Trik Jitu Banjir Repeat Order Pelanggan Bisnis Online

Trik Jitu Banjir Repeat Order Pelanggan Bisnis Online
Omzet bisnis online akan menjadi semakin besar jika mampu mendatangkan pembeli baru dan menambah pembelian berulang-ulang (repeat order) dari pelanggan lama dari waktu ke waktu. Kemampuan toko online membuat transaksi repeat order menunjukkan bahwa bisnis dijalankan dengan baik (profesional) dan mampu membuat kesan positif di mata pelanggan.

Bisnis online yang baru berdiri dan yang sudah eksis memang memiliki tantangan untuk meraih kepercayaan dari pembeli. Bisnis online yang baru berdiri harus mampu meyakinkan pembeli pertama dan awal agar mereka memiliki kepercayaan terhadap produk yang dijual, kemudian memberitahukan kepada orang lain pengalaman berbelanjanya di toko virtual kita melalui review atau feedback. Begitupula dengan toko online yang sudah eksis harus menerapkan berbagai strategi pemasaran agar pembeli melirik kembali barang jualan kita ataupun merekomendasikan pembeli baru transaksi di toko online kita. Kemudian di lain hari berbelanja lagi di toko online yang kita kelola untuk melakukan pembelian kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.

Quote :
  • Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru lebih banyak daripada mempertahankan pelanggan yang setia.
  • Mempertahankan pelanggan yang ada dan menjadikannya loyal terhadap bisnis lebih berharga daripada mencari pelanggan baru.

Toko Online akan memikirkan berbagai strategi agar pelanggan repeat order dan anda akan kebanjiran order. Fokus strategi dan pendekatan yang dilakukan penjual adalah mendorong loyalitas agar memberi produk lain yang dijual atau menyarankan orang lain membeli produk yang sama dari sudut pandang review dan pengalaman pelanggan. Repeat order merupakan tolok ukur keberhasilan strategi pemasaran dan pelayanan transaksi online yang mampu meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan (customer experience). Dimana hal ini mempengaruhi kesadaran (awareness), kepercayaan (loyalitas) dan kenyamanan (convenience) saat bertransaksi dengan toko anda dan ini penting buat membangun basis pelanggan.

Kesadaran (awareness) pelanggan akan produk yang dibeli akan mempengaruhi keputusan pembelian dan menjadi pelanggan. Kepercayaan (loyalitas) pelanggan penting untuk membangun pemasukan bisnis jangka panjang sekaligus menjaga hubungan saling menguntungkan dan membutuhkan. Kenyamanan (convenience) pelanggan hanya bisa diciptakan oleh pedagang online melalui berbagai perlakuan (treatment), tanggapan yang baik dari pelanggan akan membuat bisnis berkembang oleh karena itu harus siap dan berlapang dada dengan berbagai macam masukan (saran dan kritik) karena mengedepankan jiwa pelayanan dan mementingkan kepuasan pelanggan. Agar mendapatkan banjir dan repeat order dari pelanggan bisnis online anda, berikut akan diuraikan beberapa strategi trik jitu yang bisa dilakukan :
1. Pelayanan Prioritas Terbaik
Kepuasan pelanggan dalam bisnis online harus menjadi salah satu prioritas mengelola customer. Status Very Important Person (VIP) sebagai bentuk penghargaan loyalitas pelanggan, memberi perbedaan level daripada calon pembeli atau pembeli pertama tentu harapannya akan membuat merasa senang dianggap spesial. Hal yang dapat anda lakukan untuk memberikan pelayanan prioritas bagi pelanggan antara lain :
  • Layanan customer service khusus (pelanggan punya akses khusus dibandingkan dengan calon pembeli baru) seperti hotline atau nomor handphone khusus pelanggan.
  • Tawarkan akses khusus informasi update terbaru stok produk, jika bersedia anda sebagai penjual bisa membagi katalog khusus informasi produk terbaru.
  • Tawarkan Program Keanggotaan (Membership), yang memberikan berbagai macam benefit yang berbeda daripada calon pembeli atau pembeli pertama.
Layanan konsumen sebenarnya tidak memandang calon pembeli, pembeli pertama atau langganan karena memang menjadi kewajiban penjual. Namun status pelanggan prioritas memberikan dampak berbeda dari sisi konsumen karena menjadi lebih dihargai dan gengsi (prestige).

2. Tawaran, Hadiah dan Reward Menarik
Strategi selanjutnya untuk mempertahankan kesetian pelanggan dan memberikan daya tarik adalah melalui pemberian tawaran, hadiah dan reward sebagai bentuk penghargaan atau rasa terima kasih. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan pengusaha online dalam menarik pelanggan, semakin besar nilai reward maka daya tarik strategi juga semakin tinggi di mata pelanggan. Berikut berbagai cara untuk meningkatkan daya tarik toko online anda melalui reward :
  • Potongan Harga (diskon). Pelanggan yang akan melakukan pembelian kedua dan seterusnya, dapat diberikan potongan harga misal 10% dari nilai pembelian pertama.
  • Harga Grosir. Pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak dapat diberikan harga grosir yang menarik dan berbeda daripada harga grosir pembelian pertama.
  • Merchandise. Tidak ada salahnya memberikan barang kepada pelanggan setia seperti baju, kaos, topi, kalender, gantungan kunci, jam dinding, payung, buku, cangkir, gelas, barang elektronik, dll jika mencapai target pembelian dalam jangka waktu tertentu.

3. Packing Aman dan Menarik
Pengemasan barang orderan harus dibuat sedemikian rupa memenuhi standar tahan TGGB (tekanan, goncangan, getaran dan benturan), label yang jelas, tahan dalam kelembaban dan tidak mudah hancur juka terkena air. Perlengkapan seperti kardus, gabus (styrofoam), bubble wrap, plastik tebal (mika, PVC, tabung dll), triplek dan juga kayu. Kemasan juga dapat dipercantik dengan unsur artistik seperti penggunaan kertas kado motif atau plastik sablon motif. Semua harus menjadi pertimbangan dan perhitungan matang disesuaikan dengan material produk. Penjual yang mampu membuat aman paket kiriman mengurangi keluhan pelanggan karena masalah pengemasan yang tidak memadahi dan menambah kredibilitas.

4. Menjaga Kualitas Produk
Menjaga ekspektasi kualitas produk yang dijual sesuai dengan ekspektasi pembeli merupakan bentuk menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Ketika pembeli puas dengan kualitas produk maka dengan senang hati akan memberikan ulasan (review/feedback) dan rekomendasi bagi orang lain agar membeli produk di toko online kita. Menjaga kualitas juga dapat dilakukan dengan melihat respon pembeli, jika masih ada kekurangan kita bisa meningkatkan melalui ulasan mereka. Segala masukan dari pembeli jadikanlah sebagai pertimbangan inovasi peningkatan kualitas produk jualan dan jangan pernah puas dengan hasil yang telah diperoleh agar bisa memberikan unsur kejutan bagi langganan.

5. Program Referral
Rekomendasi pembeli baru dari pelanggan sangat diperlukan dalam bisnis online, dengan sedikit insentif kepada pelanggan memperoleh pembeli baru. Ajakan kepada pembeli baru tentunya atas dasar review dan pengalaman berbelanja pelanggan sebelumnya, benefit yang diperoleh pembeli baru dan pelanggan akan semakin membuat mereka setia berbelanja di toko online kita. Jumlah basis pembeli itu lebih berharga karena melalui strategi referral pedagang online memangkas biaya promosi dan pemasaran eksplorasi yang lebih besar untuk mencari calon pembeli baru, insentif kepada pelanggan lebih efektif karena secara tidak langsung membayar tenaga pemasaran dengan biaya yang lebih kecil.

6. Purna Jual (After Sales)
Layanan after sales juga menjadi bagian strategi menjaga hubungan baik dan kepercayaan dengan pelanggan. Komitmen terhadap garansi berupa perbaikan (repair), penggantian (replace) dan pengembalian (return) barang harus dapat dijalankan dengan baik oleh pedagang online. Efek yang diberikan dari layanan purna jual bersifat menyeluruh dan bertujuan menjalin hubungan jangka panjang. Saat pelanggan puas dengan layanan purna jual maka pedagang online akan mendapatkan kepercayaan dan loyalitas tentunya mendorong repeat order dan referensi pembeli baru. Bentuk layanan purna jual yang diharapkan antara lain :
  • Garansi yang diberikan sesuai dengan jangka waktu perjanjian sebelum transaksi terjadi, misal suatu produk memiliki garansi 3 bulan maka pedagang online harus komitmen cover selama jangka waktu tersebut jangan menghindar apalagi ingkar.
  • Perbaikan (Repairment). Dalam produksi barang terkadang ada yang tidak sempurna atau mengalami kecacatan. Oleh karena itu sebagai penjual online harus siap melakukan perbaikan jika memiliki kemampuan, jika tidak bisa maka harus melakukan penggantian produk yang dijual.
  • Penggantian (Replacement) Produk. Jika ternyata setelah di kirim barang rusak bahkan sebelum dan sesudah di coba ataupun terjadi kerusakan selama pengiriman maka wajib melakukan pergantian. Gunakan peristiwa kerusakan selama pengiriman sebagai materi atau bahan evaluasi dan melakukan riset kemasan pengiriman lebih baik.
  • Pengembalian (Return) Produk. Pembeli beberapa diantaranya memiliki ekspektasi yang lebih soal kualitas barang kita, tetapi setelah barang sampai ternyata tidak sesuai harapan. Pedagang online bisa memanfaatkan berbagai macam layanan free return atau harus ikhlas menerima pengembalian orderan.
Perlu menjadi catatan bahwa jika pedagang online yakin dengan kualitas produknya maka proses Perbaikan, Pergantian dan Pengembalian (P3) persentasenya sangat kecil. Produk memiliki kualitas baik jika persentase klaim P3 di bawah 5 persen tetapi jika di atas 5 persen maka pedagang online harus segera melakukan riset mendalam untuk perbaikan dan peningkatan kualitas produk. Analogi lainnya soal ikhlas seperti ini, katakanlah 5 dari 100 transaksi sukses pedagang online mengalami klaim P3 maka jangan ragu melayani dengan rasa senang karena 95 persen transaksi sudah untung dan gunakan 5 persen sebagai biaya riset. Membangun gambaran (image) baik dan profesional sebagai pedagang online dapat meningkatkan reputasi baik di mata pelanggan dan calon pembeli baru.
Incoming Search Term
3 contoh pelayanan purna jual, apa itu pembeli prioritas bukalapak, arti dari pelayanan purna jual, arti pelayanan purna jual, artikel pelayanan purna jual, aturan pelayanan purna jual, bagaimana cara menjaga kualitas produk, bagaimana menjaga kualitas produk, bagaimana menyajikan cara pelayanan purna jual, bagaimana penerapan pelayanan purna jual, belajar bisnis internet, beli bubble wrap dimana, bentuk pelayanan purna jual, bentuk pelayanan purna jual yang diberikan perusahaan, berikan contoh pelayanan purna jual, berikan contoh suatu pelayanan purna jual, berilah contoh suatu pelayanan purna jual, biaya pembeli prioritas, bukti pelayanan purna jual, buku pelayanan purna jual, cara berhenti langganan pembeli prioritas bukalapak, cara berhenti pembeli prioritas bukalapak, cara bungkus baju online, cara bungkus paket baju, cara closing penjualan online, cara melakukan pelayanan purna jual, cara memberikan pelayanan purna jual, cara menarik pelanggan online shop, cara menjadi pembeli prioritas bukalapak, cara menjaga kualitas produk, cara menjaga kualitas produk makanan, cara menjaga kualitas produk yakult, cara menjaga kualitas produksi, cara menjaga kualitas suatu produk, cara menjual baju di facebook, cara menyajikan layanan purna jual, cara packing barang pecah belah, cara pelayanan purna jual yang baik, cara perusahaan menjaga kualitas produk, cara untuk menjaga kualitas produk, ciri ciri pelayanan purna jual, contoh bentuk pelayanan purna jual, contoh bio instagram online shop, contoh dari pelayanan purna jual, contoh dialog pelayanan purna jual, contoh formulir penerimaan order pelanggan, contoh kasus pelayanan purna jual, contoh kata kata promosi barang, contoh layanan purna jual jasa, contoh layanan purna jual pasca garansi, contoh makalah pelayanan purna jual, contoh menjaga kualitas produk, contoh percakapan pelayanan purna jual, contoh roadmap bisnis, contoh soal pelayanan purna jual, contoh suatu pelayanan purna jual, definisi pelayanan purna jual, dialog pelayanan purna jual, feed instagram online shop, fitur pembeli prioritas bukalapak, formulir penerimaan order pelanggan, harga bubble wrap, how to order repeat prescription online, inti dari pemberian pelayanan purna jual, jam pelayanan pembelian tiket kereta, jenis dan bentuk pelayanan purna jual, kertas untuk membungkus paket, keuntungan dan kerugian pelayanan purna jual, keuntungan menjadi pembeli prioritas bukalapak, keuntungan pembeli prioritas bukalapak, langkah untuk menjaga kualitas produk, latar belakang munculnya pelayanan purna jual, layanan purna jual toshiba, maksud pembeli prioritas bukalapak, manfaat dari pelayanan purna jual, manfaat pelayanan purna jual, manfaat pelayanan purna jual bagi konsumen, manfaat pelayanan purna jual bagi pelanggan, manfaat pelayanan purna jual bagi perusahaan, materi layanan purna jual kelas 12, materi pelayanan purna jual, menganalisis pembelian layanan purna jual, mengapa perusahaan harus menjaga kualitas produk, mengapa perusahaan harus menjaga kualitas produk barang/jasa, mengapa perusahaan harus menjaga kualitas produk berupa barang/jasa, menjaga kualitas produk, menjaga kualitas produk yakult, menjaga kualitas produksi, order a repeat prescription online, order dikembalikan alasan pelanggan, order my repeat prescription online, order pelanggan, order repeat prescription online, order repeat prescription online boots, order repeat prescription online lloyds, order repeat prescription online nhs, order repeat prescription online northern ireland, order repeat prescription online scotland, order repeat prescription online wales, order repeat prescriptions online boots, order repeat prescriptions online nhs scotland, order your repeat prescription online, pelayanan kepada pembeli, pelayanan pembeli adalah, pelayanan pembelian tiket di stasiun, pelayanan pembelian tiket kereta api, pelayanan penjualan dan purna jual, pelayanan purna jual, pelayanan purna jual adalah, pelayanan purna jual asus, pelayanan purna jual contoh, pelayanan purna jual daihatsu, pelayanan purna jual dan contohnya, pelayanan purna jual disebut juga dengan, pelayanan purna jual honda, pelayanan purna jual hp samsung, pelayanan purna jual menurut para ahli, pelayanan purna jual pasca garansi, pelayanan purna jual polytron, pelayanan purna jual ppt, pelayanan purna jual samsung, pelayanan purna jual sharp, pelayanan purna jual tidak dapat dilakukan dalam bentuk, pelayanan purna jual yang diberikan perusahaan, pelayanan sendiri oleh pembeli, pelayanan sendiri oleh pembeli tts, pelayanan setelah penjualan atau purna jual disebut, pelayanan terhadap keputusan pembelian, pembeli prioritas, pembeli prioritas bukalapak, pembeli prioritas di bukalapak, pembeli prioritas tokopedia, pembelian layanan purna jual, pengaruh pelayanan purna jual terhadap customer satisfaction, pengertian dari pelayanan purna jual, pengertian pelayanan pembeli, pengertian pelayanan purna jual menurut para ahli, pentingnya memberikan pelayanan purna jual bagi konsumen, pentingnya menjaga kualitas produk, perbedaan purna jual dan pelayanan penjualan, prinsip pelayanan purna jual, repeat offender order online, repeat order online, repeat prescription online boots, repeat prescription online fife, repeat prescription online inverurie, repeat prescription online linlithgow, repeat prescription online nhs, repeat prescription online nhs scotland, repeat prescription online ni, repeat prescription online scotland, repeat prescription online uk, repeat prescription online wales, repeat prescription online waverley medical centre, repeat prescription order online, sainsbury online repeat order, sebutkan pengaruh pelayanan purna jual bagi konsumen, sebutkan pengaruh pelayanan purna jual terhadap customer satisfaction, strategi marketing, strategi menjaga kualitas produk, syarat pembeli prioritas bukalapak, terhadap pelayanan pembelian, tips menjaga kualitas produk, tujuan dari pelayanan purna jual, tujuan menjaga kualitas produk, tujuan menjaga kualitas produk yang sedang dibuat, tujuan pelayanan purna jual bagi perusahaan, yang dimaksud pelayanan purna jual
Berlangganan Via Email Anda :

0comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.


Top