Semangat Pagi Tinggi Tapi Telat Jemput Rezeki Momok Bisnis Online

Renungan Bisnis Online Semangat Pagi Tinggi Tapi Telat Jemput Rezeki Momok Bisnis Online
Sebuah Renungan Bisnis Online - Ekspektasi seorang pedagang atau pengusaha online ingin selalu mengobarkan semangat pagi yang tinggi agar dapat menciptakan lingkungan yang dipenuhi aura positif (positive vibes). Pastilah selalu ingin dalam sehari berjalan semangatnya selalu fresh sama seperti saat bangun di pagi hari. Tetapi tidak semudah dibayangkan terkadang pagi hari juga menjadi tantangan karena bisa saja muncul berbagai faktor yang menyebabkan mood positif berubah menjadi negatif. Sudah semangat tinggi tapi telat jemput jadinya rezeki kabur karena banyak faktor yang tak bisa di atur (manage) dengan baik.

Lalu faktor apa saja yang membuat telat jemput rezeki ?

1. Malas
Kesuksesan tidak akan datang kepada orang pemalas, tetapi saat bekerja semua orang pasti pernah tiba-tiba rasa malas datang akibat rutinitas kerja. Rasa malas terjadi dominan karena suka menunda-nunda pekerjaan. Hal ini sangat tidak baik bagi pengelolaan dan kinerja bisnis online karena malas akan menurunkan tingkat produktivitas. Malas dan Sukses itu seperti hal yang bertolak belakang, karena sukses datang kepada orang yang memiliki visi maju dan melakukan banyak hal yang tidak dikerjakan orang malas, ingin sukses dan kaya tetapi malas tidak mau berusaha akhirnya rezeki pergi entah kemana tak kembali.

Solusi :
Jawabannya adalah anda harus PAKSA. Paksa dirimu untuk menyelesaikan pekerjaan jangan ditunda-tunda, Just do it! Lakukan sekarang sesegera mungkin, jangan banyak alasan. Sebab untuk mendapatkan sesuatu atau mencapai target tertentu membutuhkan usaha dan pengorbanan (waktu, tenaga dan pikiran).

2. Mengantuk dan Lelah
Menjadi faktor selanjutnya yang menyebabkan penurunan kinerja pedagang atau pebisnis online dalam menjemput rezeki. Berikut beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kelelahan dan mengantuk, sekaligus tips mengatasinya :

Aktivitas dengan Layar Gadget (Ponsel, Laptop, PC dll) Membuat Mata Lelah.
Solusi :
Mencegah kantuk dan lelah dapat melalui cara mengistirahatkan mata dalam jangka waktu setiap 15 atau 20 menit kemudian mengalihkan pandangan, mengurangi kecerahan, memperbesar ukuran huruf (font), mengatur jarak, tidak memakai pada area kurang cahaya, kompres mata atau cuci muka secara berkala, gunakan kacamata anti silau dan jangan lupa berkedip.

Order Tiba-Tiba Datang Dalam Jumlah Besar.
Solusi :
Jika tidak dapat menyelesaikan sendiri ada baiknya anda menggaet pekerja harian untuk membantu, karena tenaga ada batasnya daripada terkena penyakit akibat kelelahan. Selain membagi rezeki kepada orang lain tentunya konsentrasi bisa di bagi untuk menyelesaikan dan menyiapkan perkerjaan lain. Kelelahan tidak akan sebanding jika lelah dan jatuh sakit, selain rugi biaya berobat malah rugi mengejar peluang yang bisa menjadi masukan pendapatan.

Stres dan Beban Pikiran.
Stres atau depresi saat memikirkan banyak hal dalam bisnis online dapat menyebabkan terkurasnya daya tahan fisik dan emosi, tentu hal ini akan berdampak pada menurunnya kinerja tubuh. Kegagalan dan hambatan menyelesaikan masalah mendorong munculnya kemarahan dan rasa frustasi, ini merupakan titik awal dari stres. Beban pikiran terjadi karena banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan atau membutuhkan banyak energi untuk menyelesaikan.
Solusi :
  • Hari sebelumnya atau sebelum tidur coba kontemplasi mencari solusi.
  • Akan tetapi jika hari sebelumnya belum menemukan solusi buat daftar urutan kapan dan bagaimana caranya menyelesaikan masalah tersebut melalui skala prioritas.
  • Terkadang kita tidak bisa menyelesaikan sendiri masalah, oleh karena itu berdiskusi dengan orang lain menjadi alternatif mencari pemecahan masalah dan mengurangi beban pikiran.
Kurang Istirahat atau Gangguan Tidur.
Kurang istirahat dapat menyebabkan kelelahan dan menurunnya konsentrasi. Tentunya hal ini menjadi hambatan untuk beraktivitas dan berpikir secara jernih, yang berakibat inefisiensi dan inefektivitas kerja alhasil menguras energi sehingga tubuh menjadi lelah.
Solusi :
  • Tetapkan pola (jadwal) tidur yang rutin, hindari begadang dan aktivitas tidak perlu membuat kondisi tubuh menurun.
  • Terapkan olahraga rutin agar pola hidup sehat dan istirahat menjadi teratur juga.
3. Gangguan Sisi Psikologis/Mental
Rezeki gagal dijemput di pagi hari bisa terjadi karena gangguan yang datang dari faktor psikologis/mental. Beberapa masalah yang ditimbulkan karena gangguan psikologis dalam mengelola bisnis online antara lain :

Marah (Emosi)
Bila pekerjaan dilakukan dengan penuh beban kemarahan (emosi) maka dapat mengganggu keseluruhan hari kerja dari pagi sampai selesai. Kemarahan (emosi) yang biasanya tidak terkontrol dapat menghasilkan tindakan atau sikap yang negatif. Emosi negatif membuat pekerjaan tidak optimal dan berpengaruh pada tingkat produktivitas, efisiensi, efektivitas, profitabilitas, semangat kerja, tingkat pelayanan, kerjasama tim kerja, daya tahan tubuh (energi) dan ujungnya adalah target bisnis online yang meleset. Manajemen pengendalian emosi diperlukan agar kembali ke kinerja bisnis yang optimal.
Solusi :
  • Tenangkan Pikiran. Caranya dengan rekreasi/liburan seperti jalan-jalan, wisata, nonton konser atau film, bahkan perlu di coba olahraga relaksasi (meditasi/yoga).
  • Jangan Lawan Marah dengan Marah. Jika setiap masalah di hadapi dengan emosi maka yakinlah solusi yang tidak ditemui tetapi malah timbul masalah baru. Mindset itulah yang harus terus anda ingat dan bangun.
  • Lakukan Hobi yang Membuat Happy. Jika dengan melukis, menari, bernyanyi, mengajak jalan hewan peliharaan membuat anda bahagia (happy) maka lakukanlah agar emosi anda mereda.
  • Tersenyumlah. Meski emosi meninggi tersenyumlah supaya tenang, karena dengan senyum belajar menerima keadaan dan bisa menghadapi tekanan emosi dengan penuh perhitungan.
Frustasi
Bisnis online sering menghadapi masalah yang penuh dengan tantangan dapat membuat tekanan pada mental yang berujung pada rasa frustasi. Frustasi bisa membuat pagi hari menjadi beban dalam sehari.
Solusi :
  • Ubah Mindset. Kondisi tekanan yang menyebabkan frustasi tetapi jika mengubah dengan pola pikir positif maka akan menemukan kreativitas. Kreativitas mendorong perbaikan kinerjakarena didalamnya terdapat proses belajar membaca situasi, berpikir, menganalisa dan menemukan solusi.
  • Rileks. Saat situasi sudah mentok anda dapat mencoba berendam di bak atau kolam hangat yang membuat seluruh urat syaraf menjadi rileks.
Murung/Sedih
Bisnis online yang sering menghadapi masalah dan tekanan bisa membuat seseorang mengalami tekanan sehingga menyebabkan muncul perasaan murung/sedih. Kesedihan yang teramat dalam bisa membuat seseorang tidak bisa berkonsentrasi dengan bisnis yang dijalankan, butuh upaya kuat agar kesedihan tidak berlarut-larut.
Solusi :
  • Kamu Bukan Yang Paling Menderita. Perasaan yang terlalu sensitif bisa memunculkan perasaan paling menderita dan tidak bahagia hidup di dunia ini. Jika perasaan itu muncul cobalah jalan-jalan di sekitar kamu (red : "wang sinawang") apakah kamu benar-benar paling menderita atau tidak bahagia ? Hidup memang penuh perjuangan dan semua orang berlomba-lomba mencari dan menemukan kebahagiaannya. Bahkan tak sedikit untuk mencapai kebahagiaan orang di luar anda harus berjuang lebih berat dari anda dan ambil positifnya bahwa anda lebih beruntung daripada yang lainnya, karena di dunia semua sekolah kehidupan.
  • Bahagia Itu Kamu Yang Ciptakan. Mengeluh selama menjalankan bisnis online itu wajar karena sifatnya manusiawi, tapi saat kamu merasa yang kamu lakukan tidak membuat bahagia maka coba bangun kekuatan pikiran/mindset positif. Percaya atau tidak jika membangun mindset positif maka hati menjadi bahagia. Kebahagiaan sejati yang anda ciptakan adalah obat paling manjur dari segala kesedihan dan penyakit psikologis. Cintai pekerjaan dan hasil kerjamu, belajarlah dengan penuh kebahagiaan supaya bisa belajar ke tahap selanjutnya yaitu rasa syukur dan ikhlas.
4. Musibah
Bisnis apapun termasuk online, menghadapi risiko dan ketidakpastian salah satu yang dihadapi adalah faktor musibah yang berasal dari internal dan eksternal. Coba bayangkan beberapa kasus ini :
  • Mau produksi tiba-tiba bahan baku habis.
  • Mau produksi tiba-tiba listrik mati.
  • Mau ambil uang di ATM tiba-tiba jaringan offline.
  • Mau upload produk/balas pertanyaan calon buyer tiba-tiba koneksi internet mati.
  • Mau ambil barang di supplier ternyata stok habis.
  • Pembeli order warna biru, yang tersedia warna hitam.
  • Pembeli order motif A, yang tersedia motif B.
Itulah beberapa lika-liku yang bisa saja dihadapi dalam bisnis online ada yang bisa dan sebaliknya ada yang tidak bisa dikendalikan. Ketika panik datang maka yang terjadi adalah ketidaksiapan atau gagap membaca situasi, tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dari musibah yang tidak diduga/diprediksi sebelumnya. Oleh karena itu butuh banyak informasi, sumberdaya dan ketenangan dalam mengelola dampak dari musibah yang dialami.

Solusi :
  • Sigap dan Siap Alternatif Solusi. Selalu siap menerima musibah, kemudian sigap menghadapi dan tidak lari dari masalah meskipun yang dihadapi berat dan kenyataannya buruk bagi bisnis, tetap berdoa dan tenang karena optimis semua bisa dilalui. Misal listrik tiba-tiba mati maka demi kelancaran bisnis online anda harus punya alternatif suplai daya listrik seperti dari powerbank, genset atau memiliki instalasi listrik tenaga surya. Jika koneksi internet fiber optic mati maka cobalah berlangganan paket internet sehari yang biasanya di miliki beberapa provider.
  • Manajemen Stok. Anda bisa menginstall software manajemen stok di laptop atau PC jika memang jumlah barang yang harus diinventory banyak. Aplikasi manajemen stok di Playstore atau App Store sudah banyak ditawarkan. Bahkan software manajemen stok berbasis cloud juga sudah banyak ditawarkan. Tujuan manajemen stok melalui software atau aplikasi adalah untuk mendapatkan informasi akurat mengenai jumlah persediaan barang baku dan barang hasil produksi serta mengatur waktu pemesanan ulang untuk setiap produk bahan baku dan menghindari terjadinya kehabisan stok. Bahkan output dari manajemen stok juga dilengkapi informasi laporan keuangan terintegrasi (arus masuk keluar, laporan rugi laba, laporan utang dan piutang serta output lainnya).
Footnote :
  • Rezeki bisa dijemput jika berhasil menekan risiko dan ketidakpastian.
  • Rezeki bisa dijemput jika selalu bersiap siaga menerima atau menghadapi kenyataan terburuk, meski selalu berdoa dan berharap dapat hasil yang terbaik yaitu benefit dan keuntungan sebesar-besarnya.
  • Rezeki bisa dijemput jika mengambil keputusan dengan tenang dan dilandasi dengan data informasi kegiatan bisnis (memahami pola dan perilaku masalah sekaligus akibatnya.
  • Rezeki bisa dijemput jika memiliki keteguhan hati, tidak pantang menyerah, improvisasi dan penuh ide kreatifitas.
Incoming Search Term
kata kata motivasi belajar singkat, ucapan selamat pagi romantis, ucapan selamat pagi lucu, kumpulan ucapan selamat pagi, inspirasi pagi singkat, cara mengatasi malas belajar pada diri sendiri, mudah lelah dan pusing, cepat lelah gejala apa, mudah lelah dan sesak nafas, tata cara belanja online, cara membalas chat online shop, belanja gadget online, cara mengatasi stress kerja, cara mengatasi stres, anxiety disorder adalah, gejala stress, mengatasi depresi, akibat stress, tiba tiba sedih dan menangis, mengatasi depresi berkepanjangan, jenuh bekerja ingin usaha, bahagia itu sederhana, kebahagiaan sejati, bisnis online terbaru, bisnis modal kecil online, bisnis modal kecil untuk mahasiswa, manajemen risiko, pemetaan peluang usaha, pengertian manajemen risiko, cara penyusunan barang di gudang, cara menghitung stok barang toko, sistem pergudangan modern, cara penyusunan barang di gudang, aplikasi stok barang android, aplikasi stok barang excel gratis, aplikasi stok barang sederhana, aplikasi kasir, aplikasi penjualan android, warehouse management system indonesia, software penjualan online, aplikasi penjualan gratis full version, renungan bisnis online, renungan bisnis online, renungan harian kristen bisnis, renungan tentang bisnis, renungan kristen tentang bisnis, renungan untuk bisnis, kajian bisnis online, kajian teori bisnis online, semangat pagi, semangat pagi quote, semangat pagi lucu, semangat pagi bahasa inggris, semangat pagi islami, semangat pagi indonesia tvri, semangat pagi bahasa jawa, semangat pagi salshabilla, semangat pagi hari, semangat pagi ran, semangat pagi lirik, semangat pagi gen fm, semangat pagi senin, semangat pagi kristen, semangat pagi story wa, semangat pagi sayang, semangat pagi in english, semangat pagi islam, semangat pagi motivasi, semangat pagi sahabat, semangat pagi gif, semangat pagi adalah, semangat pagi anak muda, semangat pagi artinya, semangat pagi ayat alkitab, semangat pagi ahad, semangat pagi alkitab, semangat pagi aktifitas, kata semangat awal pagi, ayat semangat pagi, ayat semangat pagi hari, semangat aktivitas pagi, selamat pagi bahasa arab, doa semangat pagi arab, semangat pagi bahasa arabnya, semangat pagi karena allah, lagu semangat pagi anak, semangat pagi dalam bahasa arab, assalamualaikum semangat pagi, arti semangat pagi, animasi semangat pagi, semangat pagi buat kekasih, semangat pagi buat pacar, semangat pagi bahasa jepang, semangat pagi bahasa sunda, semangat pagi bahasa korea, semangat pagi bahasa inggris dan artinya, semangat pagi bekerja, semangat pagi bijak, semangat pagi bhs inggris, semangat pagi buat gebetan, semangat pagi buat sahabat, semangat pagi bhs inggrisnya, semangat pagi bisnis, semangat pagi bersyukur, semangat pagi berkah, semangat pagi beraktivitas, semangat pagi cinta, semangat pagi cantik, semangat pagi chord, semangat pagi caption, semangat pagi.com, semangat pagi ceria, semangat pagi cintaku, semangat pagi cari rezeki, kata semangat pagi cinta, semangat pagi yang cerah, puisi semangat pagi cinta, semangat pagi untuk calon suami, cerita semangat pagi, caption semangat pagi bahasa inggris, caption semangat pagi hari, caption semangat pagi buat pacar, cara semangat pagi, capt semangat pagi, cara semangat pagi hari, cerpen semangat pagi, semangat pagi dalam bahasa inggris, semangat pagi dalam islam, semangat pagi dengan secangkir kopi, semangat pagi di hari jumat, semangat pagi dihari senin, semangat pagi dunia, semangat pagi di hari minggu, semangat pagi dalam bahasa korea, semangat pagi dalam bahasa jepang, semangat pagi dengan kopi, semangat pagi dan doa, semangat pagi dlm bhs inggris, semangat pagi dp, semangat pagi dengan senyuman, semangat pagi di hari kamis, semangat pagi dengan segelas kopi, semangat pagi dalam bahasa jawa, semangat pagi di akhir pekan, semangat pagi dp bbm, semangat pagi english, semangat pagi ello, kata semangat pagi english, ello semangat pagi, ucapan semangat pagi in english, semangat embun pagi
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top