Etika Bisnis Online : Jujur, Komitmen dan Konsistensi Sikap

Etika Bisnis Online Jujur dan Konsistensi Sikap
Transaksi online antara penjual dengan calon pembeli atau langganan memiliki ciri khas yaitu tanpa bertemu langsung. Salah satu etika bisnis yang harus ditampilkan pedagang online agar pembeli merasa tidak membeli kucing dalam karung maka butuh iklan yang “JUJUR”.

Calon pembeli dan pelanggan diberikan informasi deskripsi produk yang detail, jelas dan sesuai kenyataan. Contoh iklan jujur mampu memberikan informasi jelas terkait kualitas barang, material barang, masa kadaluarsa, layanan purna jual, warna, motif, grade barang dan lain-lain.

Iklan ditampilkan dengan bahasa mudah dimengerti, tidak ambigu atau bermakna ganda, apalagi penggunaan pilihan kata yang terkesan hiberbola bombastis atau berlebihan menimbulkan ekspektasi terlalu tinggi terhadap suatu produk. Jika produk yang diterima pembeli tidak sesuai dengan deskripsi dan ekspektasi karena masalah bahasa hiperbola, maka bisa menjadi reaksi negatif dari pembeli kepada penjual online sendiri.

Kata-kata seperti jujur, komitmen, integritas dan etika dalam bekerja begitu mudah untuk diucapkan, tetapi begitu sulit dijalankan di dunia nyata karena tergantung dari pola pikir dan perilaku di lingkungan kerja. Kejujuran dapat dilihat dari komitmen dan konsistensi dalam perbuatan. Sebagai contoh :
  1. Jika ada pembeli membeli 2 barang dibayar bersama dengan 2 ongkos kirim padahal kenyataannya hanya membayar 1 ongkos kirim, sehingga kekelebihan ongkos kirim wajib dikembalikan karena bukan hak penjual.
  2. Gunakan gambar asli produk yang dijual, tidak mencuri atau mengambil hasil foto orang lain.
  3. Sebelum di kirim cek barang, jika ada cacat sampaikan kepada calon pembeli kondisi tersebut, jika pembeli tidak mempermasalahkan bisa langsung kirim sebaliknya jika tidak berkenan wajib tidak dikirim dan transaksi batal.
Konsistensi dalam bisnis merupakan hasil yang di dapat penjual online dari pengalaman dan kemampuan mengelola tantangan, risiko serta menemukan pemecahan masalah. Konsistensi dapat diartikan sebagai usaha terus menerus dalam melakukan rencana sampai tercapai tujuan akhir. Semua bisnis direncanakan, dimulai, dibangun dan dikelola dengan penuh pengorbanan untuk mencapai stabilitas dan pertumbuhan. Proses itu ada yang berjalan pelan juga berakslerasi dengan cepat, ada yang gagal, terseok-seok tetapi ada juga yang tanpa menduga meroket begitu cepat.

Etika bisnis yang menjunjung konsistensi bisa mengubah orang biasa dan bisnis online yang dijalankan menjadi luar biasa. Konsistensi karena telah melalui proses panjang dan mempelajari berbagai aspek sehingga mendorong ke arah keteraturan positif seperti cermat mengatur rencana dan waktu, mampu melihat peluang dan tantangan, mampu membuat keputusan yang berdasar data dan pertimbangan yang matang. Pengusaha online yang berskala kecil menghasilkan bisnis yang tumbuh memberi kemanfaatan pada banyak orang, serta pengembangan dan aktualisasi diri.

Kegagalan terjadi karena sejak awal tidak memiliki konsistensi dalam merancang dan menjalankan usaha. Berhenti di tengah jalan, putus asa serta frustasi tidak menemukan jalan keluar. Berbagai permasalahan yang muncul tidak mampu di atasi secara konsisten sehingga bisnis akan di bawa pada titik keterpurukan. Pengusaha online harus menyadari bahwa setiap bisnis akan banyak tantangan dan rintangan.

Komitmen menjunjung kejujuran merupakan etika yang harus dikembangkan karena tidak hanya memberi rasa tenang penjual online dalam menjalankan bisnis tetapi juga membuat pembeli merasa nyaman. Setelah menerima produk, konsumen yang puas akan merasa ekspektasinya tidak salah, tidak dibohongi dan tidak dirugikan. Kekecewaan pembeli bisa menjadi momok saat mereka menceritakan pengalaman negatif transaksi dengan toko online anda, jika calon pembeli lain percaya berarti reputasi anda sebagai penjual online dipertanyakan kredibilitas, kepercayaan dan kompetensinya. Jika konsumen sudah kecewa dan kapok, maka anda baru saja membiarkan salah satu pelanggan pergi dan tidak akan pernah balik lagi berbelanja di toko online anda.

Balik - Bertahan - Lihat Awal. Nikmati proses, waspada terhadap perubahan dan membangun jaringan jangan dilakukan secara terburu-buru. Analisa setiap eksekusi pilihan, saat mengambil tindakan jangan ragu untuk berhenti untuk mengulangi lagi dari pada dipaksa namun ujungnya adalah kegagalan. Jika ada masalah di tengah membangun bisnis temukan solusinya supaya tidak mengulang dari awal. Jika sudah ada di puncak jangan lupa hindari arogansi dan lupa diri bahwa proses itu semua dari bawah dan sadari bahwa roda bisa saja berputar, hari ini sukses tapi besok bisa saja jatuh dalam kebangkrutan.

Oleh karena itu bagi pengusaha online, komitmen sangat penting karena secara sadar hadir selalu dalam setiap proses mulai penetapan rancangan sejak awal sampai memiliki proyeksi bagaimana bisnis ke depan dijalankan dan dikembangkan karena memiliki target dan tujuan. Jika sudah memulai jangan lari dari komitmen awal karena akan menyebabkan anda menjadi pecundang dalam bisnis.

Incoming Search Term
arti kejujuran dalam usaha, bisnis jujur, cara konsisten dalam bisnis, contoh sikap jujur dalam bisnis, etika bisnis jujur, jujur bisnis, jujur dalam bisnis, jujur dalam etika bisnis, kejujuran dalam usaha, kejujuran usaha, komitmen dalam usaha, komitmen dalam usaha adalah, komitmen dan izin usaha, komitmen izin usaha, komitmen izin usaha industri, komitmen izin usaha, komitmen izin usaha sektoral, komitmen mitra usaha, komitmen pengembangan usaha di indonesia, komitmen usaha, komitmen usaha adalah, kompetensi absolut hukum online, kompetensi online, kompetensi relatif hukumonline, kompetensi ukg online, konsisten bisnis, konsisten bisnis nasa, konsisten dalam bisnis, konsistensi bisnis, konsistensi bisnis, konsistensi dalam bisnis, kredibilitas bisnis, kredibilitas bisnis adalah, kredibilitas dalam komunikasi bisnis, kredibilitas dan citra bisnis, kredibilitas untuk bisnis, latihan uji kompetensi guru online, manfaat jujur dalam bisnis, motivasi dan komitmen menjalankan usaha, pemetaan kompetensi online, pemetaan kompetensi online gpai, pendaftaran online kompetisi sains madrasah, pengertian kredibilitas bisnis, pentingnya konsistensi dalam bisnis, registrasi online kompetensi ners, sertifikat kompetensi apoteker online, sertifikat kompetensi dokter online, soal uji kompetensi perawat online, tes kompetensi bidang online, tes kompetensi online, tes online kompetensi dasar, tes seleksi kompetensi dasar online, test kompetensi dasar online, uji coba kompetensi guru online, uji kompetensi bidan online, uji kompetensi komputer online, uji kompetensi online, uji kompetensi online 2015, uji kompetensi online guru, uji kompetensi perawat online, ujian kompetensi online, usaha dan kejujuran, usaha dan komitmen, usaha komitmen, usaha malaysia menunjukkan komitmen dalam pbb, usaha memperjuangkan kejujuran, usaha meningkatkan komitmen komuniti dalam aktiviti sukan
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top