilakukan dengan membuat daftar barang. Daftar barang yang kamu buat dikirimkan untuk selanjutnya dicarikan oleh tim Bukalapak. BukaLapak kemudian mengirimkan penawaran terhadap barang-barang terbaik yang direkomendasikan kepada calon pembeli.

Berbagai pengembangan fitur banyak berdampak pada kunjungan ke BukaLapak. Pada pekan pertama Ramadan 2018, terjadi peningkatan trafik sebesar dua kali lipat di platform BukaLapak jika dibandingkan Ramadan tahun 2017, ditandai dengan peningkatan aktivitas belanja saat sahur dan jam makan siang. BukaLapak mencatat prestasi baru setelah total transaksi atau gross merchandise value (GMV) tembus Rp 4 triliun per bulan, dengan lebih dari 50 juta pengguna aktif setiap bulan sekaligus menghubungkan lebih dari 3 juta penjual dengan pengguna. Interaksi tersebut menghasilkan hampir setengah juta transaksi per hari. BukaLapak semakin fokus mengkaji kemungkinan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO), sehingga sudah menyiapkan segala persyaratan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Salah satunya, adalah laporan keuangan selama tiga tahun terakhir yang disiapkan sejak 2017.

PT KMK dalam laporan keuangan menyebutkan kepemilikan saham meningkat menjadi 2.670.490 lembar saham tetapi jumlah persentase menurun menjadi 36,86% kepemilikan BukaLapak, sesuai dengan Akta Notaris Chandra Lim,S.H.,LL.M No. 23 tanggal 22 Juni 2018. [25] Kepemilikan ANT Financial di BukaLapak diperkirakan mencapai ± 10 persen. [26]

Government of Singapore Investment Corporation (GIC) adalah salah perusahaan investasi milik kementerian keuangan Singapura bersama dengan Temasek Holdings Pte melakukan dua investasi besar yang pertama pada Juni 2018 mengumumkan secara bersama sebagai Lead Investor Series C di Ant Financial dengan total pendanaan sebesar ± USD $ 14 Milyar atau hampir ± Rp 193 Trilyun. Dana itu digunakan untuk mempercepat rencana globalisasi Alipay dan berinvestasi dalam pengembangan teknologi layanan keuangan inklusif bagi konsumen serta implementasi bank mikro digital bagi konsumen yang tidak memiliki rekening bank secara global.

Kedua pada Oktober 2018 investasi pendanaan Seri E sebesar ± USD $ 300 Juta atau hampir ± Rp 4,14 Trilyun kepada Coinbase salah satu perusahaan asal Amerika Serikat penyedia dompet dan jasa pertukaran uang crypto (uang digital). Investasi di Coinbase bertujuan dalam mendukung pengembangan perusahaan perangkat lunak blockchain dan konsorsium perbankan global R3 (penyedia perangkat lunak perusahaan yang berfokus pada teknologi basis data terdistribusi). [27] Ant Financial inilah yang membawa GIC masuk berinvestasi dan menjalin kerjasama dengan BukaLapak. Kerjasama ditengarai bertujuan untuk pengembangan dan penyediaan fitur crypto atau blockchain karena di beberapa kesempatan Achmad Zaky secara tersirat mengungkapkan hal ini.

Lalu berapa nilai kerjasama antara GIC dan BukaLapak ? Jawabannya adalah mengambil sebagian saham yang telah diperoleh Ant Financial sebelumnya. Lalu bagaimana bentuk implementasi kerjasama antara BukaLapak dan GIC ?

Langkah yang dilakukan pertama setelah mendapat bekerjasama dengan GIC adalah mengakuisisi Prelo beserta CEO dan personilnya. Prelo adalah salah satu platform e-commerce penyedia barang bekas pakai yang menjalankan model bisnis C2C (consumer-to-consumer) serta mempunyai visi memerangi peredaran barang palsu. Fransiska Hadiwidjana (CEO Prelo) sendiri mengemban tugas baru sebagai Head of Business BukaLapak.

Langkah kedua BukaLapak telah membuka salah satu pusat riset dan pengembangan (R and D) untuk mengembangkan teknologi AI (artificial intelligence) dan blockchain di Bandung, Jawa Barat. Tujuan investasi ini adalah menjadikan BukaLapak sebagai e-commerce pertama yang akan mengadopsi teknologi AI dan blockchain di Indonesia, sekaligus di masa depan akan dapat mengembangkan teknologi Internet of Things (IoT) dan drone delivery. [28]

2019
Pada tanggal 17 Januari 2019, BukaLapak mengumumkan telah menerima investasi senilai ± USD $ 50 Juta atau hampir ± Rp 700 Milyar (kurs USD 1 = Rp 14.000,-) dengan lead investor adalah Mirae Asset - Naver Asia Growth Fund keduanya berasal dari Korea Selatan. Mirae Asset melalui Mirae Asset Global Investment merupakan perusahaan yang bergerak di sektor finansial yang juga memberikan pendanaan kepada Naver Corp untuk bergerak di bisnis internet yang juga induk perusahaan LINE. Mirae Asset - Naver juga bekerjasama mengembangkan platform perangkat lunak AI, yang akan diintegrasikan dalam mesin pencari. LINE sudah dimanfaatkan di dunia sebagai aplikasi berkirim pesanan, membaca berita, mendapatkan tumpangan taksi dan mencari pekerjaan paruh waktu. [24]
Investasi Seri D yang terakhir diterima BukaLapak digunakan fokus untuk tiga hal yaitu new retail, mengembangkan produk fintech dan memperkuat saluran pembayaran. BukaLapak tak hanya bermain di pasar online tetapi agresif melakukan penetrasi ke pasar offline dengan mendukung kios kecil atau perorangan untuk menjual rangkaian produk yang lebih luas melalui program Mitra BukaLapak.

Mitra BukaLapak telah berkolaborasi dengan lebih dari 500.000 kios dan 700.000 penjual individu di seluruh Indonesia. BukaLapak menginvestasikan Rp 1 triliun atau USD $ 71 juta untuk membawa kios tradisional ke tingkat berikutnya dengan program ini. Pemberdayaan kios selanjutnya didukung oleh kolaborasi dengan pemerintah melalui program pembiayaan Ultra Mikro (UMi), program kerja sama antara BukaLapak dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kerjasama ini memungkinkan pemilik kios mendapatkan pinjaman usaha hingga Rp 10 juta per kios, melalui fitur Buka Modal. Pinjaman melalui UMi dapat digunakan oleh para Mitra BukaLapak untuk pengembangan usaha mereka. Masyarakat diyakini akan dimudahkan dengan terhubungnya warung dan teknologi seperti kode QR dan layanan rekap laporan penjualan warung.

Awal tahun 2019 BukaLapak mengklaim jika Gross Merchandise Value (GMV) bulanannya telah mencapai Rp 4 triliun (± USD 270 juta) per bulan atau Annualized GMV mencapai Rp 48 triliun (± USD $ 3,2 Milyar). Inovasi-inovasi dari segi teknologi dan kampanye kreatif yang kami hadirkan tentu demi kenyamanan para pengguna. Dalam satu tahun terakhir transaksi kami tumbuh lebih dari 3 kali lipat dan mencapai lebih dari 12 juta kunjungan setiap harinya. [29] BukaLapak juga mengklaim telah merangkul lebih dari 4 juta penjual dan 50 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Investasi SDM BukaLapak juga mulai ditambah di wilayah Jawa Timur dengan melakukan ekspansi dengan meresmikan kantor Research and Development (R and D) keduanya di Surabaya. Beberapa inovasi kolaborasi BukaLapak dengan pemerintah setempat yakni adanya portal layanan publik online terintegrasi BukaJatim dan program Kampung Pemasaran Online Blitar. Hasil kolaboras itu merupakan wujud nyata dukungan untuk kesuksesan e-government Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sekarang BukaLapak telah memiliki lebih dari 1100 talenta teknologi terkmuka di Indonesia yang bekerja di berbagai peran untuk meneliti, menganalisis, merancang, berinovasi, mengembangkan dan menangkap peluang yang dibutuhkan oleh sektor pemerintah, industri, sosial, pasar dan masyarakat. Kisah proses pertumbuhan transformatif, meningkatnya harapan, dan perluasan serangkaian tanggung jawab yang penuh dengan tantangan, termasuk naik turunnya perkembangan dalam organisasi dan keputusan strategis yang kompleks.

Reference :
[1] https://id.techinasia.com/bukalapak-tumbuh-signifikan-sejak-2015
[2] https://en.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
[3] https://www.techinasia.com/bukalapak-investment-aucfan-500-startups
[4] https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20190116165940-37-50987/masuk-pasar-ri-investor-korea-ini-suntik-bukalapak-rp-700-m
[5] https://tirto.id/bedah-dompet-bukalapak-vs-tokopedia-9aH
[6] https://www.crunchbase.com/organization/bukalapak/investors/investors_list#section-investors
[7] https://www.techinasia.com/emtek-financial-report-hints-bukalapak-valuation
[8] https://e27.co/investor/gree-ventures
[9] https://dailysocial.id/post/layanan-marketplace-bukalapak-terima-pendanaan-300k-dari-perusahaan-e-commerce-jepang-aucfan-incar-ipo-di-masa-depan
[10] https://www.irep.co.jp/global/about-us/our-stories/igap/
[11] https://dailysocial.id/post/gree-ventures-umumkan-ketersediaan-dana-investasi-50-juta-untuk-startup-di-jepang-dan-asia-tenggara
[12] https://500.co/500-startups-durians-ii/
[13] https://id.techinasia.com/vc-imj-investment-partners-gebrakan-indonesia
[14] https://dailysocial.id/post/fokus-bertumbuh-di-mobile-bukalapak-luncurkan-aplikasi-mobile
[15] https://www.labana.id/view/emtek-suntikkan-dana-total-43269-miliar-rupiah-ke-bukalapak-com/2016/05/04/
[16] https://techcrunch.com/2016/10/04/500-startups-500-durians-50-million-fund/
[17] https://swa.co.id/swa/trends/technology/wow-nilai-transaksi-bukalapak-naik-7-kali-lipat
[18] https://dailysocial.id/post/shopee-40-persen-kontribusi-pertumbuhan-bisnis-berasal-dari-indonesia/
[19] https://www.liputan6.com/tekno/read/2690223/perjalanan-bukalapak-2016-kantor-baru-hingga-fitur-nego-harga
[20] https://swa.co.id/swa/trends/marketing/bukalapak-catatkan-nilai-transaksi-rp-10-triliun-di-2016
[21] https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170817201937-185-235487/tokopedia-dapat-suntikan-rp147-triliun-dari-alibaba
[22] https://dailysocial.id/post/emtek-dan-ant-financial-siapkan-dana-implementasi-alipay-di-indonesia
[23] http://www.emtek.co.id/files/uploads/report/file_en/2018/May/25/5b07f9e3c1772/annual-report-2017.pdf
[24] https://infografik.bisnis.com/read/20190118/547/880003/ini-sosok-investor-dibalik-bukalapak-dan-tokopedia
[25] http://www.emtek.co.id/files/uploads/report/file_en/2018/Oct/31/5bd98c0f535f8/emtek-financial-report-30-september-2018-unaudi.pdf
[26] http://fintechranking.com/2018/07/02/why-ant-financial-backed-dana-may-struggle-to-catch-up-with-other-indonesian-payments-apps/
[27] https://cointelegraph.com/news/report-singapores-wealth-fund-gic-among-those-to-raise-300-mln-for-coinbase-in-2018
[28] https://ekonomi.bisnis.com/read/20180110/105/725308/bukalapak-bangun-rd-untuk-ai-dan-blockchain-pertengahan-2018
[29] https://teknologi.bisnis.com/read/20190111/84/877667/bukalapak-hubungkan-warung-dengan-teknologi-digital.-alokasikan-dana-pemberdayaan-rp1-triliun

Incoming Search Term
investor bukalapak, investor bukalapak dan tokopedia, investor bukalapak 2019, investor bukalapak 2018, investor bukalapak 2017, investor bukalapak 2016, investor bukalapak 2015, investor bukalapak 2014, investor bukalapak 2013, investor bukalapak 2012, investor bukalapak 2011, investor bukalapak 2010, investor bukalapak marah, daftar investor bukalapak, investor di bukalapak, investor baru bukalapak, investor utama bukalapak, para investor bukalapak, bukalapak investor china, investor asing bukalapak, siapa saja investor bukalapak, bukalapak dapat investor, investor bukalapak, siapa investor bukalapak, investor terbesar bukalapak, fitur bukalapak, fitur bukalapak credits, fitur bukalapak ambil sendiri, fitur bukalapak kredit, fitur bukalapak terbaru, fitur dana bukalapak, bukalapak fitur beli credit dimatikan, bukalapak fitur nego, fitur push bukalapak, fitur nego bukalapak 2017, fitur nego bukalapak hilang, fitur cod bukalapak, fitur nego bukalapak penjual, fitur premium bukalapak, fitur peluang bukalapak, fitur chat bukalapak, fitur dropship bukalapak, fitur karyawan bukalapak, fitur cicilan bukalapak, fitur baru bukalapak, fitur komplain bukalapak, fitur agen bukalapak, fitur aplikasi bukalapak, fitur akulaku bukalapak, fitur baru bukalapak ambil sendiri, fitur tidak aktif bukalapak, fitur panggil admin bukalapak, fitur serbu bukalapak tidak aktif, fitur bukadompet bukalapak, fitur bukabantuan bukalapak, fitur bukaemas bukalapak, fitur berbayar bukalapak, fitur buka modal bukalapak, fitur buka cicilan bukalapak, fitur penggantian barang bukalapak, fitur quick buyer bukalapak, fitur hubungi bukalapak tidak bisa, fitur blokir bukalapak, fitur bukalapak.com, fitur credit bukalapak dimatikan, fitur chat bukalapak error, fitur cashback bukalapak, fitur bukacicilan bukalapak, fitur beli credit bukalapak, fitur baru cicilan bukalapak, cara aktifkan fitur chat bukalapak, cara menggunakan fitur cicilan bukalapak, fitur diskon bukalapak, fitur di bukalapak, fitur dalam bukalapak, fitur diskusi bukalapak, fitur bukaemas di bukalapak, fitur nego di bukalapak, fitur push di bukalapak, fitur buka dana bukalapak, fitur buka dompet bukalapak, fitur dana di bukalapak, fitur dropship di bukalapak, fitur bukareksa di bukalapak, fitur cicilan di bukalapak, fitur promosi di bukalapak, fitur cod di bukalapak, fitur peluang di bukalapak, fitur bayar ditempat bukalapak, fitur fitur bukalapak, fitur grosir bukalapak, fitur go send bukalapak, fitur pembayaran gabungan bukalapak, fitur hubungi bukalapak, fitur nego bukalapak hilang 2018, fitur nego di bukalapak hilang, fitur iklan bukalapak, fitur beli instan bukalapak, fitur jaminan bukalapak, fitur bukalapak, fitur beli credit bukalapak dimatikan, fitur nego bukalapak sampai kapan, fitur nego bukalapak, fitur promoted push bukalapak, fitur pre order bukalapak, fitur libur bukalapak, fitur langganan bukalapak, fitur toko libur bukalapak, kemudahan fitur layanan bukalapak, fitur mitra bukalapak, fitur menunggu bukalapak, cara kerja fitur nego bukalapak, mengaktifkan fitur nego bukalapak, cara aktifkan fitur nego bukalapak, cara menggunakan fitur nego bukalapak, cara pakai fitur nego bukalapak, fitur gratis ongkir bukalapak, fitur resi otomatis bukalapak, fitur free ongkir bukalapak, fitur chat otomatis bukalapak, fitur promosi bukalapak, fitur pembayaran bukalapak, fitur pada bukalapak, fitur pembatalan bukalapak, fitur push pada bukalapak, fitur buka pengiriman bukalapak, fitur kirim pesan bukalapak, fitur pembeli prioritas bukalapak, fitur tolak pesanan bukalapak, fitur retur bukalapak, fitur buka reksa bukalapak, fitur shake bukalapak, fitur serbu bukalapak, fitur seller bukalapak, fitur serbu seru bukalapak tidak aktif, fitur tambah saldo bukalapak, fitur pick up service bukalapak, fitur tutup toko bukalapak, fitur batalkan transaksi bukalapak, fitur kirim uang bukalapak, fitur badai uang bukalapak, fitur multiple upload bukalapak, fitur varian bukalapak, fitur spin & win bukalapak
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top